Mangaka Ahiru no Sora Mengkritik Adaptasi Animenya

July 7, 2020 4:29 pm
Mangaka Ahiru no Sora Mengkritik Adaptasi Animenya

Takeshi Hinata, mangaka anime olahraga basketAhiru no Sora(Sora the Wingless Duck), baru-baru ini men-tweet sentimen negatif tentang keputusan produksi yang diambil oleh anime-nya. Pada hari Jumat, ia mengutip-tweet dari sebuah akun resmi anime dan berkomentar: “Kalian yang terburuk.” (Akun resmi anime sejak itu sudah menghapus tweet yang relevan.) Dia kemudian menyimpan gambar tweet yang sekarang dihapus dan berkomentar: “Jika mau kabur, dari awal jangan dilakukan.”

Gambar dalam tweet menunjukkan mata karakter yang berkilau dengan cara yang menurut respon netizen sangat mirip dengan seri Kuroko Basket.

Dalam tweet lain yang diposting pada hari Jumat, Hinata menjelaskan beberapa sentimen yang mendorong komentar terakhirnya tentang adaptasi anime-nya. “Saya telah menerima serangkaian pesan langsung, yang membuat saya berpikir: ‘Ini diomedéa, jadi mau bagaimana lagi.’ Sebagian dari diri saya ingin mengatakan itu, tetapi saya tidak dapat melakukan itu melihat topiknya itu tentang manga saya sendiri. Jika saya menyebabkan ketidaknyamanan bagi para fans proyek itu, maka saya meminta maaf. Saya juga ingin meminta maaf kepada orang-orang yang membaca Ahiru no Sora yang sebenarnya. Saya pikir arah anime-nya mengecewakan dan buruk. Saya minta maaf sekali lagi. ”

Hinata sebelumnya memang kritis terhadap adaptasi karyanya. Dalam volume ke-39 dari manga, ia menulis bahwa ia telah didekati dua kali  sebelumnya untuk adaptasi film dari karyanya, tetapi ia menolak kedua tawaran itu karena cerita berakhir dengan protagonis bermain di NBA.

Anime Ahiru no Sora mulai tayang pada 2 Oktober 2019. Serial ini tayang dalam format 4 cour.

Keizou Kusakawa (Aho Girl, Fuuka, KanColle) menjadi kepala sutradara sementara Shingo Tamaki (Aho Girl) menjadi sutradara. Diomedea menjadi studio animasinya. Go Zappa (Beatless, Blend S) menyusun skrip ceritanya. Yoshino Honda (Fuuka) menjadi desainer karakternya, sementara Hiroaki Tsutsumi memerankan komposer musik. Lagu tema pembukanya dibawakan oleh the pillows yang berjudul “Happy Go Ducky!” dan lagu tema penutup dibawakan oleh saji yang berjudul “Tsubasa”.

Seri ini menceritakan tentang Sora Kurumatani yang walaupun tingginya hanya 149 cm dirinya sangat menyukai basket. Saat masuk SMA dia bergabung dengan klub basket, yang sayangnya berisikan preman sekolah dan tidak kondusif untuk kegiatan olahraga. Dirinya berusaha agar klub ini mampu termotivasi untuk bertanding lagi.

Sumber: ANN