[JOI Spotlight] Not Safe for Work Edition

July 12, 2020 19:57
[JOI Spotlight] Not Safe for Work Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang masih mengumpulkan anime musim panas untuk ditonton. Tentunya kalian juga bisa menyimak impresi awal para staf JOI untuk seri yang baru mulai di bawah.

Deca-Dence 01

What’s this?

Dimana Arte memutuskan untuk masuk military industrial complex dibandingkan jadi seniman.

Kaptain

Judul bisa dibaca sebagai keruntuhan atau hidup besar. Pembukaan yang kuat. Seneng banget saya ngeliat anime ini punya temperamen seri super robot awal tahun 2000, all that power up buat city sized rocket punch. Mungkin ada yang protes kenapa nggak pake senjata macem wave motion cannon aja, tapi perlu diingat kalau jelas banget monster dunia ini ada untuk dipanen, bukan dibasmi bersih ngelihat adanya sistem kasta yang jelas-jelas lebih mentingin kelas rahasia benteng ini.

Staf produksi sejauh ini bisa dipercaya dan episode pertama ini untungnya udah ngasih hook yang bagus. Mulai dari Kaburagi yang jelas punya agenda yang lebih tinggi daripada ngelas benteng dan Natsume yang keluarganya nampaknya dibungkam karena nyaris membongkar misteri dunianya.

Uzaki 01

What’s this?

Wah besar.

Kaptain

Argh timingnya jelek banget buat topik episodenya. Jadinya Uzaki yang sangat nggak hormat sama orang yang ingin jaga jarak ini jadi ekstra ngeselin. Di sisi lain sebagai romcom “generasi baru” saya seneng sama settingnya yang usia kuliahan, melihat kontemporer genre seangkatan seperti Komi dan Nagatoro itu masih SMA semua.

Kanokari 01

What’s this?

Bukan rom-com pokoknya, seriusan.

Kaczmarek

KEK! KEK! Gue belum baca manga-nya jadi gue udah menerka-nerka ini bakal berfokus pada pengembangan diri si Kazuya dari laki-laki indecisive dan jadi laki-laki yang lebih tegas dan jujur. Chizuru memanglah gadis impian disini, hanya saja ad-libnya itu membuatnya tak jauh berbeda dengan Kazuya. Pola pertemuan keduanya di rumah sakit dengan neneknya masing-masing juga terasa sangat cepat. Saya sebenarnya pengen lebih banyak dapet pendalaman ke Kazuya-nya di setengah episode ini, namun melihat jumlah episodenya yang sudah diumumkan, jadinya saya harus mengurungkan niat itu. Apakah staf bakal nge-settle heroine pilihan di akhir episodenya? Ahh, gak kayaknya, dan semoga aja enggak.

BlueHeaven

Lawak lo nemo. Ah akhirnya animenya rilis, semua ramalan saya bisa anda simak di artikel ini.

Dokyuu Hentai HxEros 02

Kaczmarek

Akhirnya yang ditunggu-tunggu, Maihime! Saya berterima kasih banyak untuk komite produksinya karena memilih Ai Kayano untuk memerankan heroine satu ini. Balik lagi ke cerita, Hoshino akhirnya gabung kelompok tenaga berkekuatan biologis dan fisiologis. Perlu di-convince lagi sama si Enjou, dan saya masih bingung gimana mereka bisa masuk ke mobil secepat itu.

Lapis Re:LiGHTs 02

Kaczmarek

Setelah “Locodol” dan “Zombieland Saga”, akhirnya saya tertarik kembali dengan genre ini. Episode ini lebih ringan dari sebelumnya, karena mengejar Alfred dan mengetahui lebih jauh tentang Rosetta Stoned. Tak lupa juga dengan pengenalan sistem poin di sekolah ini.

Maou Gakuin no Futekigousha 02

Kaczmarek

Kalian bisa mulai membenci Sasha mulai dari sekarang, namun kalian juga dapat merubah pandangan itu nantinya. Mungkin juga ada yang sudah membahas ini sebelumnya, namun pengaturan waktu yang digunakan untuk menampilkan beberapa adegan ini memang sengaja diposisikan berbeda dari novel utamanya.

BlueHeaven

Ok, episode 1 plotnya terlihat bodoh, kemudian di pembuka episode kedua terlihat kembali menjanjikan. Balik dari flashback ke momen sekolah plot kembali ampas. Itu Anos udah reveal identitas dari awal ga ada yang tanggepin serius, udah unjuk kekuatan juga padahal tapi karakter lain berasa patung. Cuma waifu bait yang bisa bikin orang tahan nonton anime ini.

Re:Zero S2 01

What’s this?

Better story without Rem.

BlueHeaven

EMT Victory! Who is Rem? Musim ini ship saya menang semua, jadi minggir para shipper yang suka ngimpi wahaha, and yeah just another day of Subaru’s suffering.

CTian

Jujur, karena dah tahu dikit cerita novelnya (web novel), saya jadi ketawa-ketawa karena tahu ini Ram rambut biru bakal ngilang persis setelah debut /plak~ TAPI GAK BEGINI ANJ*NGGGG!!! EH BNGST INI SIAPA YANG NGIDE GINI OI!!! TOLONGLAH!!! BNGST INI, LITERALLY BNGST LAH! KENAPA!!!??? KENAPA!!!??~~~ BOI!!! NGIKLAN TERUS DAH!!!

Iya, ada adegan light novel ‘re:zero if’ oiI!! (Yang jadi novel cetak, bukan yang web) Kad*kawa b*ngs*t emang!!!~ Saya sempat baca bab awal-awalnya, belum kelarin… BANG JAGO MEMANG BENER-BENER JAGO DAH!!!~ Pengen baca! Sayang ini cuman bonus BD, jadi ndak mungkin bisa dibeli sendiri (dengan harga murah~).

Oke~ Oke~ Ngomongin season premiere dah~ PERSIS SEPERTI YANG SAYA HARAPKAN!~ Rem yang bye bye di season premiere, Crusch yang jadi santun, dan debut 2 uskup sesat yang baru~ Persis njir, persis~ Sebenarnya itu Rem gelut bisa jadi 1 episode penuh seingat saya… Monolog Rem lumayan banyak… Eh si anjir malah diginiin… Petualangan baru si menyedihkan Subaru dimulai!~ Boi, premiere-nya bener-bener solid, langsung ngingetin lagi betapa menyedihkan ini orang~ KAGAK DIKASIH ISTIRAHAT DAH LU! ISTIRAHAT DI OVA DOANG, WKWK~

Sekali lagi…. BENCI BANGET SAMA NGIKLAN INI… YA KALAU MAU ADAPTASI YANG BENAR LAH, ITU SI EMILIA DAPAT ADAPTASI THEATRICAL OVA, MASA INI CUMAN 3 FRAME!!!~

Oregairu Kan 01

What’s this?

Total victory for the best girl.

BlueHeaven

Oregairu Kan Ep. 1 is 10/10:

> Kuzugahama can’t be chill

> Komachi x Hachiman tete moment

> Loli bait

> No iroha

> Feel did wonderful job

> BGM and dialog match perfectly

> “Aishiteru ze Kawasaki”

> Today’s Battle Result: Kawasaki Saki Daishouri

PS: Apa-apaan Yukino joget-joget ditambah yuribait sama bitchgahama.

SAO-A: War of Underworld S2 01

What’s this?

It’s SAO. Your most hated anime but you still love the rape scene.

BlueHeaven

Bukan SAO kalau ga ada adegan rape. Leafa be like: “Login, bang” dan langsung disambut dengan tentacle doujin material. Trus adegan sosor Sinon di depan mata Asuna, waw banyak sekali bahan lawakan dalam satu episode. And that hero landing too. Om Bercouli juga lagi tarung ganteng sama last boss. Mari kita nikmati lawakan SAO sampai Kirito bangun.

Peter Grill 01

What’s this?

Peter Grill & Post Nut Clarity

Kaptain

You know what Peter Grill, situ beruntung seri monmusu yang satunya lagi tayang di musim ini jadi ada tolak ukur yang bisa nopang seri ini. Saya nonton versi ATX dan seri ini punya kualitas produksi yang jauh lebih bagus dibandingkan kompetitornya. “Tapi kan durasinya lebih pendek mas”, Ya itu karena nih seri sadar tanggung jawab mereka itu adalah secepatnya ngeliatin “produk utama” seri ini.

Kaczmarek

Can’t wait for the “Great Philosopher” version. Peter, with great power comes great responsibility.

Fire Force S2 1-2

What’s this?

Pemadam kebakaran yang ngalahin api pakai api bagian 2

CTian

Season premiere-nya good parah lah! Ngasih adegan original dong. Iya, itu lawan manusia api raksasanya adegan original, di manga ndak ada. Masukinnya bagus sih, biar langsung ngasih action lagi. Dan saya kaget, ternyata cerita kalender Fire Force diadaptasi juga, walau ada adegan yang dihilangkan dan juga ada yang ditambahkan, wkwk~

Episode 2-nya my Godd!! Arthur!!! Ahh, akhirnya terungkap juga kenapa dia begitu delusional. Itu pengisi suara orang tua Arthur siapa yak? Suaranya seperti familiar. Adaptasi di episode 2 juga good sih~ Muka Shinra jeleknya lumayan dapat, action-nya juga oke. Sejauh ini, season 2 saya lihat lebih bagus daripada season sebelumnya. Next, berebutan pilar ke-5! Action di sini keren banget sih kalau di manganya, semoga adaptasi good!~

Chainsaw Man 74-76

CTian

Peringatan, tulisan ini mengandung spoiler dari 3 bab yang saya bahas. Terlalu panjang juga… Jadi mending baca dulu sebelum masuk ke curhatan saya ini… READ CHAINSAW MAN BRO! TERSEDIA SECARA RESMI GRATIS DI APLIKASI DAN SITUS MANGA PLUS, KAMU BISA BACA 6 BAB PERTAMA DAN TERBARU DI SANA!!!

….. ANOTHER ‘JUST MAKIMA’ CHAPTER! GUN DEVIL DEBUT!! AKI’S DEAD!!!??? BOIII BOIII BOIII!!! TAHAN, TAHAN OIII!!! BENAR-BENAR GAK DIKASIH NAFAS DI 3 BAB TERBARU INI! GW JADI NGERI, GW JADI NGERI, ANJING!!!

Oke, terkonfirmasi, MAKIMA IS A DEVIL!!! Kayaknya sih Devil murni kayak Spider Devil yang dandanin dirinya jadi manusia, bukan hybrid kayak Bomb, Samurai dan Chainsaw. Dia ngajakin Aki bikin kontrak pula! Saya pikir awalnya doi tuh Tho… eh maksudnya Woman Devil~ I mean, banyak orang yang takut sama wanita kok :’v~ Ternyata oh ternyata, sang kuasa tertinggi, CONTROL DEVIL! Siapa yang ndak takut dikontrol? Lu literally ndak bisa ngapain-ngapain njir kalau lagi dikontrol. The final boss is here! Dan saya rasa dia memang cocok jadi main villain-nya dibandingkan Gun Devil. Yes, POWER IS OUR MAIN HEROINE, REMEMBER THAT! Ah ya, nama Makima juga sempat masuk trending Twitter JP lagi karena bab 74… MY GOD! :’

Speaking of Gun Devil… OOHHHH… MYYYY… F**CKKIIINGG…. GODDDD!!!!!! IT’S HERE, IT’S ARRIVE AND IT’S SO TERRIFYING, MY GODDD!!!! Boi, Tatsuki Fujimoto-sensei tuh mantap banget dah, desain Devil-nya ndak pernah ndak bikin amaze, njirr!!! ITU KEPALA ORANG YANG ADA DI DADA GUN DEVIL DIGAMBAR SATU-SATU ATAU GIMANA DAH!? NIAT BANGET ASLI DAH! EKSPRESINYA JUGA BEDA-BEDA… DAMNN! ITU APA ANJIR!!!?? TANGAN SENJATA SEMUA, BUNTUT DARI KUMPULAN PELURU, AND IT’S M*TH*RF*CK*NG FLYNG MY BOIII!!!

TERUS-TERUS, GILA, GILA, GILA, GILA!!! TATSUKI FUJIMOTO-SENSEI GOES MAD!! BIKIN 4 SPREAD PAGE DALAM SATU BAB, PLUS BIKIN NAMA KARAKTER SEBANYAK ITU!!! BOOOOIIIIII!!!!! ITU NAMA BENERAN DITULIS SATU-SATU NJIRR!!!! SAYA JUGA SUKA BANGET SAMA NARASI LAPORAN PERGERAKAN GUN DEVILNYA! DARI TEMPAT, TANGGAL, JAMNYA PUN PAKAI DETIK! THAT’S AWESOME!!!

Sudah, selesai sampai situ aja? GAK NJIR, GAK!!! BAB 76!!! BAB 76!!! BOIII BOIII BOIII!!!~ BIKIN 4 SPREAD PAGE DALAM SATU BAB, PLUS BIKIN NAMA KARAKTER SEBANYAK ITU!!! BOOOOIIIIII!!!!! ITU NAMA BENERAN DITULIS SATU-SATU NJIRR!!!! SAYA JUGA SUKA BANGET SAMA NARASI LAPORAN PERGERAKAN GUN DEVILNYA! DARI TEMPAT, TANGGAL, JAMNYA PUN PAKAI DETIK! THAT’S AWESOME!!! (2) DITAMBAH LAPORAN PERGERAKAN MAKIMA JUGA ADA! TERUS ITU KENAPA MASIH PADA HIDUP SNAKE SAMA SI DUO CODET!? TUH KAN, LAGI-LAGI UDAH MATI PUN MASIH DISURUH GAWE NJIR!!! TERUS AKI….. AKI MATI, NG*NT*T!!! DIBUNUH GUN DEVIL!!! ANJ*NG ANJ*NG!!!

Jujur, saya kesal bukan karena Aki mati. Tapi tahu Aki bakal hidup lagi untuk dibunuh doang, njirr!!! INGET! TERAWANGANNYA FUTURE DEVIL! AHHHH! I CAN’T LAH I CAN’T! Jujur, di bab 74 saya jadi suka banget sama Aki. Semua yang dia lakukan tuh cuman untuk keluarga barunya hidup bahagia! DIA PUN NGOMONG LANGSUNG LHO! LITERALLY NGOMONG LEWAT MULUTNYA! Bahkan Angel Devil pun juga mau dia bantu! Will talk about Aki later… Mungkin nanti waktu dia mati beneran… AHHH BROOO!!!

Dan kalian tahu? Semua peristiwa yang buat saya merinding dan meneteskan air mata itu cuman berlangsung selama 7 detik! M*TH*RF*CK*NG 7 SECOND!! BOI!!! Menurut awal narasi laporannya, Gun Devil mengamuk selama 12 detik… So… THEY ARE STILL 5 SECOND ON GUN DEVIL MASACRE, NJIR!!! NAMPAKNYA SERANGAN ‘POWER RANGER-NYA’ MAKIMA GAGAL!!!~

Tapi, itu si Denji santuy betul dah di apartemen, serangannya sepertinya jauh dari sana~ Tapi tetap aja njir, santuy banget yak. OPEN THAT DOOR DENJI, OPEN THAT DAMN DOORR!!! Apa yang menanti Denji di balik pintu itu?

Terakhir, pengen ngomongin detil-detil yang akhirnya terungkap. Latar waktunya seri Chainsaw Man tahun 90-an~ Okay, that’s explain a lot. Sebelum dikonfirmasi sebenarnya fans pun udah nebak latar waktunya pasti bukan masa kini, ternyata benar.

Masa lalunya Angel Devil!? Akhirnya! Sudah nunggu lho dari arc Bomb. BOI!! ITU MAKIMA BENER-BENER DAH! Di sini pun akhirnya terungkap kenapa yang ngikut Makima banyak, toh diguna-guna. Aki pun sempat hampir sadar, “kenapa gw suka Makima yak?”. Ah ya, momen Aki-Angel tuh fujobait banget dah!!! CUTE! BUT STRANGE! BUT CUTE!!! :’

Detil terakhir yang mau saya bahas, ANOTHER FIRE PUNCH REFERENCE! Ada banner Agni (tokoh utama Fire Punch) di Amerika! Tepatnya di bab 75 halaman 8, di sebelah kanan. Saya lihat sih yang baca Fire Punch senang banget sama referensi itu. Okay, jadi pengen baca Fire Punch juga nanti~ KUDU BACA KARYA LAIN MAESTRO TATSUKI FUJIMOTO-SENSEI LAH!~

Penutup, THE BEST MANGA’S CHAPTER I’VE READ IN MY LIFE!!! Tiga bab ini terlalu luar biasa njir! This manga need more recognition lah! Please read Chainsaw Man, it’s good for your life. Ah ya, soal Manga Spotlight arc International Devil Hunter saya batalin deh. Maaf, dapat banyak pesanan ulasan nih~ TAPI! Nanti kalau saya sudah dapat cetak jilid 1 Chainsaw Man punya Viz Media, saya bakal bikin Manga Spotlight Chainsaw Man secara keseluruhan~ Rilisnya sih Oktober, saya juga masih bingung sih beli di mana, see later aja yak~

PLEASE, READ CHAINSAW MAN, THAT’S AN ORDER!

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Saya emang nulis soal NA aja, tapi saya juga ingin nanya pemain JP soal what’s with the current wacky ass “Summer AOE” banner. Susah saya percaya ini disengaja apa nggak, tapi ajaib banget bisa bikin banner yang lebih jelek dibandingkan Story Banner. Banner anniversary better be worth it.

Sekarang balik ke ulang tahun server NA. Seperti yang bisa kalian lihat saya udah aman buat 2 tahun kedepan. Masih butuh 2 Kaleidoscope lagi sih buat maximum efficiency, tapi jujur aja saya udah dapet semua yang saya mau dari game ini, jadi paling ya ngeroll biar dapet cukup Event CE aja kedepannya.

Girls Frontline

Kaptain

Saat event ini jalan di server lama banyak kritik buat ceritanya melihat staf penulis barunya masih baru (duh). Saya masih di chapter tiga tapi sejauh ini bagus kok? Paling nggak saya jauh lebih nikmatin ini dibanding LB2 game di atas, dan game juga cukup baik hati ngasih easy difficulty buat kalian yang ingin baca cerita aja.

Masih nunda farming doll baru sampe ngedapetin HS2000. Berhubung farming P22 juga buat ngedapetin medal buat beli limited lain. Untuk kalian yang masih baru atau mau mulai lagi saya saranin ngedapetin 2 doll di atas, farming box juga gampang ngeliat kalian nggak perlu masuk combat, dan parachute fairy bisa bikin kalian dapet 10 box tiap semenit.

SINoALICE

Kaptain

Nyimpen gem sampe banner Nier itu prosedur standar para pemain, jadi saya optimis minggu depan Colosseum bakal neraka banget. Masih pelan-pelan grinding ngeliat duit awal dari prereg masih nipis, tapi saat Banner 9S dah nongol, i’ll be ready.

Arknights (EN)

Kaczmarek

No necessary update from me, but still i’m trying to collect more mats for Hoshiguma. Ngomong-ngomong, pada nyoba roll banner terbaru kah? Dan tak lupa juga, Happy Birthday our kouhai, Taneda Risa!

Kantai Collection

Kaczmarek

Saya ingin mempercepat progres namun kehalang ama ini badan karena makin gak kuat ngadep depan PC terus. E-1 cleared btw, sekarang lagi jalan fase 1 E-2. Ah iya btw, kapal baru dah nongol. Tentu saja ada yang kontra dengan desainnya, dan sampe bikin twit ancaman (daripada dibilang kritik). Saya yakin di JP juga ada yang kontra dengan ini, namun di medsos yang paling kelihatan justru para gaijinnya. Toxic? Tentu ada momen yang memancing ke-toxic-an ini di setiap waktu game masih berjalan. Tak ada yang selalu damai dari fandom satu game, jadi gak perlu dibesar-besarin beginian deh. Semoga artist, kreator, atau stakeholder terkait menerima semua kritik, saran, hingga ancaman dengan kepala dingin.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Secara pribadi masih sedih saya Kingdom belom balik di musim ini. Tapi ya mau gimana lagi, keamanan tetap harus diutamakan.

Header: DropDeadDeputy