Mangaka Legendaris George Akiyama Tutup Usia di Usia 77 Tahun

June 1, 2020 1:38 pm
Mangaka Legendaris George Akiyama Tutup Usia di Usia 77 Tahun

Berita duka datang dari dunia mangaka Jepang. Pada hari ini diumumkan bahwa mangaka serial “Haguregumo“, George Akiyama telah meninggal dunia pada 12 Mei 2020, diwartakan oleh Kyodo News dan Comic Natalie. Tidak diketahui penyebab meninggalnya sang mangaka. Namun pihak keluarga sudah menjalankan upacara perpisahan beberapa waktu lalu.

Departemen Editorial Big Comic Original Shogakukan merilis pernyataan:

“Saya ingin memberikan banyak terima kasih dan apresiasi untuk Akiyama-sensei, yang telah menjadi figur besar dalam dunia manga Jepang selama bertahun0tahun, dan saya ingin mengucapkan banyak terima kasih dan mendoakan yang terbaik.”

Mendiang George Akiyama lahir pada 27 April 1943 di Prefektur Tokyo Raya. Mangaka yang memiliki nama asli Yuji Akiyama ini menghabiskan masa mudanya di Prefektur Tochigi. Hingga pada saatnya Akiyama keluar dari SMA untuk pergi ke Tokyo dan berusaha menjadi mangaka. Mendiang memulai debutnya sebagai mangaka dengan merilis one-shot “Gaikotsu-kun” pada tahun 1996 di majalah Bekkan Shounen Magazine. One-shot ini kemudian mendapatkan serialisasinya pada tahun 1973.

Karya keduanya, “Patman X” dirilis pada tahun 1967 dan memenangkan penghargaan Kodansha Jidou Manga Award. Sebelum berpulang, mendiang bersama dengan Kobayashi Takumi (Kuroda Meiko) merilis sebuah manga pada tahun 2019 yang berjudul “Gyara – aku e no shoutai”. Manga ini merupakan spin-off dari karya Akiyama yang berjudul “Gyara” yang berjalan di majalah Shounen King pada tahun 1979.

George Akiyama memiliki ciri khas serial yang menggunakan genre horor, psikologikal, dan tragedi. Salah satu manga buatannya yang berjudul “Ashura” yang dirilis pada tahun 1970 membuat gempar pembaca majalah Weekly Shounen Magazine karena bab pertamanya memiliki konten kanibalisme. Hal ini membuat banyak prefektur melarang penjualan majalah tersebut. Akiyama kemudian melanjutkan karirnya dan telah merilis lebih dari 20 judul manga hingga akhir hayatnya.

Kami segenap kru Jurnal Otaku Indonesia ikut berduka cita atas kepergian sang mangaka legendaris ini.

Sumber: Comic Natalie, Kyodo News