Nurhasanah Iskandar, Dubber Indonesia Doraemon Tutup Usia

July 12, 2020 6:13 pm
Nurhasanah Iskandar, Dubber Indonesia Doraemon Tutup Usia

Berita duka datang dari dunia pengisi suara atau seiyuu Indonesia. Diwartakan oleh Indonesian Voice Talent pada hari ini bahwa seiyuu/dubber Indonesia dari karakter Doraemon, Nurhasanah Iskandar (62) telah meninggal dunia pada Minggu sore. Diketahui, mendiang tutup usia dikarenakan penyakit stroke.

Berita duka ini juga diumumkan oleh anak dari mendiang Nurhasanah, Dana Robbyansyah melalui instagram @nurhasanahdora. Dalam unggahan tersebut sang anak menuliskan, “Innalillahi wa innalillahi rojiun. Telah berpulang ke rahmatullah ibunda kami ibu Nurhasanah hari ini pukul 15:00 WIB. Mohon dimaafkan atas kesalahan semasa hidup mama saya.”

Informasi ini juga dibernakan oleh Bima Sakti, seiyuu Indonesia untuk karakter Giant. Diwartakan oleh Kompas, bahwa mendiang sebelumnya menderita penyakit stroke, ungkap Bima melalui pesan singkat.

Nurhasanah Iskandar lahir pada 20 Mei 1958. Sebelum menjadi seorang dubber, Nurhasanah bekerja untuk Radio Republik Indonesia (RRI) pada tahun 1982. Namanya kemudian melesat setelah menjadi seiyuu Indonesia untuk karakter Doraemon pada tahun 1993 hingga saat ini. Tak hanya mengisi serial Doraemon, mendiang juga aktif mengisi serial telenovela. Di tahun 2016, mendiang memutuskan untuk pensiun dari posisinya di RRI. Kondisi kesehatan mendiang memburuk pada awal tahun 2018, dan posisinya sebagai seiyuu Indonesia karakter Doraemon digantikan oleh anaknya sendiri.

Kami segenap kru Jurnal Otaku Indonesia ikut berduka atas kehilangan salah satu talenta terbaik yang dimiliki Indonesia.

Banner: Lancang Kuning

Sumber: Kompas, Indonesian Voice Talent