[Virtual Journal] Mia Canasyna

Selamat datang kembali para penggemar VTuber atau yang baru tertarik dengan VTuber dalam artikel penuntun yang memperkenalkan VTuber yang langsung membahas profil VTubernya. Di minggu ini bahasan saya masih sama, mempopulerkan VTuber asli Indonesia yang sayang jika kamu lewatkan. Akhirnya penggalian saya terhadap VTuber independen berhasil menemukan tulang ikan yang senilai berlian. Bersama saya BlueHeaven yang belum tergantikan, inilah Virtual Journal edisi ke-6.

Kenalkan Mia Canasyna, si kucing yang jadi VTuber karena PENGEN SIH

Mia Canasyna lahir pada tanggal 21 Juni di tempat yang dia sendiri tidak ketahui. Sejak lahir dirinya sudah menguasai tiga bahasa: bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Jepang. Debut pada 29 November 2019, dirinya tidak mengikat diri ke agensi manapun. Meski independen, dirinya mampu meraih 1000 subscribers dalam waktu 1 bulan saja.

Strategi pemasaran Mia mengingatkan saya kepada Virtual Youtuber legendaris Indonesia yang kini tersesat entah dimana (I‘m sorry must to mention this, but this is my thought after saw Mia’s early videos). Mia tidak pernah membuat live stream dalam sebulan pertamanya. Kontennya fokus ke hasil rekaman yang diedit membuat dia berhasil mencuri start yang bagus.

Mia pun akhirnya membuat pengumuman live stream pertamanya di video perayaan seribu subcribersnya. Di video yang singkat namun padat itu, dia juga sempat menyanyikan lagu Padoru dan membuat giveaway, YA GIVEAWAY! Giveawaynya antara lain untuk lima orang beruntung akan mendapat gambar buatannya.

Gambarnya dibuat tidak lain mengunakan PAINT. YEAH REAL ARTIST USING PAINT! Diluar dugaan, gambarnya ternyata emang berkualitas kok, ga bo’ong dong kalau saya bilang dia adalah seniman berbakat.

More Contents from This Red Cat

Sebelum memulai live streaming pertamanya, Mia juga sempat membuat video tahun baru yang didalamnya menjadi salah satu trademarknya yang dipakai hingga sekarang. Kala itu dia mencuri laptop tetangganya untuk membuat video singkat diedit sesimpel mungkin. Adalah momen makan makaroni pedasnya yang berasa ASMR padahal dia niatnya buat nyanyi lagu Sugar Step to Bitter Song. Hingga kini, kesan makaroni pedas masih melekat pada kucing yang satu ini.

Mia akhirnya memulai live streaming pertamanya pada tanggal 18 Januari 2020. Dan di live streaming pertama ini muncul lagi kesan khas untuk pengepul remah ikan asin ini. Mia terlalu banyak mengucapkan kata “pengen sih” sampai-sampai dibuatkan kompilasinya.

Ada juga cap kucing kapitalis yang disebutkan dari mulutnya sendiri. Contohnya saja pada siaran langsung Mia bersama Enji, si anjing (tidak ada kata kasar yang ditulis di artikel ini). Untuk membuatnya mengeong atau mengeluarkan suara lainnya kamu harus berdonasi agar permintaanmu dituruti.

Kompilasi video si kucing merah kapitalis.

Mia memang terlihat sering berkolaborasi dengan Virtual Youtuber lain sejak memulai live streamingnya. Mulai dari sesama VTuber independen hingga yang dari agensi membuktikan betapa sosialnya dia. Kualitas videonya juga begitu rapi salah satu yang terbaik diantara VTuber Indonesia membuat saya berpikir berapa modal yang disiapkannya. Apalagi model 3D yang dipergakan Mia terlihat sangat interaktif dengan telinga dan ekornya yang selalu bergerak memanjakan penonton.

“Mia Canasyna adalah salah satu VTuber Indonesia terbaik dalam mengcover lagu.”

Terlepas dari berisiknya kucing yang satu ini, dirinya menyimpan suara seperti ruby (saya memilih mineral mulia ini dipilih karena sesuai dengan warna rambutnya). Ga percaya? Ini nih beberapa cover lagu yang membuat saya juga tercengang “kok bisa?”

Solo cover lagu Gurenge yang membuat takjub.

Duet dengan Andi Adinata dalam lagu Roki.

Yume Fanfare bersama ZEA Cornelia.

Cover GIMME x GIMME dengan Sora Aoi.

Collabnya tidak terbatas dalam negeri saja loh.

Baik solo maupun duet, Mia berhasil menunjukan hasil latihan nyanyi di kamar mandinya tidak sia-sia (kamar mandi singer gang will proud of you, Mia). Dengan kualitas cover seapik ini, tidak salah jika saya menyebut Mia Canasyna adalah salah satu VTuber Indonesia terbaik dalam mengcover lagu.

Mia Canasyna berhasil meraih 10.000 subscibers pada 14 Juni kemarin. Saat ini, Mia juga sedang membuat proyek ulang tahunnya, dimana kamu bisa berpartisipasi melalui link ini. Terus dukung Mia Canasyna dengan subscribe channel youtubenya dan follow twitternya. Mia juga mempunyai akun Instagram dan page Facebook yang bisa kamu ikuti.

Sekian Virtual Journal edisi kali ini. This is my special present for Mia birthday, walau saya ga submit semoga aja dibaca wwww.. Sampai jumpa di Virtual Journal berikutnya.

Mia Canasyna Youtube Channel: https://www.youtube.com/channel/UC7PYQOLdlvo9VgJjhrYeGaQ

Mia Canasyna Twitter Account: http://www.twitter.com/MiaCanasyna

Referensi dari: Hasil stalking twitter Mia Canasyna dan penggalian video di channelnya karena tidak ditemukan clip dan informasi eksternal dari situs manapun. I HEREBY CLAIM THE FIRST MIA CANASYNA ARTICLE, YEAH.