Ai Kamachi, Komposer Serial Angel Beats Telah Berpulang

June 9, 2020 12:04 pm
Ai Kamachi, Komposer Serial Angel Beats Telah Berpulang

Berita duka kembali datang dari industri anime pada Senin malam. Ai Kamachi (48), komposer dari grup ANANT-GARDE EYES yang menggubah musik serial seperti “Angel Beats“, “Clannad“, dan “Charlotte” telah berpulang pada 30 Mei 2020. Upacara perpisahan dan pemakamannya sudah dilakukan oleh keluarga mendiang.

Ai Kamachi merupakan alumnus dari Kunitachi College of Music dan menjadi salah satu murid komposer kawakan Toshi Ichiyanagi. Mendiang mempelajari segala teknik dan ilmu dalam menggubah musik, dan sering sekali tampil sebagai pianis. Kemampuan ini mendiang dapatkan dari ayahnya, yang juga adalah pianis musik jazz. Di masa kuliahnya, mendiang mulai melebarkan jangkauan musiknya dari lagu-lagu J-POP, musik latar belakang, musik iklan, hingga lagu tema pada film dan acara televisi. Setelah resmi lulus, Ai Kamachi dan Nagie (Tatsuo Nagami) membentuk duo aikamachi+nagie di tahun 2002. Mereka berperan sebagai komposer musik untuk iklan Tokuma Japan Communication dan Agent Consipio di tahun tersebut.

Di tahun 2008, Ai Kamachi dan Nagie (Tatsuo Nagami) membentuk duo komposer baru bernama ANANT-GARDE EYES. Grup ini kemudian mendapatkan peran sebagai komposer musik lagu penutup serial “Gunslinger Girl: Il Teatrino“. Di tahun yang sama, mereka juga menggubah musik untuk lagu tema, lagu sisipan, dan lagu latar belakang serial anime Clannad: After Story“. Mulai dekat dengan Jun Maeda, mereka juga ikut andil dalam proyek anime Angel Beats“, dan “Charlotte”. Mereka juga ikut andil dalah komposisi musik serial “Mekakucity Actors“.

ANANT-GARDE EYES juga berperan sebagai komposer lagu Vocaloid untuk IA. Keduanya juga berperan dalam pengomposisian single lagu dari penyanyi dari Vocaloid IA bernama Lia. Kolaborator lain yang sempat bekerjasama dengannya seperti Jin dan Aoi Tada.

Kami segenap kru Jurnal Otaku Indonesia ikut berduka atas berpulangnya salah satu komposer terbaik yang dimiliki Negeri Sakura.

Sumber: 1st PLACE Co., Ltd.