Shinji Aoba Resmi Ditahan oleh Kepolisian Prefektur Kyoto

May 27, 2020 5:45 pm
Shinji Aoba Resmi Ditahan oleh Kepolisian Prefektur Kyoto

Kepolisian Prefektur Kyoto resmi menahan Shinji Aoba, pelaku pembakaran studio 1 Kyoto Animation pada hari ini. Setelah lebih dari sembilan bulan menjalani perawatan medis dari Kyoto ke Osaka dan kembali Kyoto, kali ini pelaku resmi diboyong ke Departemen Kepolisian Fushimi, Prefektur Kyoto. Pasca pemeriksaan lebih lanjut, rencananya ia akan dibawa ke Rumah Tahanan Osaka.

Salah satu investigator mengatakan bahwa Aoba masih dalam keadaan belum pulih dan tidak bisa berjalan secara mandiri dikarenakan sudah berbulan-bulan berada di atas ranjang rumah sakit. Aoba juga perlu dibantu alat khusus untuk makan dan sering kali mendapatkan bantuan dari anggota medis setempat.

Diungkap juga bahwa investigator sudah dapat mengobrol langsung dengan Aoba, namun harus sesuai dengan mekanisme dari tim medis. Aoba juga tidak dapat duduk dalam waktu yang lama di kursi rodanya. Namun dengan dibantu tim medis, ia tetap akan menjalani rehabilitasi untuk mengaktifkan kembali anggota geraknya agar lebih leluasa.

Pada Juli lalu, serangan pembakaran Studio 1 Kyoto Animation dilakukan oleh Shinji Aoba. 36 jiwa meninggal dunia dan 33 orang lainnya luka-luka. 27 dari 33 korban luka sudah kembali bekerja dengan studio dari serial Clannad ini. Shinji Aoba telah diterbangkan ke Kyoto dari rumah sakit di Osaka setelah menjalani perawatan intensif. Polisi saat ini masih belum dapat menginterogasi Aoba lebih lama karena keadaanya belum sepenuhnya pulih untuk dicecar banyak pertanyaan. Akan tetapi, sebuah pernyataan resmi dari polisi dirilis pada bulan lalu bahwa mereka sudah memberi pertanyaan ke Aoba terkait kasus ini. Aoba menjawab bahwa ia memang sengaja untuk melukai banyak orang yang bekerja di studio ini.

Perlu diketahui, Kyoto Animation memiliki beberapa studio selain studio 1 yang dibakar secara sengaja oleh Shinji Aoba. Total terdapat lima studio/kantor yang beroperasi di bawah KyoAni dan tiga diantaranya adalah studio animasi. Kantor utamanya terletak di kota Uji, Prefektur Kyoto dan studio 1 yang akan dirobohkan berada di kota Kyoto, Prefektur Kyoto. Jarak antara kantor utama dan studio 1 ini hanya sekitar 2,5 km.

Studio kedua berada di sebuah ruko di Uchihata Kohata dan jaraknya hanya 5 menit berjalan kaki dari kantor utamanya. Kemudian studio ketiga yang dijadikan sebagai Departemen Pengembangan Produk berada dekat dengan studio kedua. Kemudian studio kelima berada di Kiso Nishinaka yang dekat dengan kantor utama. Di studio lima ini juga terdapat Kyo-Ani & Do Shop. KyoAni juga memiliki kantor cabang di Tokyo yang terletak di Akasaka, Minato-ku. Kantor cabang ini bukan menjadi tempat pembuatan animasi dari KyoAni.

Sumber: Kyoto Shimbun, World Journal