[First Impression] ONE PUNCH MAN: The Strongest

June 21, 2020 12:27 pm
[First Impression] ONE PUNCH MAN: The Strongest

“Jadi tinggal reroll sampai dapet Saitama harusnya masalah selesai kan?” Well, not really. ONE PUNCH MAN: The Strongest sesuai judulnya adalah mobage resmi seri ONE PUNCH MAN buatan PlayCrab dan Zhijian Games, dengan FingerFun Limited sebagai distributor; yang pada judulnya sendiri diberi penekanan kalau ini resmi melihat situasi pasar game mobile yang sayangnya masih kurang menghargai hak cipta. Jadi bagaimana sebuah mobage untuk seri yang jelas banget karakter terkuatnya siapa ini dimainkan?

Game ini rilis resmi di PlayStore dan App Store untuk wilayah Asia Tenggara pada 16 Juni kemarin, setelah beta test sejak April yang menghasilkan 4,7 juta pra-registrasi. Respon yang cukup bagus sampai Makoto Furukawa (Saitama) dan Kaito Ishikawa (Genos) memberi selamat pada video di bawah.

Langsung saya bilang saja kalian 100% bakal dapet Saitama dan kalian akan mengikuti karir awal Saitama sebagai Hero, scene dari anime bisa kalian saksikan di sini dan sejauh ini game juga cukup mampu mengadaptasi konflik besar sumber materinya sebagai boss battle di game. Hanya saja sama seperti cerita aslinya, Saitama baru datang belakangan dan pada dasarnya kalian harus mengulur waktu sampai dia akhirnya bisa digunakan. Secara efektif dia adalah tombol instakill game ini dan nanti dirinya bisa diupgrade via kamarnya.

Secara praktis tokoh utama gamenya adalah Genos yang dari material hadiah yang terus diberikan cerita utamanya itu game ingin banget kalian terus menggunakan Genos, yang untung aja cukup kompeten dalam menghadapi konten. Kalian akan menggunakan sampai 6 unit untuk menyelesaikan map untuk membuka konten selanjutnya.

Model gameplaynya adalah turn based RPG. Tiap tim berisikan slot 6 unit yang bisa diisikan karakter yang dibagi ke lima faksi dan empat job. Ada insentif untuk mengumpulkan banyak karakter yang rarity-nya rendah sekalipun melihat beberapa stage memiliki persyaratan tipe unit tertentu dan kepemilikan unit juga akan memberikan berbagai buff untuk unit yang punya hubungan di ceritanya, seperti unit Blizzard Group maupun organisasi monster tertentu.

Seperti game turn based lainnya kalian ingin buffer jalan duluan yang lalu diikuti dengan damage dealer dibelakangnya. Untungnya memang sudah dari sananya karakter support bakal punya inisiatif yang lebih cepat. Selebihnya kalian tinggal nyusun tim berdasarkan unit core seperti Genos yang punya kriteria tim tersendiri agar bisa menggunakan semua buff miliknya. Saya saranin awal main fokus ke 6 karakter dulu berhubung Limit Break itu sistem yang bakal jadi penahan progresi dan sumber material upgrade belum banyak dan mereset boss drop dengan gem juga bakal mahal.

Progresi karakter awalnya dibagi ke Evolution untuk meningkatkan level cap unit dan Limit Break untuk membuka lebih banyak fungsi mereka. Semakin tinggi level mereka akan ada fungsi baru juga seperti equip, skill level, dan journey. Untuk farming sendiri untungnya ada sistem Auto untuk permainan otomatis yang efektif kalau status kalian sudah mencukupi untuk stage yang relevan, dan sistem sweeping di mana Saitama akan dalam sekejap menyelesaikan stage dan mendapatkan item drop yang relevan. Ada juga stage khusus untuk tipe material spesifik yang muncul pada jadwal tertentu.

Soal Gacha sekarang ada jaminan SSR setelah 5 kali 10 roll yang harusnya bisa mudah dicapai di minggu pertama main, apalagi di awal peluncuran server yang event juga lagi banyak dan PVP (yang melawan AI) juga masih gampang progresinya berhubung para pemain masih baru. Untuk tier saya bilang aja Geryuganshoop dan Puri Purisoner sayangnya suboptimal, karakter vital semacam Atomic Samurai serta Tatsumaki bakal bagus untuk waltu lama, dan King walaupun merupakan kebalikannya sang One Punch Man itu untungnya kompeten.

Ada sistem Club yang merupakan sistem Guild game ini untuk mendapat lebih banyak quest dan currency untuk mendapat lebih banyak material. Sebenarnya bisa aja sih kalian bikin banyak ID untuk membuat klub yang isinya kalian sendiri. Siapa tahu kalian kesulitan mencari Club yang lebih aktif atau merasa club yang menuntut login tiap 8 jam itu kelewatan.

Sejauh ini publisher kelihatan serius untuk menerbitkan game untuk wilayah domestik, berhubung Bahasa Indonesia juga disediakan dan ada juga promo cashback Gopay untuk kalian yang berminat ngegesek. Secara pribadi sih saya pakai Inggris demi bahasa beberapa sistem yang saya udah kebiasa. Ada juga bahasa China (baik simplified & tradisional) dan Thailand kalau kalian mau.

Masih ada banyak sistem yang saya belum soroti karena game juga cukup bijaksana untuk ngasih sedikit demi sedikit sistem karena ada banyak banget mode dan sistem yang bisa dimainkan sering tingginya level. Dengan hampir 5 juta pemain game sejauh ini punya basis yang sehat jadi nggak perlu khawatir game akan mati dalam 6 bulan seperti mobage pada umumnya. So take your time.

Google Play :https://bit.ly/2ZqVfV7
iOS :https://bit.ly/2ZhcI24
Official Website :https://bit.ly/3ihAbJe
FB Fanpage:https://bit.ly/2V22ku0