[Review] Brand New Animal

May 9, 2020 5:08 pm
[Review] Brand New Animal

So that’s a first. Sebuah anime yang secara efektif rilis di dua paket 6 episode. Saya nggak akan banyak komentar soal format penayangan Brand New Animal yang ngebuat diskusi anime ini jadi sepi. Jujur aja saya ngebuat Review agar seri Trigger ini nggak bener-bener tenggelam di musim ini.

Seri yang seterusnya akan saya sebut BNA ini menceritakan tentang dunia dimana penyebaran manusia membuat para Beastman tidak dapat hidup tersembunyi lagi. Sebagai spesies dengan rekor buruk soal perlakuan pada minoritas tentu saja konflik terjadi. Sebuah kompromi lalu ditemukan dan kota khusus Beastman, Animacity didirikan.

Michiru Kagemori yang tiba-tiba berubah menjadi Beastman lari ke Animacity agar tidak diburu. Namun sesampainya di sana ternyata kota tersebut juga memiliki berbagai masalah tersendiri. Perspektifnya sebagai Beastman dengan pengalaman manusia membuatnya banyak berinteraksi dan berseteru dengan faksi kota seperti Shirou Ogami selaku penjaga kota pembenci manusia dan Nazuna Hiwatashi, pemimpin sekte selaku teman lama Michiru yang juga berubah menjadi Beastman. Di balik semua ini korporasi medis Sylvasta juga mulai menjalankan agenda misterius mereka di kota.

Berkat soundtrack yang dipegang oleh Mabanua BNA punya tone yang lebih kelam dibanding seri Trigger lain, cuma ya formulanya secara fundamental masih sama. I mean ada plot point dewa serigala misterius di cerita dengan karakter yang namanya White Wolf God. Untung aja nggak ada alien dan pergi ke luar angkasa lagi di anime ini. Pada dasarnya seri Trigger itu ditonton untuk melihat presentasi produksi mereka yang, well; Trigger banget. Dapet cerita yang mengejutkan itu bonus. On that note saya nggak tahu kenapa baru-baru ini seri tentnag manusia binatang dapet cool ass ED.

Are we getting race war again?

Michiru itu memang tipikal protagonis Trigger yang kuat dan sembrono, but she’s actually learning from failure dan dapet kemampuan kreatif dari kegagalan tersebut. Yang melihat durasi tayangnya yang 12 episode aja mungkin agak capek ngeliat dia gagal terus, tapi saya sendiri lebih seneng ngeliat karakter yang terus menerus diuji dan nggak berhenti belajar.

Bisa juga ngekritik kalau klimaks musim ini itu lebih untuk mencegah bencana daripada nyelesaian masalah dasarnya yaitu rasisme/spesiesisme. Cuma ya naif banget bila ngerasa masalah sebesar itu bisa diselesaikan dalam sehari. Hell, ini bukan sesuatu yang bisa diselesain bahkan kalau Michiru & Nazuna ngededikasiin hidup mereka untuk ini. Ending musim ini cuma untuk memastikan aja kalau para karakter kehilangan jalan mereka sekarang punya sesuatu untuk diperjuangkan.

Apakah seri ini butuh lebih banyak episode? Mungkin. Ada beberapa aspek dunianya yang saya ingin lebih dapat fokus seperti fakta bahwa ada metode produksi Beastman buatan seperti kedua heroine kita, pengetahuan kalau tiap Beastman memiliki berserk mode yang jelas bakal ngebuat beberapa pedagang konflik bergairah, dan berbagai masalah sistemik lain; cuma saya ada firasat kalaupun ini dapat 24 episode juga klimaksnya bakal diburu-buru. Saya percaya penayangan 13 episode itu bakal ngebantu banget melihat aspek lemahnya itu di klimaksnya aja. Ini setting yang sangat butuh episode buat epilog.

Sticks to the landing, albeit a wobbly one

Brand New Animal

Not the best, but still the better Trigger show. Seri Trigger itu punya semacam fluktuasi kualitas. SSSS.Gridman kemaren itu pengecualian berkat kualitas yang bagus dari awal sampai akhir, sementara BNA saya bilang “hanya” bagus di ⅔ nya dan oke di akhir. Saya lihat ini masih mending dibanding dengan kebanyakan output studio yang bagus di paruh awal namun medioker di paruh akhir. On that note ini nggak berlaku sama seri pendek mereka, yang semuanya bagus secara keseluruhan karena itu memang spesialisasi mereka.

Verdict: Needs more Baseball

Brand New Animal

Seriously tho, kalaupun kalian nggak tertarik sama seri ini saya sangat nyaranin episode 5. Di semua seri Trigger yang paling saya demenin itu pas Imaishi dikasih satu episode buat menggila and this episode delivers.

Saya nggak akan keberatan dengan season baru. Format dunia Brand New Animal sendiri memang lebih bersahabat buat serial panjang walaupun saya sendiri juga paranoid kalau Trigger kelamaan netap di sebuah seri. Tapi paling nggak untuk Brand New Animal mereka sudah seleseai membuat musim yang punya fokus dan sudah menceritakan apa yang perlu diceritakan, for better or worse.