[JOI Spotlight] Saint of Waterside Edition

June 7, 2020 7:18 pm
[JOI Spotlight] Saint of Waterside Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertama untuk bulan Juni ini. Sedikit demi sedikit masuk new normal dan sedikit demi sedikit seri yang tertunda bisa kembali. Mari kita saksikan impresi staf untuk seri yang hadir minggu ini.

Gleipnir 09

Kaptain

Forgot about the rape spider. Nih kota kayaknya punya lebih banyak pembunuh berantai per kapita dibanding Morioh ngeliat ini ada cukup monster buat bikin pasukan.

Kaczmarek

Ok, ini kayaknya lebih dari Mirai Nikki. Lebih, lebih menggelikan. Setelah episode 10-nya tayang nanti, akhirnya saya bisa purchase lagu tema penutup serial ini tanggal 10 nanti. Nunggu dua bulan hanya untuk ini.

Priconne 09

Kaptain

Episode pantai di akhir musim? Sure I guess. Balik ke format promo karakter, so not a particularly strong episode. Like, ada momen di mana saya expect Yuuki bakal digondol pergi sama Hiu pas berenang, but nope.

Kakushigoto 10

Kaptain

Manga segera tamat. Mari kita lihat apakah ending anime bakal disamain. Sejauh ini merupakan episode yang paling Zetsubou Sensei, terutama di segmen penginapan.

Great Pretender 01-03

What’s this?

Kaptain

Bagusnya nih anime ngekonfirmasi dialog seterusnya pake bahasa Inggris, dan ga lama-lama ngebuat para seiyuu pake Japanglish yang jelas bikin para pemeran keringetan. Ini juga alasan kenapa saya cukup nantiin dub-nya, subjek ceritanya lebih pas kalau para karakter yang kebangsaannya variatif itu pake dub yang sesuai.

Mari kita cuekin bahwa rating anime ini direview bomb karena lancang menolak ngerjain proyek yang mereka emang udah muak ngerjain akibat keterbatasan sumber daya dan masalah produksi yang berkepanjangan. WIT Studio punya prospek bikin the next great original anime berkat arc pembuka yang sejauh ini cukup kuat. Untuk kalian yang dateng akibat staf 91 Days seri ini, nggak usah khawatir sama tone yang lebih komedik melihat aspek human drama sama crime thriller-nya masih ada. Dari jadwal tayangnya besar kemungkinan mayoritas produksi dah kelar jadi saya cuma ngarepin produksinya bisa terus sehat.

Nami yo Kiitekure 10

Kaptain

Jadinya two-parter nih? Saya nggak keberatan alam kubur ini jadi arc penutup tapi ya bagian sekte kayaknya buat cour/season selanjutnya kalau ada. Sekali lagi props buat sound direction episode yang emang fokus ke produksi efek suara.

Destruction Flag Otome 10

Kaczmarek

Saya perlu mempertanyakan sang kreator atas penggunaan nama Sirius Dieke untuk sang ketua OSIS. Seriously Dieke? Sebenarnya sudah ketebak dari dua episode sebelumnya terkait karakter tersembunyi yang disebut Katarina. Oh iya, tentunya saya sudah tidak kaget dengan kebodohan Katarina di episode ini.

Yesterday wo Utatte 10

Kaczmarek

Saya harus bernafas panjang pasca menontonnya di Ani One. Selamat untuk Rikuo, karena paling tidak ia dapat menghabiskan Tahun Baru dengan orang yang ia kagumi. Tapi sungguh, ini sangat canggung untuk ditonton. Seolah kecanggungan Shinako dan Rikuo benar-benar menular ke para penontonnya. Tentunya kita diberi cliffhanger yang menandakan peringatan buruk di episode berikutnya.

Honzuki no Gekokujou 24

Kaczmarek

My man Lutz grows quicker than i thought. Ke arah keluarga Myne, saya senang ayahnya mengkhawatirkan keadaannya setelah memutuskan untuk tinggal di katedral. Ia juga malah lebih terlihat childish daripada anak-anaknya. Kembali ke Myne, nampaknya penyakit “reaksi terhadap apapun” belum sembuh juga dari tubuhnya. Tentu saja Head Priest mengomentarinya dengan ketus hahaha.

Hachi-nantte 10

Kaczmarek

Seperti yang Wendelin bilang, cepet kelarin dan balik lagi ke markas. Soal Kurt, saya kira hal terbaik darinya adalah membuka hatinya lebih lapang walau butuh waktu lebih lama dari yang dikira. Udah terasa aneh saat Brantag gak mau minum minuman yang ditawarin itu. Dari sisi animasinya, masih stagnan dan penggunaan scene secara berulang di episode ini cukup mengganggu. Sedikit mengingatkan saya dengan serial yang tayang tahun 2005-an.

There are genuine concern about the production if you have time to explore it more. Yep, petinggi produksi serial ini kebanyakan adalah orang baru. Orang baru debut jadi sutradara, orang baru debut jadi penyusun skrip, hingga orang baru dari produksi animasinya. Dari semenjak awal episode, ada beberapa pengguna yang mengeluhkan kaku-nya dialog hingga menurunnya kualitas in-between-nya. Saya gak bisa menampik keluhan ini.

BlueHeaven

Sebenernya plot yang dimiliki Hachinan cukup menjanjikan meski modelnya generic isekai. Sayangnya eksekusi animenya kurang bisa menonjolkan poin pentingnya. Poin haremnya saja kurang kuat d ipandangan saya. Setidaknya masih bisa ngikutin sampai end kayaknya.

Arte 10

Kaczmarek

Katarina memang sudah agak terbuka, namun idealismenya cukup keras. Pertemuannya dengan Girmo membuat dirinya berubah beruntungnya. Ibunya juga sudah mulai berani berbicara di atas suaminya. Arc Katarina terasa cepat dari yang saya kira. Dengan menyisakan dua episode terakhir, bagaimana adaptasi ini bakal berakhir?

Kaguya-sama: Love is War S2 08-09

BlueHeaven

Serasa episode filler tapi kesannya strong. Jokenya sebenarnya agak mirip dari Kaguya klepek-klepek, Hayasaka yang ikut menderita karena tuannya begini, sama adegan Miko yang timingnya selalu pas mergokin best moment.

Episode 8 bener-bener pecah tawa saya ketika Kaguya diperiksa pake mesin canggih cuma buat buktiin dia jatuh cinta. Di episode 9 delusi Miko disajikan dalam belum film dokumenter jadul, menambah variasi dari bentukan shoujo kemarin. Kaguya juga geraknya berasa banget budgetnya pas nyari pose relaksnya walau ga separah ED chika di season 1. Last, Ishigami ikut cheerleader keknya tambah bikin seri ini gila. Festival olahraga kemungkinan menjadi arc terakhir untuk menutup musim kedua Kagua.

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Tinggal nunggu timer ilang. Ga kagum sama event kali ini. Pada dasarnya masalah ceritanya tuh nggak punya cukup kuantitas tulisan semacam CCC dan ga punya skala konflik yang sekecil event Kara no Kyoukai. Jadinya setting menarik semacem Imperial Japan Grail Farm ga kegali dengan baik walaupun kita ini secara efektif jadi detektif.

Roll banner? Of course not. Skadi kemungkinan bakal jatoh pas stream Aniplex tanggal 4-5 Juli. Antara itu atau minggu depannya.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Karena udah sering sabar saat maen KC, saya jadi terbiasa dengan stage sesulit ini. Sayangnya oh sayangnya, skuat saya cuma kuat sampai CB-EX7. Ngeliat skuat saya yang tanpa persiapan, saya sudahi event ini di titik tersebut.

Kantai Collection

Kaczmarek

Ah akhirnya bisa remodel Yuubari. Saatnya nyelesain quest Mikawa Fleet yang udah terbengkalai dari setahun yang lalu. Udah nungguin dari kapan ya bisa main selancar ini? Sempet berniat pensiun padahal, namun untungnya ada lockdown ini sih jadi kepikiran untuk main terus.

Chainsaw Man 71

CTian

Ahhh ada banyak yang mau dibahas! Tapi pertama-tama mari bahas popularity poll pertama seri ini! Merayakan 1 tahun serialisasi Chainsaw Man, akhirnya mereka mengadakan polling popularitas karakter pertama! Diadakan pada 21 Februari 2020 sampai 8 Maret, polling ini bisa diikuti juga oleh pembaca di luar Jepang lho!~ Oh, tentu saja saya ikut~

Hampir semua karakter yang saya pilih masuk di 10 besar! POWERR!!!! DIA BERHASIL MERAJAI POLLING PERTAMA INI! Waktu polling saya cuman memilih sekali lho karakter ini, tapi sepertinya komunitas ini memang sangat ingin untuk menjadikan Power presiden!! /plak~ Gak heran kenapa dia dapat jatah ngebunuh salah satu villain di arc ini, wkwk~ Kedua Makima, oke lah~ No comment. Ketiga Aki… Hmm, komen sedikit deh. Polling ke dia saya rasa cuman bentuk kasihan doang gak sih? Ya you know lah karakter dan backstory Aki kayak apa. Also, karena ganteng kali yak? Ya sasarannya fangirls banget~ Saya gak milih Aki sih kemarin. Oke, itu dia tiga besar, kita lompat ke 5 besar~

REZE!!! BEST HEROINE & VILLAIN MEMANG INI KARAKTER SATU! AHHHHHHHHH ILUSTRASI DI SINI LUCU BANGET SIH!!! NGEGANDENG DENJI DONG, YANG BERTENGGER BERSEBELAHAN! Waktu polling saya sempat mikir, milih Makima atau Reze yak? Akhirnya saya milih Reze, dan sampai milih 2 kali malah~ Oke, saya kaget Denji bisa serendah ini. Salah satu karakter shounen terbaik bisa serendah ini!? Salah satu karakter paling manusiawi bisa serendah ini!!?? SAYA NGE-VOTE 3 KALI MASIH KURANG!? Tapi uniknya, di polling buatan VIZ Media, urutan 5 besarnya sama kayak ini, tapi bedanya Denji pertama! Sisanya turun dari versi polling Jepang!~ Saya sempat ngikut yang VIZ punya juga, cuman sekali tapi, milih Denji. Polling versi VIZ bisa lihat di sini.

HERE WE GO, TOP 10!!! HIGHLIGHT SAYA ADALAH MOBIL KOBENI!!! MOBIL KOBENI PERINGKAT 7! BAHKAN NGALAHIN PEMILIKNYA!! DAMN, I PROUD TO BE PART OF THIS COMMUNITY!!! Berbudaya sekali! Gak bohong, saya bener-bener pengen banget mobil Kobeni ada di peringkat setinggi ini, top 10. Saya sampai nge-vote ini mobil 5 kali, bayangin! Karena setiap device bisa nge-vote sehari satu, saya pakai dah semua device yang saya punya~ HASILNYA, TIDAK MENGECEWAKAN! Tapi, akhirnya hasil polling ini dibikin not joke doang, di arc ini mobil Kobeni ngalahin 2 villain lho! Si sulung dari 3 bersaudara (yang dikendarai Power) dan Santa Darkness (yang dihantamin sama Denji!). LEGEND! BAYANGIN, AKI AJA BAHKAN GAK NGALAHIN SIAPA-SIAPA LHO DI ARC INI!

Bahas 10 besar yang lain yak, wkwk~ Saya cukup kaget Angel bisa masuk 10 besar, di peringkat 6 pula. Daripada Angel, saya lebih milih Beam yang menurut saya cocok ada di posisi ini. Beam is the best support character lah di dua arc terbaru ini! Tapi Beam masuk lho di polling VIZ Media, di peringkat 7~ Saya rasa penggemar internasional lebih ngerti ya dengan seri ini~ Lalu Kobeni! Wkwk, saya sempat nge-vote sekali, kasian aja sih, masa mobilnya saya vote berkali-kali, yang punya gak, wkwk~ Saya rasa banyak orang yang juga berpikir begini. Pochita juga saya sempat vote sekali, alasan utamanya honorable mention sebenarnya sih. Sumpah saya mau lihat lagi Pochita di seri ini, berkesan banget ini karakter walau jatah tampilnya sedikit banget. Yoshida! Ya ini mirip-mirip yang vote Aki sih kayaknya. Saya jadi gak heran kenapa ini karakter di-develop begitu bagusnya di arc ini, bisa masuk 10 besar soalnya~ Himeno bisa-bisanya yak diselipin di sini~

Buset, dah 5 paragraf ngebahas polling ini doang. Tenang, paragraf ke-6 masih bahas polling kok, wkwk!~ Ada 3 karakter lainnya yang saya pilih tapi tidak masuk 10 besar. Mereka adalah Quanxi, Beam dan Tatsuki Fujimoto-sensei! Tapi setidaknya Quanxi dan Beam masih masuk  15 besar~ Beam ada di 12 dan Quanxi 14. I think they deserve more, apalagi Quanxi, dia tuh bagai mentor sekaligus villain tahu gak di arc ini. Lalu Tatsuki Fujimoto-sensei yang bertengger di peringkat 18. Saya ngakak sekaligus terharu sih baca komentarnya Sensei tentang hasil polling ini. Dia kaget dengan hasil polling mobil Kobeni, wkwk~ Dia bilang, dia juga dulu permah nge-vote karakter aneh, nge-meme rame-rame juga maksudnya, community things. Dia bilang dia merasa sedih sekaligus senang, apa yang dia lakukan dulu ternyata balik lagi ke dia. DAMN!! HE’S JUST FANBOY LIKE US TO YOU KNOW!! MAN OF CULTURE! :’

I think that’s all untuk polling ini. Hasilnya cukup memuaskan, walau saya masih gak terima Denji ada di peringkat 5. Setidaknya pembaca internasional lebih ngerti lah mana karakter terbaik di seri ini. Saya juga suka hasil top 10 ini, seimbang lho, 4 cowok, 4 cewek dan 2 genderless~ Iyak, 4 lho cowok yak! Wkwkwkw~

Lanjut bahas bab 71? Gak! Sekarang saya mau bahas rilisnya jilid 7! SAMPULNYA PERSIS SEPERTI PREDIKSI SAYA WAKTU JILID 6 RILIS DONG!!! Jadi, setelah jilid 6 rilis, dan lihat sampul jilid 5, saya yakin sampul jilid 7 tuh bakal para pemburu devil internasional dan Denji dalam satu gambar. Dan ternyata benar!! Persis seperti dugaan saya pula bakal ada garis pemisahnya gitu. Tapi saya pikir bakal ngelingkarin Denji gitu, tapi ini juga udah keren banget sih!!! ONE OF MY FAVORITE MANGA COVER EVER!! AND I THINK ONE OF THE BEST! Bukan kayak manga lagi njir, ini keren parah sih!

Lalu, bahkan perilisan jilid ke-7 ini dipromosikan begitu niat lho! Mereka mengadakan special eventREAL Chainsaw Man’! Event kayak apa tuh REAL Chainsaw Man? Bisa dilihat di sini yak informasi tentang REAL Chainsaw Man. Juga, selamat untuk 2,1 juta circulation!!! (angka kopian terjual dan tercetak). Saya yakin ini angka yang bagus untuk seri yang baru punya 7 jilid~

Iya, iya, sekarang baru bahas bab 71. GILA AFTERMATH-NYA, AHHH! Beam dan Violence resmi gugur, you’ll be missed. Angel jadi kehilangan 2 tangannya, sedangkan Aki 1 tangan masih nyambung. Ini si Aki mau dijadiin Sasuke!? Wkwk~ Terus, Kobeni beneran ngajuin resign nih!? Ya dulu pernah ada juga kayak gini sih, tapi ini beneran nih!? PADAHAL KAMU MASUK 10 BESAR LHO! SEPULUH BESAR! Tapi setidaknya kita tahu dia masih hidup di luar sana. Saya yakin, di seri ini selama masih hidup pasti bakal muncul lagi.

Poor Power” kata salah satu pembaca setia spotlight ini. AHHH DIA KENA PTSD PARAH SETELAH KETEMU DARKNESS DONG! Karena kondisi Power, Denji bahkan ngebatalin liburan dia sama Makima, dan Makima tetap jalan-jalan sendiri. AHH INGIN BERKATA KASAR! Setidaknya liburannya berhasil diwujudkan sih dalam ilustrasi polling ini, AHHH, IRONIS SEKALI! Denji-Power tuh bukan kapal yang bisa kamu pasangin jadi pasangan lovers, tapi pasangan siblings. Suka banget sama chemistry mereka di bab ini, Denji benar-benar serius waktu gak bisa ninggalin Power sendiri. Saya pikir Denji kenapa gak mikir apa yang mereka lakuin itu nakal, karena ya itu. Aki, Power sama Denji itu chemistry-nya bagus banget sih, dibikin kayak keluarga. Aki bahkan mau jagain Power juga, gantian jaga kalau Power kenapa-kenapa. Seorang Aki yang di awal-awal seri ini bilang gak mau berteman sama Devil.

Juga, saya suka banget sama perkembangan karakter Denji di bab ini. Dia semakin dewasa di tiap arc, dia bahkan mempelajari sesuatu dari musuhnya kali ini. Pelajaran berharga dari Quanxi tentang, “ignorance is a bliss”. Akhirnya Denji pun sudah gak peduli dengan pintu yang ada di bawah alam sadarnya itu. AHHH PENYELESAIN AKHIRNYA GILA! JUJUR SAYA SENDIRI NGENA BANGET DENGAN PESAN AKHIR ARC INI. Saya pernah berpikir, the more you know, the better. Tapi, gak semuanya gitu, kadang ada kalanya sesuatu hal itu gak perlu kita ketahui. AHHHH, MAU NANGIS!! :’’’’’’ WHAT AN ARC!!! 

Saya bakal bahas Arc International Devil Hunter di Manga Spotlight! Khusus untuk arc ini. Isinya kurang lebih rangkuman JOI Spotlight saya, tapi tetap nantikan ya~ Karena arc ini tuh arc paling gila menurut saya. Dimulai dengan epic, diakhiri dengan epic pula! Once again, DAMN!! I LOVE CHAINSAW MAN SO MUCH!!!

Sekian review Chainsaw Man mingguan feat. JOI Spotlight minggu ini. Let’s brace ourselves for June shall we?

Header: FGOproject