Mieko Hirota, Penyanyi Anisong Klasik Jungle Taitei Tutup Usia

July 28, 2020 10:35 am
Mieko Hirota, Penyanyi Anisong Klasik Jungle Taitei Tutup Usia

Berita duka datang dari ranah hiburan Jepang pada hari Senin kemarin (27/07). Mieko Hirota, penyanyi lagu tema dari anime legendaris “Jungle Taitei“/”Kimba the White Lion” dikabarkan telah meninggal dunia pada 21 Juli 2020 pukul 22:31 waktu Jepang. Berita duka ini dikonfirmasi dari publikasi blog resmi milik sang penyanyi. Mendiang meninggal dunia di usia 73 tahun.

Pernyataan dari agensi talenta Nippon Columbia:

Penyanyi dari agensi kami, Mieko Hirota telah menghembuskan nafas terakhirnya pada 21 Juli 2020. Kami sangat berterima kasih kepada semua orang yang telah mendukung mendiang selama ini.

Pada hari Senin, 20 Juli, mendiang mengalami kehilangan kesadaran di kediamannya di Prefektur Chiba dan dilarikan ke rumah sakit di prefektur yang sama. Namun pada Selasa, 21 Juli, mendiang telah dipulangkan ke kediamannya setelah meninggal dunia dikarenakan kegagalan jantung pada pukul 22:31. Mendiang telah berusia 73 tahun.

Sehari sebelum kehilangan kesadaran, mendiang masih terlihat baik-baik saja. Informasi tambahan, kami ingin melaporkan bahwa proses pemakaman telah dilakukan oleh kerabat dari keluarga mendiang pada 26 Juli lalu dengan pertimbangan di tengah situasi saat ini.

Mohon dicatat bahwa atas keinginan keluarga yang berduka, kami akan menolak segala dupa dan bunga untuk persembahan. Sebagai tambahan, dikarenakan situasi saat ini kami tengah mempertimbangkan sebuah upacara perpisahan.

Kitagawa Sounds Co,. Ltd.
Nippon Columbia Co,. Ltd.

Mieko Hirota

© NIPPON COLUMBIA

Mieko Hirota atau juga akrab dipanggil Mico (Miko) lahir di Setagaya, Prefektur Metropolis Tokyo pada 5 Februari 1947. Sejak sekolah dasar, mendiang sudah masuk ke sekolah seiyuu Group Komadori. Di tahun 1961, Mieko menjalani debutnya sebagai penyanyi setelah meng-cover lagu dari Helen Shapiro berjudul “Don’t Treat Me Like a Child“. Di bawah label EMI Music Japan (dahulu bernama Toshiba EMI), mendiang merilis single pertama berjudul “Nebusoku nano” pada Juni 1962.

Mieko Hirota kemudian berpindah label menjadi Nippon Columbia pada awal tahun 1965. Di bawah label terbarunya, mendiang membawakan lagu anisong pertamanya. Di tahun yang sama, mendiang membawakan tiga lagu tema sisipan dari serial anime dari kreator Osamu Tezuka, “Jungle Taitei“. Tiga lagu ini berjudul “Leo no Uta“, “Mama no Uta“, dan “Tamago no Akachan“. Mendiang juga tampil sebagai penyanyi Jazz dalam Newport Jazz Festival tahun 1965. Mieko juga membawakan lagu tema penutup berjudul “Vacation” untuk animeManga Shouwa Monogatari” di tahun 2010.

Banner: Ameblo

Sumber: Nippon Columbia, Ameblo