[Virtual Journal] Hanamaru Hareru

Selamat datang kembali dalam Virtual Journal edisi yang sudah saya lupa hitungannya (hehe- becanda kok, ini edisi kesembilan *setelah lihat catatan*). Kali ini kita akan kembali Jepang untuk mengunjungi salah satu asrama terbaik dalam menghasilkan bakat virtual. Entah ini bisa bisa dibilang agensi atau tidak yang jelas ini adalah grup resmi VTuber yang menaungi empat talentanya.

Hanayori Girls Dormitory atau dalam bahasa Jepangnya Hanayori Joshiryou adalah grup VTuber yang terdiri dari Kano, Hanamaru Hareru, Nonomiya Nonono, dan Kohigashi Hitona. Debut mereka berbarengan pada tanggal 1 Agustus 2019 dengan membuat video perkenalan menggunakan lagu yang sangat unik untuk disimak. Model 2D mereka juga sangat interaktif bahkan sekelas agensi besar seperti Hololive atau Nijisanji. Dan hari ini kita akan membahas salah satu membernya yaitu, Hanamaru Hareru.

Video perkenalan Hareru. Lagu ini memiliki nada serama untuk semua member Hanayori dalam perkenalannya.

Lahir pada 20 Maret, Hareru atau yang lebih sering disapa oleh penggemar dengan panggilan Parerun adalah sosok VTuber yang sangat ceria. Dengan seragam sekolah khas Hanayori dirinya tampil dengan rambut oranye diikat ponytail kesamping membuat kesan aktifnya begitu terlihat dalam sekali lihat.

Dalam video perkenalannya yang tersedia dalam subtitel bahasa Indonesia, sangat jelas disampaikan informasi dasar yang dimiliki Hareru seperti makanan kesukaannya hamburger dan yang paling tidak disukai adalah daun bawang. Hareru juga sering dikaitkan dengan hewan anjing, namun dirinya selalu menyangkal dengan menanggap dirinya lebih mendekati kucing.

Sebagai anggota Hanayori Girls Dormitory, Hareru tentu sangat aktif dalam kegiatan bernyanyi. Buat kalian yang belum tahu, salah satu anggota Hanayori yang bernama Kano adalah virtual singer yang sudah terkenal dari dahulu sebelum tergabung dalam grup ini. Komposisi yang cukup berat ini, membuat para gadis Hanayori tentu memiliki standar bernyanyi yang cukup agar bisa seimbang antar anggotanya.

Hareru bisa dibilang yang terbaik setelah Kano. Suaranya yang begitu merdu banyak sekali menarik fans terutama dari Indonesia hanya bermodalkan lagu-lagu yang dinyanyikannya. Kamu bisa mendengar beberapa lagu yang dibawakan Hareru melalui video dibawah ini.

Selain bernyanyi tentunya Hareru memiliki konten generik seperti live gaming, membacakan marshmallow dan karaoke. Hanya saja jadwal Hareru dan anggota Hanayori lainnya tidak terlalu padat dibanding VTuber super aktif diluar sana. Ini membuat penggemarnya mudah untuk mengikuti kontennya karena tidak dikejar kebut. Hareru juga sering mengakhiri streamingnya dengan catchphrase “teyuute”.

Salah satu momen kocak ketika Hareru bermain PUBG.

Karena konsep Hanayori adalah sebuah asrama tentu membuat Hareru sering berkolaborasi dengan member Hanayori lainnya. Maklum jumlah mereka juga cuma berempat dan belum ketambahan personil dalam waktu hampir setahun sejak mereka rilis. Belum adanya kolaborasi dari VTuber luar membuat mungkin beberapa fans garis keras bisa betah mendukung para talenta virtual termasuk Hareru.

Informasi yang didapat untuk Hareru memanglah sulit didapat karena kebanyakan hanya mayoritas berputar di negeri Jepang saja. Diketahui Hanayori Girls Dorm pernah melakukan event jumpa fans di comiket musim dingin lalu. Walau terlihat lebih condong audiencenya ke Jepang, namun diluar dugaan Hareru memiliki 300.000 penggemar di akun BiliBili-nya. Ada juga komunitas fans Hanayori internasional di discord.

Ups, sepertinya saya terlalu banyak membahas Hanayori daripada Harerunya. Ya, ini jelas sih karena mereka terlihat satu paket dan kalau membahas salah satunya yang lainnya pasti ikut dimention jadinya satu grup.

Ada beberapa momen tak terlupakan bagi fans yang berkaitan dengan Hareru sebagai inti bersamaan dengan member lainnya. Dan yang paling memorable adalah momen Nonono yang membongkar identitas tersembunyi Hareru. Hareru menemukan mainan kuda misterius dalam kamar Hareru. Takut memicu sisi gelap Hareru yang sudah jelas terlihat saat hal itu dibahas, misteri ini pun masih menjadi rahasia yang tidak terpecahkan bagi fans maupun para gadis Hanayori.

Hanamaru Hareru mendapat kostum terbaru dengan model rambut terbaru yang diurai pada Maret kemarin. Model ini dilengkapi dengan 30 macam ekspresi, membuktikan betapa professionalnya model yang digunakan para member Hanayori. Sebelumnya Hareru bisa mengganti seperti warna pita rambut atau ekspresi yandere dengan model lamanya. Model ini juga sangat interaktif dengan rambut yang terurai begitu halus bergerak. HMMM WANGY!

Buat kalian yang suka CGDCT yang memang pure all girls tanpa campur tangan pihak lain, VTuber dari Hanayori memang cocok buat kamu. Khususnya buat Hareru yang selalu ceria bisa kamu dukung melalui berlangganan di kanal Youtubenya atau mengikuti akun twitternya di link yang ada dibawah artikel ini.

Virtual Journal akan pamit minimal seminggu karena saya yang masih menjadi penulis tunggal ingin fokus menulis review anime musim semi kemarin (kecuali ada penulis lain yang ingin mengisi slot virtual journal monggo). Tenang saja, bahan menulis Virtual Journal masih banyak kok, setidaknya saya masih tertarik untuk membahas beberapa nama asal Indonesia kembali.

Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCyIcOCH-VWaRKH9IkR8hz7Q

Twitter: https://twitter.com/hanamaruhareru

BiliBili: https://space.bilibili.com/441381282

Thanks to: Keni the main source clips for Hanayori. Selebihnya adalah informasi eksternal seperti dari moegirl.