[Virtual Journal] Hanabasami Kyo

June 2, 2020 4:32 pm
[Virtual Journal] Hanabasami Kyo

Mendekati bulan Juni dan musim panas, meski belum pas waktunya marilah kita membahas mengenai zodiak bersimbolkan kepiting. Ini bukan berarti saya akan berbicara astrologi kok, masih berhubungan dengan virtual youtuber. Bersama saya, BlueHeaven si penulis yang fokus meneliti fenomena virtual, inilah edisi keempat dari Virtual Journal.

Kenalkan Virtual Youtuber flagship dari Re:AcT, Hanabasami Kyō!

Hanabasami Kyo merupakan salah satu virtual youtuber jebolan agensi Re:AcT. Mungkin beberapa dari kamu belum ngeh siapa dia, tapi Kyō ini cukup terkenal di negeri asalnya. Gadis yang berkarier di dunia virtual sejak usia 17 tahun ini, sudah memiliki lebih dari 200 ribu subscribers menandakan betapa suksesnya dirinya. Eits, ini belum ada apa-apanya sih dibanding pencapaiannya yang akan dibahas dibawah nanti.

Kyō bisa dibilang flagshipnya dari Re:AcT karena memegang jumlah subscriber terbanyak. Agensi ini dahulu bernama Kagayaki Stars memegang konsep virtual youtuber yang menggambarkan tiap zodiak. Ada Shishigami Leona sebagai representasi Leo, Yumekawa Kanau merepresentasikan Pisces, atau Tenbin Hakari yang mewakili Libra (sudah pensiun). Nah, si Kyō ini mewakili zodiak dengan lambang kepiting alias cancer.

Hal ini bisa dilihat dari namanya Hanabasami yang berarti hana: bunga, basami: gunting. Sebuah nama yang cocok untuk penggambaran idol yang bertemakan kepiting ini. Gunting dan bunga inilah yang menjadi emoji resmi yang dipakai fans setiap kali Kyō merilis videonya. Selain itu Kyo juga memakai anting yang sesuai dengan lambang konstelasi cancer.

Kyō memulai debutnya sejak 14 September 2018. Akun twitternya telah dibuat terlebih dari pada tanggal 31 Agustus bersamaan dengan tweet pertamanya tepat sehari setelah akun youtubenya dibuat (belum ada aktivitas youtube hingga tanggal 14 September). Dalam waktu empat bulan saja semenjak debutnya, Kyo berhasil meraih 100 ribu subcribers yang dirayakannya pada 25 Januari 2019. Dua ratus ribu subscribers diraihnya pada tahun ini tepat tanggal 31 Maret 2020.

The Secret of Her Success

Kalau dilihat dengan jelas, Kyō jarang mengunggah video seperti virtual youtuber pada umumnya yang bisa kurang lebih tiga kali seminggu. Kyō juga jarang melakukan live streaming, dia hanya melakukan live streaming apabila ada pengumuman penting yang harus disampaikan kepada fansnya. Jadi apa senjata utama yang bisa menarik fans sebanyak ini?

Kesuksesan Kyō diraih berkat suaranya yang begitu indah dan memikat. Tidak bisa dipungkiri, Kyō adalah salah satu talenta terbaik di dunia virtual dalam hal bernyanyi. Suaranya yang begitu kuat dan memiliki range vokal yang cukup tinggi membuatnya dapat melakukan cover dari lagu-lagu sulit seperti dari EGOIST, supercell, dan semacamnya. Berkat skill yang tidak kacangan inilah Kyō bisa dikenal baik dari fans dalam negeri maupun mancanegara.

Setelah membuat banyak cover lagu, Kyō pun merilis lagu orisinal pertamanya pada 3 April bersamaan dengan model 3D pertamanya. Lagu ini diberi judul ‘Ao ni Tamerau (蒼に躊躇う)‘. Singlenya pun dirilis bersamaan dengan album pertamanya ‘HasamiUta (ハサミウタ)‘ pada 10 Mei 2019.

Tahun ini Kyō mendapat model 3D keduanya yang diperkenalkan pada tanggal 11 Februari. Bersamaan dengan itu, album keduanya pun diluncurkan yang terdiri dari 2 keping CD. Bagian pertama diberi nama Myositis yang terdiri dari lagu orisinalnya, dan bagian kedua diberi nama HasamiUta**. Pada 2 Mei kemarin single keduanya yang berjudul Daisy resmi dirilis.

Serasa penyanyi professional, Kyō juga mengadakan livenya untuk fansnya. Live yang dimaksud seperti konser penyanyi pada umumnya. Ya kamu ga salah baca. Gadis yang menyukai makanan manis ini mengadakan pertama kali VR Live pada 1 Juni 2019. Tidak cukup sampai disitu, Kyō mengadakan live pertamanya secara real pada 19 Juli 2019. Ya bayangannya seperti konser Nijisanji atau Hatsune Miku yang dihadiri penonton asli hanya saja skalanya lebih kecil karena hanya terbatas untuk fansnya. Live keduanya direncanakan pada 28 Maret 2020 namun ditunda karena pandemi.

Selain soal lagu Kyō baru-baru ini juga terpilih menjadi salah satu kartu yang bisa kamu dapat dalam produk cemilan keripik. Kyo juga akan tampil dalam acara TV yang diprakarsai oleh Nippon TV yang diberi nama V-Clan dimana ada 52 virtual liver yang akan berpartisipasi dalam acara ini.

Rekomendasi

Jika kamu tertarik menjadi fans Kyō, kamu bisa bergabung dengan membership khusus atau kalau niat banget bisa dateng ke livenya jika ada langsung di jepang. Jika kamu ingin mendukung Kyō tanpa mengeluarkan kocekmu masih banyak lagu cover yang bisa kamu nikmati gratis di channelnya. Berikut adalah beberapa rekomendasi lagu Kyō yang saya rekomendasikan untukmu.

Namae no nai Kaibutsu – EGOIST (COVER)

Additional Memory – JIN (COVER)

Sayonara Memories – supercell (COVER)

Nautilus – Yorushika (COVER)

Mabataki – back number (COVER)

Tentai Kansoku – BUMP OF CHICKEN (COVER)

unlasting – LiSA (COVER)

Yoru ni Kakeru – YOASOBI (COVER)

Masih banyak sebenarnya lagu Kyō yang bagus-bagus untuk didengar, namun saya batasi sampai disini sisanya bisa kamu cari di channelnya. Kamu bisa lebih mengenal Kyō melalui referensi yang disediakan dibawah. Dukung juga Kyō dengan mengklik tombol subscribe di channelnya dan mengikuti akun twitternya.

Sekian Virtual Journal kali ini. Dengan ditulisnya Hanabasami Kyo yang juga LSBH, menutup deretan virtual youtuber favorit saya selama sebulan ini. Mungkin saya akan mulai menulis Virtual Journal untuk liver dari Indonesia. So, until next Virtual Journal!

Hanabasami Kyo Youtube Channel: https://www.youtube.com/channel/UC4OeUf_KfYRrwksschtRYow

Hanabasami Kyo Twitter Account: https://twitter.com/Kyo_Hanabasami

Sumber referensi: 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 dan akun twitter Kyō sendiri