Kepolisian Fukushima Ringkus Pria Penjual Phonecase Palsu Kimetsu no Yaiba

June 9, 2020 7:47 pm
Kepolisian Fukushima Ringkus Pria Penjual Phonecase Palsu Kimetsu no Yaiba

Kepolisian Prefektur Fukushima mengumumkan pada hari ini bahwa mereka telah menangkap pria pengangguran berinisial KS. Pelaku diduga telah menjual phone case ilegal atau bootleg yang berilustrasikan dua karakter dari serial “Kimetsu no Yaiba“. Pelaku yang masih berusia 34 tahun ini mengakui bahwa ia tak seharusnya menjual barang yang bukan miliki secara penuh. Ia kini terancam dijerat pasal pelanggaran hak cipta.

Melalui kantor polisi di dekat Stasiun Iwaki Minami, pihak berwajib telah mengamankan sekitar 500 buah phone case dengan ilustrasi karakter Kochou Shinobu dan Giyuu Tomioka. Seluruh barang bukti diamankan kepolisian di kediaman pelaku. Kepolisian setempat juga mengklaim bahwa penangkapan ini juga menjadi kasus pertama pelanggaran hak cipta yang melibatkan industri anime di Jepang.

Penjualan phone case ini terdeteksi pada pertengahan Januari hingga akhir Januari tahun ini. Setiap phone case dijual seharga 2.000 yen (Rp 260.568,00), dan dua pembeli barang palsu ini terdeteksi tinggal di Prefektur Ibaraki dan Prefektur Fukushima. Perlu diketahui bahwa pemilik hak cipta merchandise dari serial “Kimetsu no Yaiba” kini masih dipegang oleh Aniplex.

Baca juga: Staf Rilis Pernyataan Permintaan Maaf Terkait Penggunaan Adzan

Koyoharu Gotouge merilis mangaKimetsu no Yaiba” di majalah Weekly Shonen Jump pada Februari 2016 dan berakhir pada 18 Mei 2020. Shueisha telah menerbitkan volume ke-20 pada 13 Mei lalu, sementara volume ke-21nya akan terbit pada 3 Juli 2020. Sebuah manga dan dua novel cerita sampingan juga sudah dirilis. Manga Kimetsu no Yaiba: Tomioka Giyuu Gaiden” tampil dalam dua bab di majalah Weekly Shounen Jump pada 1 April dan 8 April 2019. Kemudian, novel “Kimetsu no Yaiba: Shiawase no Hana” telah diterbitkan pada 4 Februari 2019, dan novel “Kimetsu no Yaiba: Kataha no Chou” terbit pada 4 Oktober 2019.

Serial manga juga akan diterbitkan oleh Elex Media di Indonesia.

Adaptasi anime telah ditayangkan pada April 2019 hingga September 2019 dengan jumlah 26 episode. Studio Ufotable menjadi penggarap animasinya. Sebuah sekuel berjudul “Kimetsu no Yaiba Movie: Mugen Ressha-hen” juga dijadwalkan tayang pada 16 Oktober 2020 di Jepang.

Sumber: Jiji, Nikkan Sports