[Flashback Friday] Sekirei

Selamat hari Jum’at dan selamat datang kembali dalam rubrik Flashback Friday! Seperti janji saya dua minggu yang lalu, saya akan membahas serial “Sekirei” dalam edisi kali ini. Namun sebelum itu, mari mengetahui lebih jelas latar belakang serial karya Sakurako Gokurakuin ini.

Sekirei” adalah serial manga yang tampil di majalah Monthly Young Gangan. Sakurako Gokurakuin meluncurkan manga ini pada 30 Juni 2004 di majalah tersebut, dan resmi tamat pada 21 Agustus 2015. Sakurako kemudian meluncurkan sekuel manga berjudul “Sekirei: Kanojo no Inai 365-nichi no Koto” pada tahun 2017 dan tamat pada Juli 2018. Manga ini juga dianggap sebagai spin-off dari cerita utama. Volume pertama manga ini diterbitkan Square Enix pada 25 Juni 2005. Total terdapat 18 volume ditambah satu volume dari sekuel manga-nya.

Sekirei

Adaptasi anime-nya diproduksi oleh studio Seven Arcs dan tayang pada musim panas tahun 2008 dengan total 12 episode. Sekuelnya yang berjudul “Sekirei: Pure Engangement” kemudian diproduksi kembali oleh Seven Arcs dan tayang pada musim panas tahun 2010 dengan jumlah 13 episode. Musim pertamanya memiliki satu episode OVA, sementara musim keduanya memiliki episode “rahasia” yang tidak ditayangkan di televisi.

Baca juga: [Flashback Friday] Maoyuu Maou Yuusha

Sinopsis

Remaja jenius namun tengah kesulitan bernama Minato Sahashi gagal dalam ujian masuk universitas untuk kedua kalinya, yang membuatnya dianggap tak berguna oleh orang-orang disekitarnya. Namun, masa depan suramnya berubah secara dramatis saat gadis cantik dengan kekuatan supranatural jatuh dari langit menuju kehidupannya. Gadis itu, Musubi, adalah orang unik yang biasa dikenal dengan “Sekirei“, makhluk ekstraterestrial berwujud manusia yang memiliki kemampuan luar biasa. Alien-alien ini juga dikenal dengan mencium manusia yang membawa gen Ashikabi demi membangunkan kekuatan laten dalam diri mereka.

Menyadari potensi di dalam masa muda yang belum signifikan, Musubi mencium Minato yang kebingungan, menginisiasi ikatan diantara keduanya. Ini menarik Minato ke dunia penuh resiko dari Sekirei, dimana ia dan partner terbarunya harus berkompetisi melawan orang lain dalam suatu pertarungan demi keselamatan yang bernama “Sekirei Plan”. Akan tetapi, tanpa diketahui oleh para kontestannya, terdapat resiko lebih dari apa yang ditentukan dalam kompetisi.

Character

Minato Sahashi (CV: Shinnosuke Tachibana)

Sekirei

Laki-laki berumur 19 tahun yang sudah dua kali gagal lolos tes universitas. Minato sebenarnya memiliki intelegensi baik namun sering meremehkan kemampuannya sendiri. Hal inilah yang membuatnya sering tampak frustasi dan sedih saat ia tak bisa berbuat apa-apa sementara orang-orang terdekatnya dapat melakukan segala hal.

Musubi (CV: Saori Hayami)

Sekirei

Gadis pertama yang menjadi Sekirei dari Minato yang bernomor 88. Musubi memiliki tipe petarung jarak dekat dan sering mendapat wejangan dari Asama Miya. Hampir di setiap pertarungan pakaiannya robek atau bahkan benar-benar hilang dari setengah bagian tubuhnya. Musubi juga memiliki sisi lain yang merupakan Sekirei nomor 08 bernama Yume.

Tsukiumi (CV: Marina Inoue)

Sekirei

Sekirei bernomor 09 yang juga memiliki kekuatan manipulasi air sesuai dengan namanya, Tsuki + Umi (Bulan + Laut). Tsukiumi awalnya salah paham mengenai sistem Sekirei yang harus kontak dengan Ashikabi karena menganggap kontak ini adalah berhubungan seksual padahal hanya berciuman. Setelah resmi menjadi Sekirei dari Minato, ia selalu menganggap dirinya sebagai istri legalnya daripada Sekirei lainnya.

Kusano (CV: Kana Hanazawa)

Sekirei

Anggota termuda dan terlucu dari jajaran Sekirei milik Minato dan bernomor 108. Ia masih sangat muda dan perlu pendampingan di setiap saat. Kuu juga dikenal dengan kepolosannya terhadap berbagai hal, seperti saat menjawab telepon dari Benitsubasa. Ia memiliki kekuatan manipulasi tumbuhan

Matsu (CV: Aya Endou)

Sekirei

Mantan rekan Kazehana dan Miya dahulu yang kini menjadi “neet” di penginapan Izumo. Gadis (kayaknya udah enggak) berkacamata ini merupakan Sekirei dengan nomor 02 dan memiliki kemampuan dalam mengakses berbagai macam teknologi berbasis elektronik. Matsu juga dikenal dengan sebutan “Hentai Glasses” karena sering meminta berhubungan seks dengan Minato di setiap ada kesempatan.

Baca juga: [Waifu Wednesday] Dantalian no Shoka

Uzume (CV: Hitomi Nabatame)

Sekirei

Salah satu penghuni penginapan Izumo dan juga seorang Sekirei. Uzume memiliki nomor 01 dan memiliki kemampuan manipulasi bahan selendang sebagai senjatanya. Ashikabi dari Uzume adalah Hidaka Chiho, yang sempat terbaring di rumah sakit akibat penyakit yang dideritanya. Uzume juga dimanfaatkan oleh Higa untuk melakukan hal berbau kriminal.

Miya Asama (CV: Sayaka Ohara)

Sekirei

Role model jan– kakak perempuan terbaik

Miya adalah pemilik penginapan Izumo yang juga dikenal dengan sebutan “Hannya dari Sektor Utara”. Ia ditinggal mati oleh suaminya akibat insiden dengan MBI dahulu. Jan–wanita berambut ungu ini merupakan Sekirei dengan nomor 01 dan menjadi salah satu dari sekian Sekirei senior bersama Kazehana, Matsu dan Yume. Hampir seluruh Sekirei yang mengenalnya selalu menganggap Miya sebagai Sekirei paling menakutkan yang pernah ada.

Kazehana (CV: Yukana Nogami)

Sekirei

Sekirei senior bernomor 03 yang muncul tiba-tiba di hadapan Musubi dan Minato dalam keadaan mabuk. Wanita dengan lingkar dada terbesar dari yang lain ini juga kemudian menjadi Sekirei dari Minato. Kemampuannya adalah manipulasi udara. Kazehana juga dikenal wanita periang dan memiliki peran layaknya kakak perempuan bagi Sekirei milik Minato lainnya.

Kagari/Homura (CV: Yuki Kaida)

Sekirei

Ia dikenal sebagai “Sekirei Guardian” karena tugasnya sebagai pelindung Sekirei yang belum memiliki sayap. Misi ini ia dapatkan dari ibu kandung Minato dan Yukari. Ia menggunakan nama samaran Kagari. Homura memiliki nomor 06 dan berkekuatan manipulasi api. Hal yang unik darinya adalah jenis kelaminnya yang sering berubah di setiap waktu. Meskipun saat sudah resmi menjadi Sekirei milik Minato, jenis kelaminnya masih tidak jelas walau payudaranya mulai tumbuh dan sifat kewanitaannya muncul.

Impresi

Awalnya saya mengira serial ini hanya berisikan elemen harem dengan protagonis membosankan ditambah dengan plot cerita yang mudah tertebak. Nah, protagonisnya memang awalnya membosankan seperti Mikado (Durarara!!), namun itu berubah dengan progres cerita berjalan dan makin banyaknya latar belakang yang terkuak. Soal fan-service yang cukup banyak, saya tak bisa mengharapkan lebih dikarenakan dari manga-nya sudah begitu. Toh, tim produksinya tak terlalu meng-orisinal-itaskan skenario proyek satu ini.

Baca juga: [Flashback Friday] Utawarerumono

Musim pertamanya nampak biasa-biasa saja, apalagi kala itu kualitas animasinya masih standar. Namun setelah musim keduanya tayang, saya jadi makin lengket untuk mengikutinya lebih jauh. Hal yang cukup unik dalam adaptasi ini adalah saya malah lebih tertarik dengan karakter pendukung seperti Haihane dan Miya-oba…….Miya onee-san. Masih teringat juga kala itu ada cult khusus Haihane di beberapa forum seperti di Kaskus yang entah sekarang utasnya masih ada atau tidak. Dari serial ini juga saya mengenal unknown gender dari Kagari atau Homura.

Sekirei

Salah satu adegan yang bikin saya ngakak di musim keduanya

Plot yang ringan dibumbui dengan material ecchi harem yang cukup kental dengan akhir dekade 2000-an dan awal dekade 2010-an. Sekirei menjadi salah satu dari bagian franchise yang selalu membekas di masa muda para penggemar, terutama yang kini sudah berusia kepala dua atau kepala tiga. Akhir dari adaptasi musim keduanya kita juga ditunjukan dengan teaser To Be Continued” yang sudah 10 tahun berlalu, namun tak ada adaptasi berikutnya. Oricon juga mencatat penjualan blu-ray dan DVD-nya telah mencapai lebih dari 10.000 cakram. Jangan sedih, masih banyak serial yang menaruh teaser semacam ini namun puluhan tahun kemudian tak juga ada kelanjutan adaptasinya.

Penutup

Adaptasi anime Sekirei” kalau tidak salah hanya menceritakan hingga volume ke-6 namun saya lupa chapter atau bab berapa. Apalagi Yukari dan Minato belum kembali kontak di adaptasi ini. Dengan menyisakan kurang dari 13 volume, saya yakin juga masih banyak hal yang terkuak dari serial ini. Saya juga memohon maaf jika ada hal yang saya salah sebut pada paragraf-paragraf di atas. Kalau ada yang salah, silahkan berikan komentar di bawah ya!

Sebenarnya saya ingin menggali lebih dalam dari manga-nya, namun ini lebih cocok dibahas dalam rubrik Manga Spotlight. Perlu membaca kembali sedari awal dikarenakan sudah lebih dari lima tahun sejak saya membaca serial ini. Beberapa detail informasi juga bakal kabur karena ingatan manusia yang sudah memasuki kepala dua sudah mulai berkurang ketajamannya. Ngomong-ngomong mau saya kasih tahu dulu untuk edisi berikutnya? Tak usah bertele-tele, saya akan membahas “Ga-Rei: Zero“.