Acara Penghormatan Korban Kebakaran Studio KyoAni Dibatalkan

July 4, 2020 3:58 pm
Acara Penghormatan Korban Kebakaran Studio KyoAni Dibatalkan

Kyoto Animation mengumumkan pada hari Jum’at (03/07) bahwa mereka telah membatalkan acara penghormatan terhadap korban kebakaran Studio 1. Acara ini seharusnya digelar pada 18 Juli 2020, tepat dengan satu tahun sejak insiden itu terjadi. Sebagai ganti dari acara ini, Kyoto Animation akan melakukan live streaming video penghormatan di kanal YouTube mereka.

Live-streaming video penghormatan ini akan dimulai pada pukul 10:30 hingga 10:40 waktu Jepang di kanal YouTube KyoAniChannel. Perlu diketahui pemutaran langsung ini hanya tersedia untuk regional Jepang.

Staf Kyoto Animation menjelaskan bahwa mereka sebenarnya telah mempersiapkan acara penghormatan ini untuk dihadiri oleh banyak rekan kerja sekaligus keluarga korban. Namun dikarenakan wabah coronavirus yang masih mendera, staf harus membatalkan acara ini.

Stakeholder setempat juga memperingatkan bagi para penggemar dan pihak lain untuk tidak berkumpul di bekas lokasi Studio 1 Kyoto Animation di waktu tersebut. Studio 1 ini sudah diratakan beberapa waktu lalu, namun belum diungkap rencana apa yang akan dilakukan di lokasi tersebut.

Baru-baru ini, Kyoto Animation juga membuka lowongan pekerjaan untuk berbagai posisi yang berbeda untuk masa kerja jangka tetap dan sepanjang tahun. Posisi yang terbuka diantaranya seperti manajer, animator, insinyur sistem, administrasi dan masih banyak lagi. Sebuah kursus juga akan digelar pada 3 Oktober 2020 hingga 25 September 2021 di anak studio mereka, Animation DO.

Pada 18 Juli 2019, serangan pembakaran Studio 1 Kyoto Animation dilakukan oleh Shinji Aoba. 36 jiwa meninggal dunia dan 33 orang lainnya luka-luka. 27 dari 33 korban luka sudah kembali bekerja dengan studio dari serial Clannad ini. Shinji Aoba kemudian diterbangkan ke Kyoto dari rumah sakit di Osaka setelah menjalani perawatan intensif. Saat ini ia sudah diamankan pihak berwajib dan proses peradilan masih berlangsung.

Sumber: Kyoto Animation