[JOI Spotlight] Bunny Day Edition

August 2, 2020 8:08 pm
[JOI Spotlight] Bunny Day Edition

Selamat datang di JOI Spotlight 2 Agustus yang dimandat sebagai Bunny Day oleh Netizen Jepang sana. Saya nggak bisa masang model Bunny Girl tertentu yang baru-baru ini populer karena berbagai alasan, jadi silakan nikmati model klasiknya dan impresi staf JOI di bawah.

Deca-Dence 04

Kaptain

Bisa bagus kok sebuah event game yang ngejamin pemainnya kalah, thats how FFXIV rise from the ashes of 1.0. Cuma ini event bakal ngehancurin mayoritas populasi manusia Deca-Dence dan satu-satunya cara Kabu bakal bisa nyelametin para Bug itu dengan menangin misi yang didesain buat gagal ini sekaligus mastiin manajemen seneng sama skenario baru yang bakal muncul.

Yakin banget Kurenai bakal mati sih. Nih orang punya kebanyakan koneksi berharga sama Natsume & Kabu. Jarang juga saya ngeliat seri tentang orang yang minta sang protagonis nyerah namun punya alasan yang valid banget buat ngatain hal ini.

MonIsha 03

Kaczmarek

What. In. The. Hell?? Maki Kawase kenapa suaranya bisa seberat itu hahahaha. Sebelum adaptasi anime-nya diumumkan, saya sudah demen sama Kunai karena desain karakternya. Yang buat saya makin demen disini justru suara Maki Kawase yang benar-benar cocok dengan cara bicaranya. Kemudian, Glenn ini yang tampak defenseless tapi dia juga orangnya kalem dan gak mudah kepancing emosinya. Malah saya berpikir Glenn ini memang menikmati pekerjaannya, walau tiap penanganan terhadap para monster selalu memiliki desahan terus. Hal yang membuatnya misterius ini membuat saya berekspektasi Glenn bakal ngebongkar preferensi pasangannya nanti. Lalu, Sapphe mengumumkan kehamilannya. What?

KanoKari 04

Kaczmarek

Hahahaha, saya sudah dibuat kesal oleh Kazuya lebih dari yang saya kira. Beruntungnya episode ini membuka progres terbaru dari pengembangan dirinya menjadi lebih “laki” lagi. Namun sayangnya, Chizuru masih harus berhubungan dengan mahasiswa itu karena neneknya. Berharap keduanya rehat pasca kedua nenek itu keluar dari RS.

Shokugeki no Souma: Gou no Sara 04-05

Kaczmarek

Jangan khawatir, disini saya mulai melihat keanehan pengembangan material “masak” di musim kelima ini. Saya disini lanjut nonton juga karena Lanterby dan nyari nafsu makan, bukan demi konten yang lebih “baik”.

Re:Zero S2 04

BlueHeaven

BRILLIANT! 29 menit tanpa opening, totalitas yang sungguh luar biasa. Kalian bisa rasakan bagaimana perasaan orang tua dan anak, meski ini bukan kejadian nyata namun rekonsiliasi akhirnya terjadi. Sosok Subaru yang dikenal simp dan memang simp akhirnya bisa lebih dikenal dan dihargai berkat episode ini. Double hit from Dad and Mom got you hard, huh? I mean the cry.

Oregairu Kan 04

She’s holding her tears. Putri es kita masih bertahan.

BlueHeaven

Kalau minggu kemarin saya sudah jelaskan namun belum sepenuhnya, biar saya jabarkan lebih panjang lagi mengenai pandangan saya terhadap episode ini.

Ini episodenya Yui. 

Sosok Yui begitu kuat di episode ini terlihat jelas dari ending yang dinyanyikan ballade oleh Nao Touyama. Tentu saja tangisan wanita seperti ini akan mendapat simpati dari para penonton. Untuk scene nangisnya bolehlah kita apresiasi atas adaptasi yang bagus.

Namun ada lubang yang jelas oleh fans Oregairu yang sudah mengikuti LN maupun manga. Karakter Hachiman begitu diperlemah dengan skip monolog yang menimbulkan salah pandangan yang fatal untuk penonton animenya saja. Begitu lemah, yah memang Hachiman tidak sepenuhnya kuat namun Hachiman diperlihatkan mendekati karakter protagonis harem mainstream padahal nyatanya tidak. Ini yang saya benar-benar tidak suka, dan menganggap Feel gagal mengadaptasi animenya sampai di point ini.

Monolog Hachiman yang diskip disini menolak istilah ketergantungan yang disampaikan Haruno. Hachiman juga mempertegas perasaannya kepada Yukino dalam scene telponan dengan Hiratsuka-sensei. Inilah alasan mengapa Yui menangis dan melepas Hachiman. 

Yui sama sekali tidak memiliki kesempatan untuk mendapat Hachiman. Yui sebenarnya bukan gadis bodoh sesuai perkataan dan tingkah lakunya selama ini. Dia mencoba menjadi good girl, membaca situasi begitu pintar dan mendapat pengakuan dari Haruno (diskip di episode ini). Dia bahkan sadar dirinya hanya menghambat dengan kelakuan maksanya.

Well sekarang ‘hangi’ sudah dilepas, cerita pun bisa maju kedepan. Minggu depan adalah babak baru, sebuah pentas terakhir untuk Hiratsuka. Meski saya sudah bilang Hiratsuka sudah hampir habis waktunya, bukan berarti impactnya berkurang. Lebih jelasnya kalian bisa melihat episode minggu depan, sebuah titik balik akan dilakukan oleh 8man kita untuk masalah prom ini.

Btw, bukan cuma Yui yang punya ballade, Yukino juga ada kok nantikan saja tanggal mainnya.

*hangi: batu penahan ban mobil yang biasa dipakai untuk parkir.

Appare-Ranman! 05

Kaptain

Penjelasan aturan main, you guys read Steel Ball Run jadi nggak perlu dijelasin lagi sama saya dan ini gimana caranya ada presentasi 3D di awal abad 19 ini. Menariknya, Appare bilang kalau untuk sekarang mobil perlu tenaga uap, jadi dengan nyukil spare-part kontestan lain dia bakal dapet mid-race upgrade, dan tim butuh banget neglakuin hal ini melihat pas masuk daerah mid-west dijamin mesin mereka ga kuat lagi.

Saya tahu di cerita kayak gini TJ nggak akan menang, but man the big dick energy of this dude. Sejauh ini kita punya masa lalu para Outlaw buat B Plot, dan saya pesimis para Outlaw bakal keluar dari balapan ini hidup-hidup,

Strike the Blood IV 03-04

Kaczmarek

Akhirnya volume kedua dirilis Rabu kemarin, dan paket sudah datang ke kediaman. Dua episode ini penuh kelucuan, gak salah ada penundaan rilis kemarin. Namun secara keseluruhan, saya mengerti staf harus mempercepat tempo cerita dikarenakan materialnya yang masih membludak. Mungkin vol. 18 novelnya bakal dijadikan OVA lagi karena memang ada bagian filler disitu. Oiya, untuk episode ke-3 ini staf sengaja memanjangkan durasi hingga 30 menit demi meng-cover seluruh arc Palladin. Kemudian normal kembali menjadi 24 menit di episode berikutnya.

Saya baru ingat si Kasuko masih umur 14 tahun saat tertidur, dan sekarang 20. Tapi keadaannya sekarang 6 tahun berlalu, dan ia tidak menunjukan gejala pertumbuhan. Jadi, Kasuko menjadi bagian dari harem Kojou yang paling tua!? Also, ini Kojou ngapa ngitung Astarte sama Glenda juga dah, dasar penggemar comic lo.

Di episode keempat kita masuk Domain War Arc, dan disini mulai makin memusingkan dari sebelumnya. Masih berkaitan dengan The Blood dari arc sebelumnya, kali ini turnamen peperangan ini bikin saya bingung karena M.A.R. nongol dan identitas satuan ini masih rahasia. Satu hal yang mengganggu di episode ini adalah Kanase Kanon yang tampak mencurigakan dari sisi normalnya. Apa ada kaitannya juga dengan Kerajaan Aldegyrnya La Folia? Kazugaya? Ngomong-ngomong, Yume nongol lagi! Ini udah paket lengkap ada Tane, Naobou, AsaSeto, Hidaka-chan, + Aizawa. Ditutup dengan Kojou kelar mandi dan posisinya kayak gambar diatas, mari menunggu hingga akhir Oktober nanti.

Maou Gakuin no Futekigousha 05

Kaczmarek

So basically, those are Anos fanclub. More like, Anos wet doujin circle. Saat Sasha melihat album gambar dan foto “hot” Anos, saya yakin dia bakal meminta album itu dari klub basah tersebut. Lay Glanzudlii akhirnya nongol, dan tentunya seperti awal bagian episode ini, ia adalah reinkarnasi dari Yuusha Kanon dari 2000 tahun yang lalu. Saya baru tahu “indirect kiss” sekarang berlaku pada oksigen yang dihirup bersamaan dalam satu ruangan. Minggu depan kita turnamen btw.

BlueHeaven

Ceritanya semakin menarik. Meski ada peningkatan tetap saja saya menemukan banyak miss. Otak manusia tidak semuanya bisa mencerna pace secepat ini. Jelas, mayoritas sihir disini minim penjelasan, yang penting show gelut aja. Tidak terlihat batasan yang pas dalam story builiding ini meski Anos sudah mengungkit batasannya sendiri.

Satu lagi, adegan castle golem (bisa saya sebut seperti itu) terpental benar-benar kesalahan. Padahal sebelumnya mereka berhasil menggambarkan golem yang sudah hancur sebagian di bagian samping, namun saat mental kok jadi utuh lagi. Kemudian beberapa detik selanjutnya diperlihatkan hancur seutuhnya, padahal jatuhnya mayan enak. Agak risih pas nontonnya dibagian ini sih.

Dokyuu Hentai HxEros 05

Kaczmarek

Woy, siapa yang ngundang Kana Ueda juga ke seri ini!? Eh bukan, ternyata Megumi Toyoguchi dan Aya Suzaki. Seperti yang bilang di spotlight sebelumnya, seberapa banyak seiyuu veteran yang bakal direkrut untuk proyek ini? Ada satu Kiseichuu lagi yang belom nongol dan disuarakan oleh Tamura Yukari, the woman mountain herself. Sekarang kita kedatangan Chacha, namun yang ini bukan nyuci, masak, atau tidur sendiri. Perannya bakal kayak Runba, namun bisa merubah diri menjadi orang lain. Chacha juga beruntung karena menjadi perempuan (secara teknis) yang memegang perangkat keras Enjou secara langsung.

Peter Grill to Kenja no Jikan 05

Kaczmarek

Nangis untuk Peter. Best moment destroyed by that elf’s blackmail. Ini gak bakal berakhir sayangnya, dan berikutnya makin hardcore.

Toaru Kagaku no Railgun T 17

Kaczmarek

Miyama terlalu sering menggunakan kekuatannya pasti membutuhkan modal besar, bahkan sampai anemia seperti itu. Untuk seorang bocah SD, ia masih bisa tenang akan reaksi orang lain. Kekuatannya jika dikombinasikan dengan Kuroko justru dapat mencegah hal-hal buruk terjadi, namun untuk mencegah ambruknya Miyama masih sangat sulit. Kasus Perro udah terselesaikan, sehingga ini menjadi penutup yang nyaman untuk membuka kasus baru. Berharap Miyama bakal gabung Judgement setelah umurnya cukup nanti. Selanjutnya, “Bust Upper”! Misaka pasti gak suka dengan judul ini.

Lapis Re:LiGHTs 05

BlueHeaven

Saya kira karakter lain selain 5 karakter utama bakal cuma sekali tampil trus jadi cameo mengingat banyaknya karakter disini. Ternyata studio produksi tidak menyia-yiakan resource dan tetap konsisten sampai episode 5 menampilkan lebih dari 10 karakter dengan sangat baik. Semua dapat bagian dan jatah, sangat fun untuk ditonton.

SAO-A: War of Underworld S2 04

BlueHeaven

SAO Alicization ini disajikan dengan pace yang sangat lambat sebenarnya, namun rasanya seperti kita dipacu seperti di jalan tol. Sepanjang episode ini, progressnya gak worth untuk 20-an menit episode. Ada 5 event yang ditunjukan: perang player China-Korea dengan pasukan Asuna, Subtilizer vs Sinon, Yanai dan Higa, Kikuoka yang menyadari kejanggalan, serta Suguha yang datang menolong kedua pasangan yang diambang kematian. Saya mengerti sulit untuk menampilkan semuanya dalam satu episode, namun rasanya kurangnya fokus terhadap salah satu cerita membuat cita rasa slow pace benar-benar hilang. Minggu depan kita langsung dihadapkan dengan Kirito yang harusnya tidak AFK lagi, semoga ga berasa kaget walau dia sudah lama AFKnya.

Goblin Slayer: Goblin’s Crown

BlueHeaven

Film yang bagus untuk nostalgia melihat GS kembali beraksi. Ga terlalu wah untuk kualitas movie, actionnya juga normal tier. Yang penting bisa lihat kebrutalan goblin serta GS tentunya.

Chainsaw Man 78

Denji goes to Naruto run!!! /plak!~

CTian

Oh sh*t, here we go again. The train feels incoming! CHU CHU!!! 

Another massacre dari Gun Devil, kali ini tapi melalui Gun Fiend yang menggunakan jasadnya Aki. Aki sepertinya masih mempunyai kesadaran walau ada dalam dunia ilusi. Dia bisa ngelihat Denji lho, juga Power. Dia bahkan juga bisa melihat orang-orang di sekitarnya, walau dia menganggap orang-orang itu mau bermain lempar bola salju dengan dia.

Ngomong-ngomong main lempar bola salju, itulah judul bab ini, “Snowball Fight”. Bro… Perang bola salju ini sudah jadi bagian hidupnya Aki, bahkan sampai dia mati. Dia kan tinggal di Hokkaido dulu yak, jadi dia sama salju tuh benar-benar ndak terpisahkan. Terus saya jadi teringat adegan Denji dkt (dan keluarga tersayang) ke Hokkaido, di situ Denji sama Power ngelemparin bola salju ke Aki… Ah sudahlah… Another foreshadowing… Yang bikin sakit hati.

Saya suka banget adegan Aki dalam ilusinya ini, benar-benar dieksekusi dengan bagus. Di dunia yang dia lihat, dia bagaikan main perang bola salju dengan Denji. Tapi di dunia nyata, sebenarnya dia ngenembak mentah-mentah peluru Denji dengan kekuatan Gun Devil. Juga misal Denji nyerang Aki, di dunia Aki dia hanya seperti dilempar bola salju sama Denji. Boi… that’s hurt

Terus juga Denji benar-benar kelihatan broken sih di bab ini. Denji ndak terima kalau dia ngelihat orang yang sebenarnya ndak akan ngebunuh orang, malah ngelakuin hal itu di depan matanya. That scene waktu dia lihat kekacuan yang Aki buat dari lobang di tembok… Damnn!! :’ Denji bahkan sampai nyebutin nama lengkap Aki untuk ngebangunin Aki, walau dia sendiri juga ndak tahu apakah Aki masih benar ada di sana.

Sumpah bab ini benar-benar jenius dalam pembuatan manga, juga emosional dalam perkembangan karakter. Adegan ilusinya dan dunia aslinya yang dibuat bertolak belakang sekali, lalu dialognya Aki tentang hidupnya yang mulai menyenangkan. Sakit bro, literally sick banget. Kebahagiaan yang Aki dapat pun hanya dia dapatkan dari ilusi. Berharap lebih di perkembangan karakter ini, tapi saya yakin death flag Aki kemarin bakal beneran kejadian.

Untuk minggu depan saya sepertinya bakal bahas banyak. Ndak hanya bahas bab besok, saya juga bakal bahas informasi terbaru seputar manga Chainsaw Man. Btw, saya sudah lihat bocoran colored page-nya untuk edisi besok sih… Dah lah, bahas minggu depan aja. Juga, bakal bahas perilisan jilid ke-8 Chainsaw Man! Nantikan yak!

Girls Frontline

Kaptain

Ini VSK laku banget. Apa karena ini pas musim animenya jadi sang super Uzaki ini jadi ketopang popularitasnya? Saatnya bilang selamat tinggal buat Isomer, though saya yakin hari ini bakal geser banyak nilai rankingnya. Bisa santai dulu main stage awal Theater dan Core 8 harusnya lebih gampang sekarang.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Gak dapet Nian setelah 40 kali roll. Yaudah tabung aja lagi ini. Tak lupa juga beli skinnya Chen yang membuatnya makin menarik dipandang.

Kantai Collection

Kaczmarek

E-4 done, sekarang resocolle sambil nunggu FF. CG summer juga udah rilis, dan kenapa Ariake menggoda banget duh. Udah pake sarashi di CG base, sekarang pake model begitu. Saya gak mau ngomentarin CG-nya Maestrale yang dibuat Jiji. Ya, gaperlu banyak komentar karena yang gambar “Jiji”.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Sebenernya saya masih berharap ada seri yang bisa balik walaupun kita sudah dekat tengah musim, tapi ya saya nrimo aja deh melihat gelombang kedua pandemi lagi mulai jalan.

Header: Pochi