[Virtual Journal] Shirayuri Lily

Selamat datang kembali ke Virtual Journal yang sempat menghilang seminggu terakhir. Alasannya sudah kalian ketahui sejak Virtual Journal edisi terakhir, yang jelas kini saya sudah bangkit dari underworld berkat seorang malaikat yang diutus menyelamatkan jiwaku yang menyedihkan. Sekarang saya serasa terlahir kembali seperti bayi yang baru lahir. Jadi izinkan saya memperkenalkan sosok malaikat yang sudah menyelamatkan saya kali.

The Journey, slow but steady.

Shirayuri Lily. Begitulah namanya. Sang malaikat ini dikenal tergabung dalam agensi yang dinamakan ViViD. Namun jauh sebelum itu, ternyata Shirayuri telah memulai karier virtual youtubernya secara mandiri sejak 26 Mei 2018. Kala itu Shirayuri masih berfokus dengan konten ASMR. So, happy 2nd anniversary my kawaii tenshi!

Video perkenalan pertama Shirayuri. Kini Shirayuri sudah jauh berubah dibanding penampilan pertamanya.

Shirayuri sempat terkena ban dari Youtube-kun pada 26 Juli 2018. Alasannya karena ketika dia sedang live streaming game horror, ada adegan dimana pantsu terlihat sehingga memicu tindakan dari DT Youtube-kun. Di masa yang masih terkena dampak ban, ViViD datang menawarkan Shirayuri untuk bergabung ke dalam agensinya pada tanggal 1 September di tahun yang sama. Entah apa yang ada di pikiran agensi ini namun, efek hadirnya Shirayuri sangat terasa bagi agensi yang satu ini.

ViViD sendiri memiliki sebuah konsep dunia fantasi yang dinamakan Vividonia. Ada 6 karakter yang menjadi talenta dari agensi ini, diantaranya Nekonogi bell sang loli neko witch, Yuunagi Elana sang yuusha boing”, Utakata Memory kalem dan memukau, Fuwamoti Anko sang pembuat mochi, Chrono Lock satu-satunya pria disini dengan gelar maou lord namun cool, dan Shirayuri Lily yang siaran di surganya Vividonia.

Pada tanggal 26 Oktober 2018 ban di channel Shirayuri akhirnya dicabut. Shirayuri pun meraih 30.000 subscribers pada 18 Februari 2019. Shirayuri pun melebarkan sayapnya ke BiliBili yang dimulainya pada 15 April 2019. Setelah sudah setahun sejak debut pertama dan meraih 40.000 subscribers, Lily pun memutuskan untuk memulai crowdfunding untuk model 3Dnya pada 18 Agustus 2019. Pada akhirnya, Youtube mengakui jerih payah Lily yang meskipun perlahan tapi pasti terus maju hingga mendapat hak memberikan membership tepat pada hari malaikat 4 Oktober 2019 (ten shi = 10/4). Sebelum menutup tahun 2019 Lily berhasil meraih 50.000 subscribers pada 21 November.

Di tahun ini, Shirayuri berhasil pertama kali menampilkan model 3Dnya pada 19 Januari 2019. Tidak hanya itu, channelnya terus berkembang lebih cepat dari tahun kemarin. Terakhir dia berhasil mencapai 80.000 subscribers pada 15 Mei kemarin. Shirayuri juga sempat mengisi suara untuk karakter dalam game Asami Escape pada 20 Februari 2020. Dua hari yang lalu sebelum genapnya 2 tahun dia berkarya, Lily mendapat kostum baru yang merupakan rangkaian penampilan dari semua liver ViViD.

Shirayuri memperlihatkan model 3Dnya untuk pertama kali.

The Gracious Content

Konten dari Lily sendiri tidak jauh seperti virtual youtuber pada umumnya. Shirayuri biasanya mengadakan live gaming setiap harinya. Seringkali dia juga berkolaborasi dengan rekan-rekannya yang satu agensi maupun di luar agensinya. Tapi bukanlah ini yang menjadi bahan utamanya.

Video inilah yang mengantarkan saya kepada sang tenshi

Shirayuri Lily setiap harinya mengadakan live streaming untuk berbincang-bincang dengan fansnya. Biasanya streaming ini berlangsung hanya 1 jam dan dimulai dari jam 20:00 WIB kecuali ada kondisi tertentu yang menyebabkan jadwal dimajukan di sekitaran jam 6 atau jam 7 sore. Maskot peliharaan Shirayuri yang bernama Marney sering tampil dalam acara ini meskipun kerjanya hanya makan rumput (cuz it just flying cow). Terlihat sederhana namun sebenarnya inilah unsur terkuat yang membuat Shirayuri menarik dan disukai oleh fansnya.

Hubungan antara Shirayuri dengan fansnya begitu unik dan menghibur. Fans Shirayuri disebut Poma, dalam bentuk jamaknya Pomaera. Kamu bisa katakan fansnya ini begitu aneh tapi sangat menghibur. Bisa dilihat betapa kocaknya percakapan yang dilakukan antara Lily dan Pomaera yang terus mengharapkan muchi dan bertelanjang (zenra) ketika Lily memulai videonya.

Ya kamu ga salah baca. Pomaera adalah sekumpulan masokis, hentai amigos yang senang dibully maupun membully, tapi tetap menjunjung tinggi budaya. Tidak ada salahnya dengan konsep semurni ini, toh bayi baru lahir juga keluar dalam keadaan telanjang dan pakaian terbaik manusia adalah kulitnya. Muchi adalah penghargaan tertinggi yang bisa didapat setelah bekerja keras, sama seperti kuda yang terus dipacu hingga bisa bergerak maju.

Shirayuri juga sangat lancar dalam berbahasa inggris. Ini dikarenakan sang malaikat sempat tinggal di Amerika beberapa waktu, jadi jangan heran betapa lancarnya komunikasinya. Dalam berbicara bahasa inggris pun, Shirayuri masih bisa mempertahankan moenya dan tidak ada kendala meskipun bahasa inggris dan jepang bercampur dalam chatnya. Fansnya sangat menghargai satu sama lain karena mereka adalah orang yang berbudaya.

Baik Shirayuri maupun Pomaera sering menjahili satu sama lain. Ketika Shirayuri berada dalam sexy mode, Shirayuri mendekati Pomaera dan mencoba mencium mereka. Alih-alih senang menerimanya, Pomaera justru mencoba melindungi diri mereka dengan melemparkan superchat yang mengaktifkan notifikasi dengan emoticon segede gaban, cukup melindungi wajah mereka dari terjangan Lily. Emoticon ini digambar sendiri oleh sang maestro, Shirayuri sendiri, disertai suara yang begitu lucu.

Shirayuri juga sering memainkan BGM ketika dalam sesi live talk ini. Ini menguatkan atmosfir ceria yang dibangun untuk menghibur para penontonnya. Jika kamu perhatian, Shirayuri sering mengucapkan kata ‘chotto‘ di setiap streamingnya.

Suara Shirayuri memanglah sangat imut. Cara tertawanya juga khas tidak kalah dengan Pekora dari Hololive. Diatas semuanya itu, Shirayuri benar-benar memiliki suara malaikat ketika bernyanyi. Contohnya saja lagu bahasa inggris dibawah ini dibawakan dengan sangat memukau.

Dengan kemampuan berbahasa Inggris yang lancar, Shirayuri juga mendapat pengaruh budaya seperti meme dan shitpost. Beberapa kali Shirayuri memposting shitpost dilengkapi translasi bahasa inggris. Hashtag #pomaslang dibuatnya agar Pomaera bisa saling berbagi mengenai istilah seperti dari japanglish dan sebagainya.

Be Pomaera and Support Our Blessed Tenshi

Shirayuri yang sudah berkarya 2 tahun namun masih memiliki 80.000 subscribers mungkin tidak setara dengan isi konten dan jangkauan komunikasinya yang luar biasa. Untuk mendongkrak channelnya bahkan Shirayuri melalukan clip yang dibuatnya sendiri lengkap dengan translasi inggris.

Fine I’ll do it by myself. Anyway nice content again from our tenshi.

Underrated tidak membuatnya Shirayuri kurang menarik. Oleh sebab itu, saya mengajak kalian bergabung menjadi Pomaera. Kalian bisa mendapat much- i mean pudding gratis untuk berlangganan menjadi membership. Sangat disayangkan untuk melewatkan satu paket singer, comedian, entertainer, dan tenshi yang lengkap ada dalam Shirayuri. Saya sarankan juga untuk selalu menyalakan notifikasi penuh terhadap semua konten Lily karena terkadang dia sering membuat videonya menjadi tidak publik.

Tidak ada ide konten malah menjadi konten yang menarik. Sasuga big brain tenshi.

Virtual Journal Shirayuri Lily minggu ini selesai sampai disini. Edisi selanjutnya masih akan membahas virtual youtuber favorit saya. Penasaran? Ya tunggu aja, toh saya sudah berada disurga bukan di underworld lagi.

Shirayuri Youtube Channel: https://www.youtube.com/channel/UCl-3q6t6zdZwgIsFZELb7Zg

Shirayuri Twitter Account: https://twitter.com/SRYR_0

Thanks to: Eddy Saber, Kamijou Subs, darkersidez, Rezado-subs, Eggnog, and Shirayuri herself.

Sorry. No data so far.