Komposer Musik Novel Visual Utawarerumono & White Album Tutup Usia

July 29, 2020 1:45 pm
Komposer Musik Novel Visual Utawarerumono & White Album Tutup Usia

Berita duka kembali datang dari Aquaplus. Michio Kinugasa, komposer dari trilogi novel visual “Utawarerumono” telah menghembuskan nafas terakhirnya. Berita ini diungkap oleh presiden Aquaplus, Naoya Shimokawa lewat akun Twitter miliknya. Ucapan bela sungkawa tak hentinya mengalir terutama dari rekan-rekan dari Aquaplus, FIX Records, Leaf dan juga para penggemar.

Twit dari Naoya Shimokawa:

“Secara mendadak, staf musik kami, Michio Kinugasa (nama asli: Susumu Mameda) telah meninggal dunia.

Saya sendiri belum dapat menerima kenyataan ini.

Banyak lagu produksi mendiang yang selalu diingat, dan saya tak dapat menceritakan karya-karya kami tanpa pencapaian dari mendiang.

Terima kasih atas 17 tahun ini. Doa saya memberkatimu”

Suara, penyanyi dari FIX Records yang juga sering membawakan lagu tema “Utawarerumono‘ ikut membuat twit terkait kepergian mendiang Michio Kinugasa:

“Mendiang telah membuat banyak lagu-lagu yang indah, dan saya selalu berpikir bahwa saya dapat bernyanyi lagi dari lagu-lagu yang dikarang oleh Kinugasa, sehingga saya merasa sangat kehilangan saat ini.

Dengan 15 tahun memori dan rasa terima kasih, saya akan tetap bernyanyi.”

Pesan simpatik juga dilayangkan banyak penggemar, terutama yang sudah lama mengikuti franchise buatan Aquaplus dan Leaf. Beberapa pesan dari para penggemar:

“Michio Kinugasa. Ada banyak lagu yang ia buat, namun dari semua itu saya sangat menyukai lagu latar belakangnya. Saya salah satu orang yang menyukai lagu dari novel visual To Heart 2. Terima kasih banyak.”

“Saya sangat menyukai musik dari Utawarerumono dan WHITE ALBUM2! Michio Kinugasa, saya mengharapkan yang terbaik untuk anda.”

“Saya selalu menyukai kolaborasi anda dengan Suara dalam proyek Utawarerumono. Saya mohon maaf jika saya belum sempat mendukung karya anda selama ini.”

Michio Kinugasa memulai karirnya sebagai komposer dalam proyek novel visual “Ikinari Happy Bell” karya Terios di tahun 2002. Mendiang pertama kali turun dalam proyek Aquaplus dengan menjadi komposer musik fandisk novel visual “Aruruu to Asobo!!” yang dirilis pada tahun 2004. Di tahun berikutnya, mendiang menjadi komposer lagu untuk porting novel visual “Utawarerumono” untuk PSP dan PlayStation 2. Bersama Aquaplus, mendiang juga terlibat dalam proyek novel visual lainnya seperti “To Heart 2“, “Tears to Tiara“, “Kusari“, “Kimi ga Yobu, Megiddo no Oka de“, “White Album 2“, “Utawarerumono: Itsuwari no Kamen“, dan “Utawarerumono: Futari no Hakuoro“.

Tak hanya proyek novel visual, Michio Kinugasa juga turun dalam proyek adaptasi anime seperti “To Heart 2“, “Comic Party Revolution“, dan “Utawarerumono: Itsuwari no Kamen“. Sebelum berpulang, mendiang bersama dengan Suara telah merilis single lagu tema game ponsel “Utawarerumono: Lost Frag” pada 27 November 2019. Salah satu lagu dari single tersebut, “Tenmei no Kugutsu” dapat kalian dengarkan langsung dalam video klip di bawah ini.

Kami segenap kru Jurnal Otaku Indonesia ikut berduka atas berpulangnya sang komposer yang sudah menghasilkan musik dan lagu-lagu yang akan selalu dikenang.

Sumber: Naoya Shimokawa, Esuteru, Bangumi