[JOI Spotlight] Going Up Edition

June 21, 2020 8:47 pm
[JOI Spotlight] Going Up Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang akhirnya bisa sampai memberikan impresi akhir untuk seri yang sudah tayang musim semi ini. Mari kita lihat respon para staf untuk berbagai penutup seri musim ini.

Gleipnir 11

Kaptain

Tentu aja begitu musim mau tamat our main man baru nyeriusin untuk ngebunuh di death game ini. Sama sekali ga ada yang peduli sama camera dude, as it should. Tinggal satu episode lagi dan kemungkinan besar buat ngejelasin kenapa death game ini jadi kayak gini dan peran Shuuichi pada terbentuknya faksi kota.

Priconne 11

Kaptain

Jadi Yuuki dah bisa soloing quest dan ngomong satu kalimat penuh, ga lucu lagi deh. Klimaks minggu depan, yang saya penasaran sama apa yang bakal difokusin ngeliat the one big reveal itu masih lama di timelinenya, mungkin cuma bakal ngasih petunjuk kecil aja?

Great Pretender 7-12

Saya bakal berhenti posting Abby begitu dia ga atraktif lagi, so probably never

Kaptain

Anime ini lebih di-carry banget sama karakternya yang kuat dibandingkan dengan high stakes heist, berhubung ada karakter yang saya yakin bakal berkhianat dan failure point lainnya; tapi ujung-ujungnya ya rencana berjalan lancar. Saya suka dengan character arc case Singapore ini, tapi nggak terlalu semangat sama penipuannya yang rapi. Then again ya masalah utamanya tuh sebenernya Luis dan Abigail yang dihantui masa lalu, dan saya apresiasi anime bisa minimalisir eksposisi. Show don’t tell itu disiplin yang langka banget terjadi.

Makanya untuk kasus baru ini saya lebih optimistis melihat masalahnya dimulai dengan bencana. Kita akhirnya dapet juga konteks buat adegan ED-nya yang ngeliat keadaan Cynthia saat ini it didn’t end well to everyone involved.

Kakushigoto 12

Kaptain

Semua reveal akhir ini lebih pelan datengnya di manga. Tapi biar ending bisa pas dengan manga ya ditumpuk deh jadinya di sini. Investigasi Hime pada akhirnya itu untuk mengungkap kondisi sebenarnya keluarganya, sekaligus latar belakang dari obsesi Kakushi yang emang berasal dari keluarga yang bermasalah. Makanya dia banyak berkorban demi sang istri dan Hime sampai akhir,

Berhentinya Kakushi sebagai mangaka didasari oleh terbongkarnya rahasianya ini ke publik. Susah jual seri komedi kalau orang tahu kalau duit royalti untuk nyari jasad istrinya itu berasal dari humor seksual. Dia masuk koma juga sekalian buat nyindir leaker manga yang secara nggak langsung nyebabin kecelakaan yang bikin dia koma.

Dan dengan keungkapnya semua ini giliran Hime yang bikin rahasia. Sementara Kakushi yang udah bebas dari beban rahasia ini bisa kembali lagi jadi mangaka. It’s a very strong finish walaupun penyelesaian misterinya itu ya mau nggak mau perlu diburu-buru, dan saya seneng sama nasib akhir para karakter, even Tomaruin yang akhirnya bisa ngasih ide bagus buat manga.

Hachi-nantte 12 (End)

Kaczmarek

Action-wise, nothing is happened here. I don’t blame Wendelin and Elize for too OP, but the director and scriptwriter. We got a good direction on episode 11, just to end up with disappointing way on this. I’ll be surprised if they make a sequel of this series, much surprising if they make a remake of it. Jangan nantikan review membingungkan dari saya minggu depan!

BlueHeaven

And.. that’s end, thanks you for watching another ruined adaptation series. Barangkali saya akan nimbrung di review Kaczmarek buat memanggang roti.

Nami yo Kiitekure 12 (End)

Kaptain

Jadi sebagai penutup langsung lompat ke arc Gempa Hokkaido, ngelompatin arc Sekte. So here’s the thing, saya nggak keberatan dilompatin melihat arc Sekte itu too bizarre even for this series standard, cuma sebel aja bagian presentasi Kureko soal kondisi industri broadcasting itu dilewatin. Dapetnya ya cuma “it’s dying”.

Tapi sebagai penutup episode ini akhirnya nunjukin kenapa kita masih butuh radio. Infrastruktur radio itu lebih kuat dibandingkan TV & Internet saat bencana jadinya berharga banget untuk distribusi informasi di situasi kayak gini. Harusnya situasi saat ini ngasih kita cukup contoh kenapa penanggulangan bencana nggak bisa diremehin.

Pada akhirnya saya susah ngerekomendasiin seri ini untuk mereka yang di bawah 20 tahun melihat subjek & tipe karakternya yang ada. Ngarep aja Riho Sugiyama bisa dapet lebih banyak peran kedepannya. Dengan ending ini juga bakal susah lanjut season baru meliat dua arc jadi dilompatin.

Honzuki no Gekokujou 26 (End)

Kaczmarek

Urano, nama asli dari Myne di kehidupan sebelumnya. Terasa menyakitkan saat ingatan yang ia coba pendam harus dibuka lagi dan disaksikan secara bersama Ferdinand. Episode ini ditutup dengan baik, namun banyak hal yang bakal terjadi setelah ini. Myne juga sudah seharusnya menjadi sumber daya manusia yang krusial bagi negara ini. Pengadopsiannya menjadi bangsawan patut ditunggu, walau akan mengorbankan keluarga aslinya. “The Story Continues” belum resmi menjadi pengumuman sekuelnya. Tunggu saja.

Arte 12 (End)

Kaczmarek

Secara personal, saya kurang menyukai bagaimana adaptasi ini berakhir. Saya sudah menduga mereka akan membiarkan banyak lubang di tiga episode terakhir, namun saya gak menyangka lubang yang dibiarkan ini cukup dalam. Jikapun ada proyek OVA nantinya, saya tak bisa berekspektasi banyak untuk menutup masalah ini. Paling tidak, mereka menggarap serial ini lebih dari yang saya harapkan dalam sisi kualitas animasinya.

Yesterday wo Utatte 12 (End)

Kaczmarek

Udah. Begitu. Saja. Memang pasti ada yang kalah dalam perebutan, namun yang bikin saya menggumam di episode ini adalah betapa nyatanya fenomena ini di dunia aslinya. Satu hal yang membuat saya senang disini adalah Rikuo yang makin percaya diri saat di sekitar Shinako. Kemudian saya makin dikesalkan dengan banyaknya cerita yang disisihkan dari episode ini. Coba tebak berapa bab cerita yang dipadatkan dalam episode ini? Tulis di kolom komentar dan berharap ada yang benar tebakannya. Oiya bagi yang tak sadar, ada enam episode tambahan dengan durasi pendek yang mungkin bisa kalian tonton.

Destruction Flag Otome 12 (End)

Kaczmarek

Hmmm, Raphael? Nama aslinya lebih bagus ketimbang Sirius Dike. Bakarina kudu sadar, bahwa heroine dan hero di game ini udah berubah peran. Seriously friendship ending!?? Btw, sequel incoming! Saya berharap genre ini akan tetap populer di dekade baru ini. Ada banyak judul lain yang sudah sepantasnya mendapat adaptasi anime. Semoga saja para produser melirik franchise-franchise tersebut.

BlueHeaven

Sebenarnya ini udah cocok mengakhir animenya, cuma mungkin melihat respon yang bagus hingga pihak produksi memutuskan untuk mengadaptasi musim keduanya. Actually, Hamefura cuma wah diawal aja, endingnya decent tapi kalau dilamain juga pasti ngebosenin. Semoga aja ada plot yang bagus masih tersisa di season keduanya.

YU-NO! 26,5

Somehow, Ayumi looks gorgeous with this hairstyle

What’s this?

Special Parallel Worlds, bukan 16,5.

Kaczmarek

Basically, Takuya dan Yu-No nengok dunia paralel lain atau saya bisa bilang rute heroine lainnya. Kematian Mitsuki masih tak bisa dihindarkan dalam rute apapun, hingga Takuya dan Eriko-sensei menyelamatkan Abel. Saya malah baru inget Mitsuki punya perasaan Ryuuzouji. Ibu kandung Takuya yang tak terlihat sejak awal episode akhirnya nampak dan juga sangat mirip Sayless. Novel visualnya belum saya selesaikan hingga kini, dan semoga dapet kesempatan baca sampai abis di akhir tahun ini.

Kaguya-sama: Love is War S2 11

BlueHeaven

I told you kalau season kedua bakal lebih dikit bahas Kaguya-Miyuki. Satu episode ngebahas Ishigami, good directing seriously. Cara mereka membangun suasana dari flashback terus OST kokuhaku yang disimpen buat akhir-akhir itu ga cuma buat adegan Miyuki dan Kaguya. Semua ditutup dengan satu kalimat “Urusē, baka”. That’s my boi Ishigami, mulai sekarang Ishigami akan menjadi protag yang mendapat spotlight romcom ini.

Apa? Ga ada komedi? I TOLD YOU. Ini ga bakal full komedi dengan aksi konyol seperti season pertama. Lagian tanpa plot seperti ini mana bisa sebuah serial bisa jalan. Kaguya sudah menjadi salah satu nama besar buat animanga jaman ini. Another episode without narrator, berarti dari script writer, sound director, sama sutradara utama udah tahu gimana eksekusi terbaik untuk anime ini.

Arknights (EN)

Kaczmarek

I don’t know anymore, apart from Nearl finally upgraded to E2. Info terkini dari CN malah menggugah saya untuk membuat Waifu Wednesday Dur-nar dalam waktu dekat. Sayangnya, saya harus nahan diri dulu hingga janji lainnya bisa ditunaikan.

Kantai Collection

Kaczmarek

Penyakit ISP ini membunuhku. Gak si merah dan gak si biru, saya selalu kena kucing tiap sortie. Jadi ada kemungkinan gabakal bisa ngevent kalo gini. Berharap aja koneksi internet ini lebih ngotak di kemudian hari.

Girls Frontline

Kaptain

Fokus Night Mission kali ini adalah Tim Taiwan + Allied surplus. Hope y’all like Manticores. Seneng aja sih low rarity kayak Grease jadi bisa momen bagus, walopun karakter yang hadir jadi lebih bego dari biasanya. Emang wajar apa yang terjadi sama M16 itu jelas bakal jadi top secret perusahaan, tapi nggak ada aturan yang ngelarang para karyawan buat ngarang kejadian buat moral pasukan.

Chainsaw Man 72-73

CTian

A wholesome chapter and a big f*cking twist chapter!!!! GILA, TATSUKI FUJIMOTO-SENSEI TEGA BET DAH!!! Jujur saya senang sekali dengan cerita di bab 72, akhirnya Denji dkk beneran dapat liburan! Walau tujuan utamanya memang si Aki ziarah ke makam keluarganya.

Saya suka sekali dengan ikatan yang dibuat di bab 72, Aki found his new family on this chapter! Sampai-sampai dia melunak dan ingin mengundurkan diri dari misi membasmi Gun Devil. Dia sudah persetan sekali rasanya dengan misi ini, dan nampak mau hidup damai dengan keluarga barunya ini. Honorable mention, ngelihat Kishibe disuruh ngejaga kucing dan ditanyain mau oleh-oleh apa tuh best moment juga sih, wkwk~

Lalu di bab 73… BNGST!!! BNGST!!! Ambyar dibikin si Aki. Pertama, walau dia sudah mengajukan mengundurkan diri, eh malah alasan dia ngundurin diri masih dipaksa ikut misi. Akhirnya, mau gak mau dia harus menjaga keluarga barunya itu. Lalu, fakta kalau ternyata Gun Devil itu sudah dikalahkan dan tak lain hanya sebuah senjata negara macam nuklir tuh bngst banget tahu gak! I mean, ujung-ujungnya tujuan balas dendam Aki tuh gak ada artinya, literally dia di sini cuman dimanfaatin. Gila, ternyata beneran Chainsaw Man tuh seri semua genre njir! Genre militer-politik macam begini aja mereka punya lho!!!  Gila, cerita konspirasi yang diceritakan seri ini bahkan cukup well written!~

Itu doang!!!?? Gak!!! ANJ*NG, BNGST!!! DAH LAH MENDING AKI MATI AJA NJIR SEKALIAN SEKARANG! AKI DAN POWER BAKAL DIBUNUH!!!?? OHH F*CK MENNN!! THE FUTURE RULES!!! THE FUTURE IS THE BEST!!! Kenapa harus sekarang!? Kenapa di saat dia menemukan keluarga barunya dia malah harus dibunuh keluarganya sendiri!?? ANJING, BNGST! TATSUKI FUJIMOTO-SENSEI MADMAN BANGET DAH!!!

Dan saat Aki dan Power dibunuh, Devil yang paling ditakuti para Devil akan muncul… F*CK! Saya tahu mestinya gak boleh senang, tapi saya juga cukup excited njir dengan Devil yang akan bangkit ini! Denji goes berserk? Atau ada Devil lain?? THE FUTURE IS THE BEST!!! GOOD BYE AKI AND POWER!! BYE ANJIR, BYE!! AHHHH!!!!

Lihat cerita yang sudah diceritakan, saya yakin arc ini bakal jadi Devil Hunter World War!!! AHHH IT’S GONNA BE AWESOME!!! 

Sekian JOI Spotlight kali ini. Musim ini tinggal seminggu lagi dan saatnya kita siap-siap untuk milih seri musim panas nanti.

Header: Kaisenn0127