[JOI Spotlight] Routine Check Up Edition

July 26, 2020 7:24 pm
[JOI Spotlight] Routine Check Up Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di akhir bulan Juli ini. Daftar tontonan mulai stabil dan sekarang sudah saatnya para staf JOI memberikan impresi mereka untuk seri musim panas ini.

Deca-Dence 03

Kaptain

Oke koreksi dikit, para robot bukan alien tapi ciptaan manusia yang seperti biasa ngambil alih manajemen atas bumi. Segmen Deca-Dence yang nyakup keseluruhan Eurasia dipegang satu faksi. Gadoll resmi merupakan bagian sistem “game” dan Gadoll jinak macam Pipe juga klasifikasinya bug. Jadi sekarang Kaburagi punya dua senjata lewat Pipe dan manusia yang bisa lepas dari sistem, dan untuk si manusia dia sekarang tahu cara bug dibuat.

Diungkap juga “admin” lain selain Kaburagi yang milih wujud manusia juga, antara itu atau emang ada manusia yang tahu kebenaran dunianya dan mutusin buat kerjasama. Saya optimis ini bakal segera dijelasin berhubung seri ini tuh disiplin banget soal nggak ngelamain misteri yang udah jelas.

Ini mungkin minor banget, tapi berhubung kita masih dirubung sama seri Narou dan berbagai sistem game mereka; saya kaget aja “gameplay” dari Deca-Dence itu fungsional sebagai game beneran. Ada progresi kekuatan yang jelas buat penguasaan skill karakter dan insentif dari performa bagus juga ada. Saya ngeliat bagian paling lucu+sedihnya sih di fakta kalau top tier player macem Kaburagi langsung bangrkrut begitu beli rumah.

Uzaki 03

Kaptain

Kejahatan Uzaki kali ini: Kalah sama Desperado terlemah. Just how. Malah semua yang main game ini harus ngalah biar bisa ngeliat semua kemampuan Sundowner, either that or she’s a filthy level skipper. You disappoint me too much now woman.

Appare-Ranman 04

Kaptain

Tolong mulai balapan benerannya di minggu depan. Sedih aja abis penundaan satu musim kita masih aja di fase persiapan balapan. Apalagi yang cerita persiapannya itu pada dasarnya “karakter yang super ahli dalam nyetir ternyata super ahli dalam nyetir”. Tapi jujur aja saya sebenernya penasaran kalau minggu depan masih ngeyel nunda balapan lagi metodenya mau gimana.

KanoKari 03

Mami please, leave some space

Kaczmarek

Saya gak ngitungin berapa kali Kazuya berbohong di episode ini, dan membuat kesalahpahaman disana-sini. Also, i like the fact that Mami needs to zip up her jacket because Chizuru has a bombshell assets than her. Mami disini memang membutuhkan mainan dalam genggamannya, dan Kazuya menjadi objek empuk baginya. Kehadiran Chizuru juga mendorong Mami untuk lebih agresif agar mainannya tidak direbut orang. Tapi saya penasaran kenapa Mami sampai bersikeras seperti itu.

Toaru Kagaku no Railgun 16

NGL, loved Junko expression

Kaczmarek

More screentime for Hokaze Junko! Kapan terakhir kali ada dialog di serial Toaru yang harus di sensor karena terlalu kotor? Saya pikir ini malah yang pertama. Saya gak nyangka S ranker di Dream Ranker dalam Indian Poker itu si Aogami alias BLAU alias **********. Kalau disuruh request, saya udah minta Aogami untuk bikin Indian Poker berisi mimpi bersama Kaori Kanzaki **** ******* ** *****. Balik lagi ke arc ini, saya makin penasaran dengan latar belakang dan sistem aplikasi fotografi masa depan itu. Saatnya mengubek-ngubek wiki lagi soal orang yang dapat membantu Shaei itu.

Peter Grill 03

Kaczmarek

Saya demen banget dengan lagu pembukanya, mungkin juga kebantu dengan pengarahan animasi pembukanya juga yang enak ditonton. Ya tentunya si Peter gak bakal ereksi dengan apa yang ia lihat di episode ini (kecuali di mimpi itu). Cliffhanger di episode ini sedikit mengesalkan, namun mudah diprediksi apa yang terjadi berikutnya.

Dokyuu Hentai HxEros 04

Kaczmarek

Akhirnya kita fokus ke Shirayuki dan Sora. Disinilah Matsuoka kembalii dielu-elukan dengan Ai Kayano, dan dari kemarin sudah kelihatan di timeline Twitter JP. Kelemahan dari Shirayuki adalah kaki, jadi pasti ada kelitikan di episode ini. Saya cuma bisa bereaksi dengan kata-kata seperti “buset”, karena Shirayuki ini ceroboh banget dimanapun itu. Sementara itu si Sora punya energi erotis berasal dari H manga. Bagi kalian yang merasa “Kenapa kok pendek banget development karakter Momoka, Shirayuki dan Sora?”, hal ini dikarenakan staf bakal merilis tiga episode OVA yang masing-masing menjelaskan kedalaman karakter ketiga heroine tersebut. Tiga episode ini bakal dirilis bebarengan dengan vol. 11 manga-nya.

Tak lupa juga saya mengapresiasi komite produksinya karena memilih seiyuu wanita senior untuk villain di serial ini. Dari Inoue Kikuko, Itou Shizuka, Ryouza Yuzuki, Kaori Nazuka, dan Asami Imai, serta siapakah giliran berikutnya? Semoga Yui Horie, Yukari Tamura, atau Mai Kadowaki juga nongol di episode berikutnya.

Maou Gakuin no Futekigousha 04

Kaczmarek

Budgetnya udah kesebar dimana-mana. Detail sihir, visual, dan animasinya sudah melampaui dari perkiraan saya. Penggunaan Gyze kepada Sasha dan Misha oleh Anos jadi titik balik nasib keduanya. Dengan ini misteri masih menyelimuti isi kepala Anos, meskipun sudah menyucikan Ivis kembali seperti semula. Lalu, siapakah dalang dari keanehan ini? Mengesampingkan hal itu, Anos selalu ngajak makan bareng Misha dan Sasha ke rumahnya. Perut kosong tak bisa bohong.

Tolong jangan paksa saya untuk mengutip kalimat yang diucapkan Anos saat dibunuh Ivis. You already know the reference.

BlueHeaven

Now that’s how you show the real story. Akhirnya, setelah menghabiskan 4 episode keluar juga itu penyelesaian tahap pertama. Barulah anime ini menunjukan seberapa layak untuk bersaing dengan anime lain di musim panas ini yang seru-seru. Dat opening tho, Anos saking OPnya nyanyi sendiri XD.

Re:Zero S2 03

BlueHeaven

Makanya saya bilang Echidna itu menarik. Percakapan pertama dengan Subaru aja sudah ngelawak. Tapi begonya Subaru mengabaikan kunci dari segala permasalahannya yang sudah di depan mata. Yah kalau ga gini mana bisa dikatain salah satu arc terpanjang.

Yah puas-puasin dah soalnya darknya masih disimpen. Re:Zero kembali lagi tampil tanpa pusing budget, full satu episode tanpa animasi OP/ED. High appreciation for the production team, benar-benar terasa totalitasnya.

Oregairu Kan 03

BlueHeaven

Kesampingkan pengetahuan saya tentang cerita LN, di titik sini seharusnya kalian bisa sadar, meski ada development antara Yukino dan Hachiman (Yui jangan ditanya, dianya sendiri gamau berubah) tapi mereka itu semuanya stagnan. Disinilah peran Iroha benar-benar dibutuhkan. Walau saya ga suka sama kemunculannya yang ngeselin seakan merusak holy trinity, Irohalah yang sekarang menggerakan cerita di Oregairu sekarang ini.

Disisi lain peran Komachi dan Shizuka mulai berkurang karena mereka sudah masuk ke tahap selanjutnya. I mean, you did notice kardus pindahan sensei kan? Komachi juga sudah fix lulus.

Iroha sebagai motor utama cerita saat ini, mengangkat kembali istilah imouto (adik perempuan) yang jelas itu bukan mengarah ke Komachi dan seharusnya bukan dirinya. Hayama dan Haruno juga sudah cukup memberi clue pada penonton kalau yang dimaksud adalah Yukino. Hachiman ini terlalu bertingkah sebagai guardiannya Yukino. Keduanya pun saling ketergantungan. Disini Hachiman selalu mencoba menolong Yukino, Yukino mencoba mengaplikasikan gaya Hachiman dalam menolong.

Cuaca di luar sana sungguh cerah setelah 2 opening sebelumnya terlihat salju turun. Well, bentar lagi bakal ada badai sih ketika kamu melihat 2 oni (setan) di preview next episode. Perlu saya bahas soal Yui? Udah kepanjangan ini, yang jelas kalian bisa lihat yang dandanannya kek **** puas-puasin dah soalnya bakal adegan “Kumenangis.. yeah you know the lyrics.

Lapis: Re:LiGHTs 04

BlueHeaven

Kalau mau dibilang filler, sebenarnya bagi saya semua hal seperti ini di CGDCT adalah bagian dari cerita. Story wise ini udah klasik sih formulanya. Yah jelas anime ini sangat menjaga kualitas dalam menggambar ekspresi karakter. Anyway, melihat Kaede membuat rasa ingin melindungi saya naik.

SAO-A: War of Underworld S2 03

BlueHeaven

Semua villain dah buka kartu, minggu depan bakal ngebahas si pengkhianat yang membuat kode terkutuk bagi warga underworld.

Chainsaw Man 77

CTian

Tatsuki Fujimoto-sensei ndak pernah bikin saya kecewa, dua bab terbaru ini menurut saya benar-benar gila dan jenius sih. Mulai dari penggambaran manga yang dia bikin, sampai kisahnya yang menurut saya emosional sekali. Tapi saya bahas bab 77 dulu yak minggu ini, karena WSJ nanti ada break 1 minggu, jadi belum ada Chainsaw Man bab 79 untuk dibahas. Jadi sekarang bahas bab 77 dulu minggu depan baru 78 biar ndak kosong. Dan saya yakin, pembahasan bab 77 ini saja menurut saya sudah cukup untuk menunjukkan betapa luar biasa gila dan jeniusnya manga ini

Mulai dari judulnya dulu deh, judulnya itu ‘Ring Ring Ring’, suara dari pintu apartemen Denji dkk. Tidak merasa asing dengan judulnya? Judul seperti ini sebenarnya sudah dipakai di Chainsaw Man, di arc Bomb Devil di mana Reze pertama kali mengamuk dengan wujud Bomb Devilnya. Flashback judul kayak gini saja sudah cukup membuat saya merinding waktu baca. Karena kita tahu, waktu itu bab dengan judul seperti ini dibikin berakhir f*ck up banget.

Lalu dieksekusi dengan jenius juga. Manga ini benar-benar menggambarkan betapa berisik momen di awal bab ini. That SFX yang di-spam selama orang di balik pintu itu memencet bel pintu apartemen Denji dkk, terus Power yang sampai kebangun dari tidurnya. Itu menurut saya jenius banget untuk gambaran manga yang kelihatannya simpel.

Denji juga benar-benar digambarkan ketakutan, pakai banget. Momen di mana dia ndak mau buka pintu dan lebih milih angkat telepon yang baru masuk. Terus momen dia ketakutan karena Makima di telepon bilang itu Gun Fiend yang ada di balik pintunya. Lalu senyum pahitnya Denji yang hilang waktu Power bilang kalau itu bapak mereka tercinta Aki yang ada di balik pintu.

Ngebahas momen flashback lagi, saya suka banget dialog Makima yang bilang, “Kali ini, jangan berpikir apapun selama engkau bertarung.” kalimat itu ndak asing sebenarnya, bukan kali pertama Denji dengar kalimat itu. “Ignorance is a bliss”, yes, kalimat yang diucapkan Makima itu kalimat sama yang juga dikasih Quan Xi ke Denji. Foreshadowing-nya Quan Xi ternyata disampaikan untuk membangun momen ini. Saya yakin Quan Xi sebenarnya bisa jadi karakter mentor sebaik Kishibe kalau dia mau balik lagi ke organisasi.

Balik lagi ke momen di mana Denji ketakutan, setelah itu Power nanya apakah yang di balik pintu itu benar Aki, suara belnya berhenti. Hening, bahkan halaman setelahnya cuman gambar saja, menyorot ke pintu, pakaian mereka yang sudah dilipat, ke cucian piring, ke Meowy, terus ke Denji yang benar-benar terdiam. Serius, di situ merinding banget saya. Suasana yang tadinya berisik banget berakhir hening seperti itu.

Ternyata benar, bab ini f*ck up banget. Denji panik nyuruh Power bawa Meowy keluar apartemen dari balkon, terus Denji yang kelihatan ndak terima kenyataan kalau yang di balik pintu itu Gun Fiend. Ini, ini momen favorit saya di bab 77. Kalau kamu baca manga ini, mau di media manapun, (kecuali yang bacanya vertikal naik turun sih) halaman 9 itu pasti ada di sebelah kiri. Yang berarti halaman 10 itu ada di lembar selanjutnya, di mana pembaca harus membalik kertasnya atau meng-swipe kalau baca di hp dan iPad untuk melihat halaman 9. Momen ini dibuat sama dengan Denji yang buka pintu dan melihat apa yang ada di balik pintu itu! And boom! Kita dikasih satu halaman penuh dari Gun Fiend yang mirip seperti Aki. Maaf nih sebelumnya, saya mau teriak… JUJUR PENGGAMBARAN INI JENIUS BANGET!!! TATSUKI FUJIMOTO SENSEI BENAR-BENAR MEMAKSIMALKAN MEDIA YANG DIA PAKAI LHO!

Denji pun mau ndak mau menerima kenyataan kalau itu beneran Gun Fiend. Tapi dia dibuat lebih kaget lagi karena Gun Fiend tahu nama Denji, ditambah dengan gambar Aki kecil dan dirinya di putihnya hutan bersalju. Aki kecil bertemu Denji di situ, dan perang bola salju pun dimulai! DUAAARRR! Flexing lagi lah itu Tatsuki Fujimoto-sensei dengan spread page yang gokill banget. Gambar yang saya jadikan gambar di Spotlight ini. Saya sampai ngomongin spread page ini lho sama salah satu sepuh di JOI. Katanya panel ini “sinematis sama extraordinary sekali”, bahkan dia jadikan wallpaper iPad-nya! Juga dia komen betapa cocoknya manga ini dengan media digital dibandingkan cetak. Ini saya bahas lain kali aja ya, di Manga Spotlight Chainsaw Man atau mungkin di kesempatan lain saya ngebahas manga ini.

Power pun ketakutan melihat apartemennya hancur, dan dia konfirmasi kalau bau yang dia cium dari balik pintu memang Aki. Sama dengan Denji, Power juga ndak mau terima kenyataan kalau yang dia cium itu bau bapaknya tercinta Aki. The madness starts and this chapter ends here. Ditutup dengan salah satu adegan paling menyakitkan hati selama saya baca Chainsaw Man. “The family photograph”, mereka semua ada di satu halaman, bahkan Meowy pun di situ. Tapi bukan begini frame keluarga yang saya inginkan. Jujur, Chainsaw Man ndak pernah gagal bikin klimaks, bahkan antiklimaks-nya pun juga surprisingly good juga.

Kantai Collection

Kaczmarek

E-4 sudah masuk fase terakhir. Progres lambat karena ISP makin gak bersahabat ditengah WFH gini. Terpaksa drop ke Easy karena Zuihou malah kepake duluan di E-2, namun saya berniatan menghabisi sisa map di Medium demi rewards. Tak lupa juga saya kudu faring demi Jingei tersayang.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Hal terbaik di minggu ini adalah bisa E2 Mostima. That’s it. You guys read it? That’s it. Ah enggak, ada satu hal yang kudu lakuin selain balikin stok mats dan LMD yang cukup ludes, yaitu dengan menyimpan sebanyak mungkin orundum demi Bagpipe. Nian? Paling nyoba dikit aja sih.

Girls Frontline

Kaptain

Bukan buat pamer. Cuma ngasih tau aja kalau ini hasil dari blind run di normal difficulty jadi ngedapetin Fairy tuh pretty doable. Secara efektif dah selesai main Isomer melihat limited juga udah dapet semua, dupe HS2000 & P22 juga bisa gampang dapetnya. Untuk yang belum liat, prekuelnya itu roguelike autochess sementara untuk sekuelnya sih emang belom ada video gameplay, tapi pada bilangnya sih Anime XCOM, yang merupakan format ideal saya.

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Cuma buang tiket buat CE tambahan, but sure I guess. Masih ga ngerti ini mau gimana pakenya ngeliat walopun saya bisa double skadi ujung-ujungnya Kintoki juga punya Output yang lebih bagus. Ini juga lagi ga ada duit buat skill level berhubung QP abis buat ngebenerin para quick looper.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Masuk Agustus kita sudah sampai di pertengahan musim, yang semoga saja para staf produksi sudah bisa aman dari penundaan tayang.

Header: Pochi