[JOI Spotlight] Entering Summer Season 2020 Edition

July 5, 2020 7:52 pm
[JOI Spotlight] Entering Summer Season 2020 Edition

Summer is here. JOI Spotlight akhirnya tiba di musim yang semoga aja bisa jalan lebih lancar produksinya. Memang ada sentimen kalau musim panas ini itu lebih jadi reboot untuk musim semi di mana banyak seri yang berjatuhan, namun untuk sekarang mari kita lihat impresi para staf untuk seri pembuka musim.

Gleipnir 13 (End)

Kaptain

Kita dapet ending “tolong baca manga-nya”. Agaknya manipulasi ingatan yang ekstrim itu tema dua seri yang saya kover kali ini. Ini mungkin efek sedikitnya kompetisi di musim semi, tapi di musim ini saya nggak nyangka bakal bilang “Gleipnir itu adaptasi anime yang ideal” berhubung ini adalah tipe adaptasi yang saya bisa aman ngerekomendasiin anime-nya dibandingkan manga orisinalnya.

Ini tuh tipe seri yang saya ngeduga adaptasinya bakal asal-asalan atau terlalu fokus sama fanservice aja, tapi nyatanya malah progresi ceritanya bisa lebih rapi dan aksinya nggak setengah-setengah kualitasnya. Saya tahu kecil kemungkinannya seri ini dapet sekuel, tapi saya ngarep banget anime bisa ngeadaptasi penyelesaian murder game ini.

Priconne 13 (End)

Kaptain

Jadi dua hal penting yang jadi driving force gamenya. Ada pihak yang mau ngambil alih kerajaan dan Pecorine selama ini ngumpulin tenaga dan reputasi untuk ngedapetin hidupnya kembali dan kondisi Yuuki itu disebabkan oleh manipulasi ingatan yang sangat ekstrim sampe dia balik jadi balita lagi.

Itu semua tentunya gak selesai di anime prolog ini. Silakan main gamenya atau nunggu staf ini dikasih duit buat sekuel, yang ngeliat responnya yang bagus dan Cygames itu punya semua duit hal ini mungkin banget terjadi. Sebenernya sih saya lebih ngarep staf dikasih kebebasan buat pake skenario yang lebih aneh-aneh kayak pas segmen rumah sakit & pudding, berhubung bagian di mana episode jelas lebih buat promo karakter itu cenderung lemah.

MonIsha 01

What’s this?

Nooo, this is not Monmusumeeee (9999999999999999999999x)

Kaczmarek

Dibuka dengan memeriksa dada istri orang, kemudian diberi asupan Sara Emi bersuara “Desu wa” dan “OHOHOHOHOHOHOHHOHOHOHO”. Langsung saja masuk ke masalah Tisalia soal masalah kekalahan beruntunnya. Sedari awal saya mengira ia mengikuti pacuan kuda, bukannya pertandingan duel macam gladiator itu. Sedikit mengherankan saat TIsalia sendiri tak menyadari masalah keseimbangan berlarinya, padahal itu tubuh dia sendiri. Oiya saya gak mau berkomentar soal desahan yang ia keluarkan saat kuku kudanya tengah dikikir oleh Glenn. Mengomentari hal tersebut sama saja mempertanyakan desahan para heroine dari Strike the Blood yang tengah disedot darahnya oleh Kojou.

Kaptain

Melihat episode pertama yang bergantung sama CG dan udah banyak banget penghematannya ini bikin saya jadi pesimistis dengan seri ini kedepannya. Emang nggak adil saya ngomong ini, tapi Passione dengan Ishuzoku mereka itu dah jadi gold standard untuk animasi monmusu. On that note tuh seri juga lebih bagusan di aspek biologi daripada seri tentang dokter monster ini.

Dokyuu Hentai HxEros 01

What’s this?

Masou Gakuen HxH 2: Electric Boogaloo

Kaczmarek

Okay, they push the limit with the animation. I mean, how in the hell this show could get so much budget!? So much happening here. Hoshino ternyata lebih erotis dari makhluk ekstraterestrial itu. Lebih erotis, bahkan saat diserap pun masih memiliki banyak energi tersebut. Bagian ikonik dari episode pertama ini adalah “Enjou-Enjou-Enjou-Enjou-Enjou-Enjou-Enjou-Enjou-Enjou-Enjou-Enjou-Enjou-Enjou-Enjou” dan yang bikin saya tertawa kencang adalah lagu pembukanya yang dibawakan BURNOUT SYNDROMES bersama Matsuoka. Rambut baru Matsuoka sudah bikin saya meringis, diperparah dengan lagu ini.

Maou Gakuin no Futekigousha 01

What’s this?

Two chicks seduce a month old toddler

Kaczmarek

Sedari pengumuman adaptasi anime-nya, tak habisnya saya melihat kekecewaan banyak netizen pembaca manga terkait desain karakter untuk anime-nya. Secara jelas sudah terlihat sebenarnya, bahwa komite produksi pastinya menggunakan sumber utama serial ini yaitu novelnya daripada manga-nya. Jadi saya pikir, it’s fair for some people didn’t like it, but shaming the creator and the studio feels too much.

Balik lagi ke episode pertama, hal yang paling terlihat dalam adaptasi ini adalah pemotongan beberapa bagian ceritanya sehingga temponya terasa cukup cepat. Meskipun itu, saya belum bisa menebak bagaimana adaptasi ini akan berakhir. Sejauh ini saya cukup puas dengan segala aspek, apalagi candaan brutal Anos (atau Anoth seperti yang biasa sebut) yang tak dihilangkan. Suara ibunya Anos resmi dipegang oleh Aki Toyosaki. Not gonna lie, cocok banget meranin karakter ibu-ibu rumpi ini. Menit-menit akhir episode ini juga menambah rasa penasaran banyak orang mengenai simbol itu.

Lapis Re:LiGHTs 01

What’s this?

Fantasy idol, dengan skenario dari kreator “Mayo Chiki!

Kaczmarek

Settingnya mengingatkan saya dengan Hogwarts, namun tanpa bayang-bayang J.K. Rowling. Top notch animation, cute character, and what else? Simple story? Idk, too early to judge that. Kelas yang paling saya minati dari episode pengenalan ini adalah metalisasi. Bahkan untuk mengujinya harus dikeplak seperti itu hahaha.

Kaptain

You know, para sekolah sihir anime tuh perlu banget kriteria masuk selain “tolong pake alat sihir ini”. Surat Kelakuan Baik, Ijazah SMP, atau Surat Pengantar Kelurahan saya lihat bakal ngurangin banyak bencana kedepannya.

SinoAlice

Kaptain

Kecuali kalian tertarik sama cerita Yoko Taro, Jangan Main Game Ini. Saya juga nggak ngerekomendasiin aspek PVP ngeliat server Asia itu serumah sama playerbase Korea. Bakal ngasih artikel lebih detail dalam waktu dekat, tapi sejauh ini saya dah nyampe ke poin di mana ceritanya mulai “asik” dan untung aja penundaan setahun ini ngasih kita update bagus kayak skip ticket & translasi yang kompeten.

Pas saya nulis artikel ini kita dapet 2 event jalan bersamaan. Ini ngasih saya perasaan campur aduk soalnya ada kesan nih game pengen cepet-cepet masuk act 3, yang notabene itu momen di mana popularitas nih game naik drastis di Jepang sana.

Kantai Collection

Kaczmarek

Hardware issue akhirnya bisa teratasi. Sekarang ngumpulin niat lagi untuk ng-event. Saya gak minta apa-apa, yang penting kelar deh. Hmm, Ooyodo drop aja dah cukup.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Baru mentok ke 6-6, pelan pelan asal tetep jalan. Udah waktunya ngumpulin mats lagi demi mastery beberapa operator. Ya tentunya ini bakal berimbas pada leveling beberapa operator juga, apalagi saya sebelumnya pengen leveling Magallan sama Manticore. Oiya, jangan tanya Blaze. Saya gak terlalu mengharapkan lebih di banner itu.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Maih banyak seri musim panas yang akan mulai atau kembali lagi dari penundaan musim lalu, so look forward to that.

Header: Natsuko