5 Anime Serial Cantik Paling Populer yang Tayang di Indonesia Era 90an

June 29, 2020 3:36 pm
5 Anime Serial Cantik Paling Populer yang Tayang di Indonesia Era 90an

Penggemar anime di tahun 90-an sebenarnya bisa dibilang lebih beruntung dibandingkan sekarang, karena banyak anime yang dibawakan stasiun TV lokal dan bisa ditonton dengan mudah dan tentunya, legal. Sebut saja anime-anime sore seperti Rurouni Kenshin, Yaiba, Trouble Chocolate, dan anime-anime lain yang tayang di hari Minggu pagi mulai dari jam 6 sampai jam 10 siang. Selain itu, yang membawakan anime-anime tersebut pun tidak hanya 1 TV saja, tapi hampir semua stasiun TV berlomba-lomba untuk membawakan judul terbaik di kelasnya untuk menarik perhatian kita.

Bagi para anak laki-laki, normalnya kita akan mencari anime-anime yang lebih ‘cowok’ dan menghindari anime-anime yang berbau ‘shoujo’. Tapi mungkin tidak sadar, walaupun kita para kaum Adam menghindari komik-komik serial cantik, tapi kita tidak sadar ada beberapa anime yang termasuk kategori ‘serial cantik’ yang selalu kita tonton di rumah. Kira-kira anime apa saja ya jaman dulu? Yuk kita ingat satu-satu

  1. Sailor Moon

Siapa yang nggak tahu sama Sailor Moon, anime yang satu ini pastinya ditonton mayoritas anak-anak dan penggemar anime di tahun 90an. Karya buatan Naoko Takeuchi ini memang menjadi salah satu kartun sore yang paling terkenal karena ditonton oleh baik anak laki-laki maupun perempuan. Mungkin karena temanya yang melawan organisasi jahat dan monster-monster menggunakan kekuatan super menjadi daya tarik yang sangat menarik.

Serial yang satu ini juga masih sangat dikenal sampai saat ini karena kesan dari anime tersebut sangat membekas di dalam hati orang tua zaman now. Seri ini merupakan salah satu serri yang popularitasnya timeless, at least untuk saat ini seperti Doraemon dan Dragon Ball. Bedanya mungkin hanya Akira Toriyama masih mengawasi jalannya Dragon Ball Super sedangkan Naoko Takeuchi mengawasi suaminya yang suka hiatus karena terlalu banyak main Dragon Quest.

  1. Minky Momo

Serial Minky Momo adalah seri yang unik, karena jelas seri ini adalah sebuah seri untuk para wanita dan buku komiknya pun keluar di bawah payung serial cantik. Namun saya tetap tertarik melihat bagaimana cara Minky Momo bisa memecahkan masalah dengan berubah menjadi orang dewasa. Mungkin saya merasa kalau Minky Momo merupakan gambaran seorang dewasa yang ideal lewat kacamata anak.

Walaupun ending dari Minky Momo sangatlah pahit, saya mungkin tidak bisa mengerti ending-nya waktu kecil Yang saya ingat dari Minky Momo hanyalah saat-saat bahagia dan semangatnya, mungkin itu untuk yang terbaik.

  1. Wedding Peach

Saya cukup yakin Wedding Peach juga cukup populer karena memiliki tema yang cukup senada dengan Sailor Moon. Bedanya yang satu menggunakan sailor suit, dan yang satu lagi menggunakan wedding dress. Namun kita sebagai anak kecil tahunya mereka kicking ass melawan orang-orang jahat dengan kekuatan super mereka. Saya juga ingat kalau seri ini menjadi salah satu serial yang sering diprotes orang tua saya karena seri ini terkesan memiliki busana yang lebih terbuka, padahal Sailor Moon pun pas berubah tidak kalah sensual.

  1. Lady Oscar (Rose of Versailles)

Sempat tayang di salah satu TV swasta dengan lambang Rajawali, Lady Oscar mungkin salah satu anime berbasis serial cantik yang sangat saya hindari. Karena stereotype serial cantik yang begitu kuat dari anime yang satu ini dan saya merasa teman-teman pun tidak banyak yang mengikuti, jadi tidak ada alasan untuk mengikuti seri yang satu ini. Namun sebenarnya seri yang satu ini mengambil cerita dari sejarah politik Perancis dan ceritanya pun sangat menarik.

Namun sepertinya anak cowok lebih tertarik kepada tema tampol-tampolan orang jahat dibandingkan tema politik dan cinta, jadi serial yang satu ini kurang membekas di hati saya. Namun mungkin membekas di hati teman-teman.

  1. Cardcaptor Sakura

Serial Cantik

Clamp mungkin adalah salah satu mangaka paling besar di dalam diri anak tahun 80-90an saat tumbuh dan berkembang, beberapa seri yang ditayangkan termasuk Cardcaptor Sakura, Magic Knight Rayearth, Tantei Gakuen Q, dan beberapa seri seperti X yang dirilis dalam bentuk manga cetak. Namun kita pasti setuju diantara semuanya, yang paling sukses adalah Cardcaptor Sakura, sampai diremake lagi animenya di era modern ini.

Bercerita mengenai Sakura Kinomoto yang diberi tugas untuk mengumpulkan kartu-kartu buatan Clow Reed oleh Keroberos. Petualangan Sakura mengumpulkan kartu Clow juga bukan petualangan yang damai, namun penuh aksi dan fantasi. Bagaimana Sakura bisa mengutilisasikan satu kartu, mengkombinasikannya dengan kartu lain untuk mengalahkan kartu elemen lain menjadikan seri ini sangat seru untuk diikuti. Bahkan membuat kita tidak mempertanyakan betapa dekatnya Yukito dengan Touya, yang penting Sakura jadian sama Syaoran.

Sakura was a masterpiece mang.

Dewasa ini serial cantik juga sudah mulai lebih lumrah untuk diterima di kalangan penggemar serial Jepang. Tidak hanya serial shonen saja namun cerita cinta dan drama juga menjadi salah satu genre yang dinanti. Mungkin seiring dengan pertumbuhan kita, interest seseorang pun berkembang ke arah yang lain, masa nggak bosen lihat cowok berantem terus, gimana kalau melihat cowok-cowok ngejer cewek idamannya?

Serial Cantik

Kalau kamu senang melihat seri-seri dimana cowok-cowok mengejar cewek idaman, mungkin kamu bisa mengunjungi sponsor artikel ini, Harlequin Comics lewat situsnya di romancecomics.com/id. Banyak serial cinta yang menggambarkan perjuangan para kaum Adam mengejar belahan hati mereka, tapi juga prahara cinta dan kalutnya badai perasaan yang terus-terusan menerpa hubungan mereka. Pokoknya, banyak asupan bergizi untuk para pecinta drama dan serial cinta in general.

Akhir kata, 5 serial ini sangat terkenal di TV Indonesia pada masanya dan mungkin tetap akan membekas di hati untuk beberapa generasi. Terutama Cardcaptor Sakura yang sepertinya franchise-nya malah makin kuat atau Sailor Moon yang baru-baru ini menjadi populer lagi lewat meme menggambar raut muka Usagi. Menunjukkan kalau serial-serial ini masih sangat kuat mengakar di hati para penggemarnya dan mungkin akan terus begitu sampai ke beberapa generasi ke depan.

Apakah ada serial cantik lain yang mungkin terlupakan dari era 90an? Beritahu kami lewat kolom komentar yuk.