Jepang Akan Mengangkat Situasi Darurat dari 39 Prefektur

May 14, 2020 16:30
Jepang Akan Mengangkat Situasi Darurat dari 39 Prefektur

Pemerintah Jepang mengumumkan pada hari Kamis bahwa mereka akan mengangkat situasi darurat lebih awal di 39 dari 47 prefektur negara itu. Delapan prefektur yang tersisa yang akan tetap dalam keadaan darurat adalah Tokyo, Osaka, Kyoto, Chiba, Saitama, Kanagawa, Hyogo, dan Hokkaido. Perdana Menteri Shinzo Abe akan menyelesaikan rencana bersama panel ahli, dan akan mengumumkannya pada konferensi pers nanti.

Abe menyatakan situasi darurat di Tokyo, Kanagawa, Saitama, Chiba, Osaka, Hyogo, dan Fukuoka dari 7 April hingga 6 Mei. Gubernur Kyoto Takatoshi Nishiwaki meminta pemerintah Jepang pada 10 April untuk menambahkan Kyoto ke situasi darurat. Gubernur Aichi Hideaki Ōmura juga meminta pemerintah Jepang pada 16 April untuk menambahkan prefekturnya ke dalam daftar, dan kemudian secara independen menyatakan situasi darurat pada 17 April. Hokkaido telah mengangkat situasi darurat tiga minggu pada 19 Maret, hanya untuk menyatakan kembali situasi darurat kedua pada 12 April.

Abe kemudian mengumumkan pada 16 April bahwa pemerintah nasional memperluas situasi darurat secara nasional hingga 6 Mei. Sebagaimana disyaratkan oleh undang-undang yang baru diberlakukan yang memungkinkan untuk deklarasi ini, Abe bertemu dengan gugus tugas para pakar COVID-19 pemerintah sebelum secara resmi mengumumkan perluasan . Pekan lalu, pemerintah memperpanjang situasi darurat hingga 31 Mei.

Pada hari Senin, Jepang telah melaporkan 15.798 kasus virus (termasuk 712 kasus dari kapal pesiar Diamond Princess), dengan 621 kematian (termasuk 13 kematian dari kapal pesiar Diamond Princess).

Sumber: ANN