Mangaka Nomio Gyunyu: “Genre ‘Loli’ Sekarang Sulit Diterbitkan”

July 22, 2020 4:31 pm
Mangaka Nomio Gyunyu: “Genre ‘Loli’ Sekarang Sulit Diterbitkan”

Mangaka Nomio Gyunyu (Joshi Shougakusei Hajime Mashita P!) baru-baru ini berkomentar tentang kesulitan dalam mempublikasikan manga “loli”. “Loli” dalam konteks ini bukan berarti seri yang banyak gadis mudanya dan fokus pada keseharian mereka seperti seri Kirara pada umumnya, namun seri yang relatif lebih intim dengan para karakter muda.

“Ini bisa jadi karena regulasi, tetapi ketika saya minum dengan [sesama mangaka] Uran dulu, kita bicara tentang bagaimana loli tidak dapat diterbitkan di majalah mainstream lagi. Bagaimanapun, tidak peduli sebaik apa penjualan, mereka tidak akan pernah mendapatkan anime, dan jika mereka tidak bisa mendapatkan anime, maka perusahaan penerbitan tidak ingin memulai serialisasi. Ke depan, mungkin tidak bisa lagi untuk menerbitkan genre loli. Loli kehilangan pasarnya oleh [pasar] luar negeri, dan industri Jepang secara alami mengikutinya juga. Rasanya seperti kita sudah benar-benar terkepung. “

Gyūnyū juga mengomentari berita terbaru tentang Amazon yang menghapus sejumlah judul e-book di etalase AS-nya, yang menyatakan:

“Empat tahun lalu, Joshi Shougakusei Hajime Mashita P! milik saya dihapus [dari Amazon JP], dan ditolak diserialisasikan pada aplikasi manga mana pun. Saya pikir kita akan melihat peningkatan kasus di mana platform, terlepas dari negara, memutuskan untuk memberlakukan pembatasan berdasarkan ide subjektif mereka.”

Gyunyu saat ini membuat serial manga Joshi Shougakusei Hajime Mashita di Nico Nico. Hakusensha menerbitkan manga yang diedit untuk majalah Young Animal-nya dari 2014 hingga 2019 dengan judul Joshi Shougakusei Hajime Mashita P!.

Uran meluncurkan manga Paradise of Innocence di Young Animal Arashi pada 2011, dan mengakhirinya pada September 2017. Serial terbarunya Ore wa Lolicon Ja Nai! terbit pada bulan Januari.

Sumber: ANN