[Manga Spotlight] Kuro Memanggul Peti Mati (Jilid 1-4)

May 9, 2020 7:14 pm
[Manga Spotlight] Kuro Memanggul Peti Mati (Jilid 1-4)

“… Pasti, saat ini pun sang pengembara tengah dalam perjalanan yang panjang, di suatu tempat di bawah langit. Kisah ini pun, hanyalah sekelumit dari itu semua.”

Yo yo yo apa kabs?~ Ketemu lagi kita di Manga Spotlight! Kali ini, saya akan membahas salah satu manga dari Manga Time Kirara. Itu lho, rumah dari manga 4 panel moe-moe seperti K-ON!, Acchi Kocchi, Yuyushiki dan masih banyak lagi. Namun bukan itu yang akan bahas, kali ini saya akan membahas manga yang mempunyai judul lokalisasi yang unik, Kuro Memanggul Peti Mati!

Berjudul asli Hitsugikatsugi no Kuro: Kaichu Tabi no Wa, Manga ini diserialisasikan di majalah Manga Time Kirara pada tahun 2004 dan pertama kali diterbitkan menjadi tankoubon tahun 2006. Judul ini sempat hiatus pada tahun 2009, tidak diberitahu jelasnya kenapa judul ini hiatus. Tapi sepertinya sang pengarang, Satoko Kiyuzuki, ingin memfokuskan judulnya yang lain, GA: Geijutsuka Art Design Class. Kembalinya judul ini dari hiatus pun diumumkan pada wrapround jilid ke-4 GA: Geijutsuka Art Design Class.

Manga ini sudah tamat di Jepang pada bulan Mei 2018. Diterbitkan oleh Houbunsha menjadi 7 jilid. Di Indonesia, manga ini diterbitkan Elex Media dari tahun 2010. Manga ini bisa kamu beli di Gramedia, maupun di toko buku fisik dan online lainnya. Namun sepertinya akan sulit mencari jilid 1 dan 2, karena jilid 2 dan 3 berpaut 8 tahun, jarak terbitnya!

Berikut adalah sinopsis dari Elex Media:

Pengembara hitam tengah dalam suatu perjalanan. Pengembara berpakaian hitam dan membawa peti mati. Bersama dua anak kecil dan kelelawar teman seperjalanannya. Mencari penyihir di dunia yang luas ini.

Sebuah Kisah Petualangan Yang Mempunyai Pelajaran Moral

Menggunakan plot maju mundur, cerita ini mempunyai beberapa kisah yang mempunyai pelajalaran moral di dalamnya. Kuro—begitu cara dia mengenalkan dirinya—merupakan sang tokoh utama dari kisah ini, gadis yang sebenarnya seorang yang baik. Petualangan Kuro ini pun mempunyai kesan yang beragam.

 

Bermacam-macam orang dia temui di perjalanannya. Banyak pelajaran yang dia dan para pembaca pelajari dari orang-orang yang ditemuinya. Seperti membaca cerita untuk anak-anak, namun disesuaikan agar menjadi lebih seinen. Orang-orang yang ditemui Kuro juga, walau Kuro adalah pengembara hitam yang terlihat suram, tapi ternyata Kuro meninggalkan sebuah jejak hangat di hati masing-masing orang yang Kuro temui. Hidup mereka menjadi lebih berwarna karena Kuro ini.

Sebuah Manga Yang Tampak Seperti Buku Dongeng Fantasi

Manga ini menurut saya sangat unik, judulnya saja sudah unik, Kuro Memanggul Peti Mati. Dari judulnya sudah meninggalkan kesan yang cukup horror. Tapi saat melihat gambarnya, di halaman pertamanya langsung terasa kesan petualangan fantasi. Gambarnya seperti sebuah buku dongeng, tapi masih terdapat kesan imut di gambarnya yang memang spesialisasi di Manga Time Kirara.

Juga, manga ini mempunyai tata letak/layout yang unik. Biasanya manga mempunyai latar kertas putih yang lalu diisi panel. Biasanya latar kertas hitam digunakan untuk bagian cerita kilas balik atau sejenisnya. Tapi tidak dengan manga ini, warna kertasnya atau latar kertasnya hitam. Ini merupakan bagian pendukung cerita dari manga ini. Pemilihan warna latar belakangnya memang sengaja seperti itu. Diceritakan nantinya di jilid ke-4 dari manga ini, maksud menggunakan warna tersebut apa.

Mangaka manga ini, Satoko Kiyuzuki, memang cukup terkenal kalau soal gambar menggambar. Selain menggambar manga ini dan GA: Geijutsuka Art Design Class, dia juga terlibat di seri game Dept. Heaven. Khususnya di seri keduanya, yaitu Yggdra Union. Dia merupakan desainer karakter dari game tersebut.

Kuro Masuk di Game Kirara Fantasia!

Kuro Memanggul Peti Mati merupakan salah satu manga yang tidak mendapatkan adaptasi anime, tapi karakternya masuk ke Kirara Fantasia. Kirara Fantasia merupakan mobage produksi Houbunsha bersama dengan Aniplex dan Dremcom, yang tersedia di Android dan IOS. Sebuah RPG bertema fantasi-isekai, di mana beberapa karakter Manga Time Kirara menjadi karakternya.

Kuro menjadi karakter baru yang ditambahkan pada update 11 April 2019. Bahkan karena masuknya dia di Kirara Fantasia, dia juga mendapatkan pengisi suara, Kanazawa Mai. Sayangnya tidak sesuai fancast saya, tapi suara yang mirip cowoknya itu sesuai dengan dia.

Di Indonesia, Kirara Fantasia ini juga mempunyai komunitas fans. Salah satunya ada di Facebook, Kirara Fantasia : Indonesian Community. Di grup tersebut mereka membahas seputar Kirara Fantasia, termasuk anime yang terkait dengan game ini seperti New Game, Kiniro Mosaic, Urara Meirochou dan semua seri di Manga Time Kirara.

Kuro yang di-evolve oleh Yusran Irfansyah, dari KFIC

Itu dia sedikit ulasan dari manga Kuro Memanggul Peti Mati. Ini salah satu manga tertua yang saya punya, dan kepikiran aja buat bahas ini di Manga Spotlight. Walau sepertinya akhir kisah ini akan berakhir sedih, tapi… Apa yang dilakukan Kuro ini sangatlah menghangatkan hati.

Gambar Manga: Elex Media