[Manga Spotlight] Gokushufudo – The Way of Househusband (Jilid 1)

August 3, 2020 10:52 am
[Manga Spotlight] Gokushufudo – The Way of Househusband (Jilid 1)

Hei semua nama saya CTian HD, terima kasih kamu telah mau menyempatkan waktunya, untuk membaca bahasan manga dari saya… di Manga Spotlight *dummm*. ORAA! Tanpa bosannya saya akan ngomong, ketemu lagi kita di Manga Spotlight!~ Kali ini saya akan membahas salah satu manga yang bisa dibilang populer di internet, Gokushufudo – The Way of Househusband!

Berjudul asli Gokushufudo, manga ini dikarang dan digambar oleh Kousuke Oono. Manga ini diserialisasikan secara digital di Kurage Bunch milik penerbit Shinchosa, dan dirilis pertama kali pada 23 Februari 2018. Di Jepang, manga ini sudah diterbitkan hingga 5 jilid, dan statusnya masih bersambung.

JELAS SUDAH TERBITKAN DI INDONESIA, OORAAA!!! Telah diterbitkan di Indonesia oleh penerbit Elex Media. Jilid pertamanya dirilis pada 5 Agustus 2020, manga ini diterbitkan di imprint Level Comics (komik dewasa Elex Media). Manga ini diterbitkan dengan kertas bookpaper dan dijual dengan harga 40.000 Rupiah (harga Pulau Jawa).

Berikut sinopsis Gokushufudo – The Way of Househusband dari Elex Media :

Alkisah, ada seorang yakuza yang dijuluki Immortal Tatsu, Sang Naga yang Tak Bisa Mati. Dialah yakuza
terkuat yang pernah ada dan melahirkan berbagai legenda. Tapi suatu hari, dia menghilang begitu saja
dari dunia hitam… Dia memilih jalan hidup baru, yaitu menjadi seorang bapak rumah tangga!

Populer di Internet

Bisa dibilang Gokushufudo – The Way of Househusband besar dan populer di internet. Apalagi kan serialisasinya juga di majalah manga digital. Setiap kali bab terbaru diunggah, pasti ada saja yang yang bahas manga ini di timeline sosial media saya. Tidak hanya ramai di internet, manga ini juga ternyata populer di Jepang. Per Juni 2020, edisi tankoubun manga ini sudah tercetak total sebanyak 2 juta cetak!

Bahkan saat angka total cetaknya menembus 1.2 juta cetak, dibuat sebuah iklan promosi dalam bentuk live action. Tsuda Kenjiro, aktor dan pengisi suara kawakan ini memerankan Tatsu sang bapak rumah tangga dari manga ini di iklan tersebut. Sebelumnya dia juga yang mengisi suara Tatsu di iklan manganya. Berikut adalah videonya:’

Ngomong-ngomong live action, manga ini juga dikabarkan mendapatkan adaptasi seri live action oleh NTV. Tidak seperti iklan live action manganya, proyek ini dibintangi oleh Hiroshi Tamaki (Shinichi Chiaki di live-action Nodame Cantabile‘ , Matsushima dari live-action Ōoku, Michio Yūki dari MW) sebagai Tatsu. Tōichirō Rutō (Ossan Love) menyutradrai serial ini, dan Uda Manabu (99,9 -Keiji Senmon Bengōshi-) adalah salah satu penulis naskah acara tersebut. Seri live action ini direncanakan tayang mulai Oktober 2020.

Memenangkan Penghargaan Internasional

Bukan penghargaan nasional (Jepang), manga yang mengisahkan keseharian bapak rumah tangga pensiunan Yakuza ini bahkan memenangkan penghargaan di panggung internasional. Manga ini memenangkan Eisner Award tahun 2020. Eisner Award atau yang nama lengkapnya The Will Eisner Comic Industry Award, adalah sebuah penghargaan untuk artis komik yang pertama kali diadakan pada tahun 1988. Diumumkan pada event digital San Diego Comic Con @ Home, manga ini memenangkan nominasi komik publikasi humor terbaik.

Kousuke Oono melaui Twitter-nya mengucapkan terima kasih kepada pembaca internasional atas penghargaan ini. Juga membuat ilustrasi untuk ucapan terima kasih tersebut yang dibagikan di tweet tersebut. Manga ini memang sudah diterbitkan dengan bahasa Inggris oleh VIZ Media di imprint VIZ Signature sejak 17 September 2019.

Sebuah Kisah Keseharian Bapak Rumah Tanga Yang Unik

Saya pikir cukup tentang pengenalan manga ini dengan kepopulerannya dan kualitasnya yang sudah diakui dunia, sekarang mari masuk ke testimoni saya~ Saya pikir awalnya ini manga tentang bapak-bapak yang sangar, eh tahunya malah disajikan cerita tentang bapak-bapak keibuan… Yang sangar juga sih tapi. Iya, keibuan, bayangin saja, bapak-bapak mana yang mau jalan-jalan pakai apron bergambar~ Bapak-bapak jalan pakai apron saja sudah jarang, ini malah gambar yang kesannya imut sekali. Bayangin saja dulu, habis itu baca!~

Review Gokushufudo

Tapi, ya dia masih sangat sangar dengan codetnya itu, kacamata hitam (kecoklatannya), tato naga besar di punggungnya dan mukanya yang memang ala-ala preman Jepang itu. Baca komiknya saja saya sudah ngebayangin betapa sangarnya sang pensiunan Yakuza ini. Apalagi dengar suaranya yang di iklan manganya diperankan oleh Tsuda Kenjiro. Sangar tapi keibuan yak… Saya ngelihat dia berada di antara ibu-ibu yang mau kursus masak saja udah bisa bikin saya ngakak.

Fisik dan sikapnya yang bertolak belakang itu yang membuat keseharian Tatsu ini sangatlah unik. Keseharian bapak/ibu rumah tangga yang tadinya biasa-biasa saja, dibuat menjadi sangat jenaka karena Tatsu ini. Seperti misalnya dititipkan anak oleh tetangga, didatangi sales yang datang ke rumah untuk menawarkan produk, dan belanja bulanan biasa, semua hal yang biasa dilalui bapak/ibu rumah tangga ini dibuat menjadi unik nan kocak oleh pensiunan Yakuza satu ini.

Suami-Suami Takut Istri?

Karena namanya bapak rumah tangga, tentunya dia punya istri dong. Istri dia sebenarnya bisa dibilang orang normal, tidak seperti Tacchan, yang merupakan pensiunan Yakuza. Ah ya, Tacchan itu panggilan sayangnya Miku, sang istri kepada Tatsu. Miku adalah seorang wanita karir yang mempunyai karir yang baik. Juga merupakan seorang “penggiat hobi” lho~ Dan bisa dibilang dia adalah alasan Tatsu tobat dari pekerjaan di dunia hitam itu.

Lho, jadi ini cerita suami-suami takut istri nih? Bisa dibilang bukan takut sih, tapi suami-suami sayang istri!~ Di jilid pertama ini memang diberitahukan alasan Tatsu berhenti menjadi Yakuza. Karena dia ingin melindungi keluarganya dengan cara yang lain selain kekerasan. Yang saya pikir itu dia tujukan kepada Miku ini, keluarga barunya. Walau belum diceritakan dengan jelas kisah Miku dan Tatsu ini, namun sepertinya ada sesuatu di antara mereka saat Tatsu masih menjadi Yakuza. Misteri itu mari dikesampingkan dulu, sekarang saya cuma mau bilang, MEREKA LUCU BANGET KALAU LAGI BARENG!!!~

Ini Beneran Manga Slice of Life-Comedy!?

Pertanyaan terbesar saya selama baca kisah keseharian Tatsu ini, ini benar hanya manga kehidupan sehari-hari yang jenaka!? Gambarnya itu lho, terlalu kasar dan keras untuk seukuran manga tentang keseharian bapak rumah tangga. Dari halaman pertama saja sudah disuguhkan gambar punggung dengan tato naga yang besar sekali (gambar yang saya pakai di bahasan di atas)! Juga, adegan masak bekal saja dibuat menjadi suasana yang mencekam. Itu memotong telor goreng mukanya serius sekali, tolong! :’

Manga ini memang dikategorikan sebagai manga seinen (untuk pria dewasa). Awalnya saya pikir hanya karena manga ini mengisahkan tentang kehidupan bapak-bapak dan kehidupan orang dewasa. Ndak!!! Saya pikir ndak hanya karena itu. Manga ini benar-benar keras dan punya konten kekerasan!~ Bahkan manga ini menggunakan istilah polisi & yakuza, juga mempunyai karakter Yakuza di dalamnya. Ya bayangin saja, seorang legenda di dunia hitam pasti banyak lah musuhnya, interaksi antar mereka ini juga yang membuat kesehariannya ini menjadi kocak.

Review Gokushufudo

Uniknya, walau terdengar dan terlihat begitu keras, kesan imut dan family friendly manga ini juga masih ada~ Benar-benar unik, violence iya, bahkan menampilkan darah juga, tapi kok bisa kasih kesan imut yang wholesome dan juga kadang family friendly di saat yang sama. Tapi saya ndak menyarankan manga ini bisa dibaca semua umur yak. Untuk Indonesia manga ini dikategorikans sebagai manga untuk dewasa dan diterbitkan di imprint Level Comics.

Honoroble Mention: New Normal dari Elex Media

Karena manga Gokushufudo – The Way of Househusband ini merupakan manga salah satu manga baru Elex Media, manga ini jadi dikerjakan dengan standar baru dari redaksi komik Elex Media. Pada Februari 2020, editor komik Elex Media mengumumkan kalau mereka membuat standar kerja baru dalam penyuntingan manga. Di mana mereka meniadakan sebagian besar SFX (Sound Effect) bahasa Indonesia dan memakai lebih banyak SFX asli (bahasa Jepang). Hal ini mereka lakukan untuk mempercepat proses proof naik ke editor dan berusaha lebih menghargai karya seni (art) mangaka/pengarangnya. Sehingga kualitas gambar asli tetap terjaga bagus.

Gokushufudou

Standar baru itu diberlakukan di Gokushufudo – The Way of Househusband, dan saya perhatikan semua SFX yang tidak mempunyai balon kata, menggunakan SFX asli. Iya, itu SFX yang pakai huruf Jepang seperti gambar-gambar yang di atas masih ada di edisi bahasa Indonesia ini. Tentu masih ada terjemahan SFX-nya, mereka sertakan di samping SFX aslinya. Contohnya seperti manga yang ada di Manga Plus kalau kalian mau lihat. Tentu hal ini menurut saya lebih baik daripada harus diganti dengan translasi. Alasan saya kurang lebih sama dengan alasan Elex Media memberlakukan hal ini. Juga, rasa manga aslinya menurut saya jadi lebih berasa karena hal ini. Apalagi manga ini juga diterbitkan dengan bookpaper, jadi berasa megang dan membaca manga asli dari Jepang.

Pemilihan kata untuk manga ini juga dibuat dengan sangat baik. Penggunaan istilah-istilah yang disesuaikan, bahasanya, semua terjaga dengan baik di manga terbitan Elex Media ini. Untuk yang penasaran dengan editornya, manga ini dikerjakan oleh editor Hyasinta. Editor yang sama dengan manga Bakemonogatari, Sket Dance, Blood Lad, dan To The Abandoned Sacred Beast oleh Elex Media. Untuk mengetahui update-update seputar manga Elex Media dari editor manga dan light novel juga bisa kamu temukan di Twitter resmi editor komik Elex Media, @comic_lxlc.

Verdict: Manga Kehidupan Sehari-hari Unik nan Aneh yang Kocak

Konsep cerita Gokushufudo – The Way of Househusband sebenarnya hanya manga tentang kehidupan sehari-hari, tapi dibuat unik nan aneh yang kocak. Saya benar-benar takjub dengan kreatifitas Kousuke Oono dalam ide karakter-karakter yang dibuatnya untuk membuat seri ini sangat berkesan. Saya jadi ndak heran kenapa manga ini bisa memenangkan penghargaan komik internasional untuk komik humor terbaik. Karena humor yang ditampilkan ini unik, ‘bagaimana jika seorang pensiunan Yakuza menjadi bapak rumah tangga?’ Jujur dari situ saja sudah menimbulkan kesan yang kuat.

Review Gokushufudo

Karakter-karakternya juga dibuat dengan sangat baik. Karakter Tatsu sang pensiunan Yakuza ini benar-benar penuh jenaka, walau tidak dibuat menjadi karakter yang beneran niat ngelawak. Contohnya nih yak, dia bilang kekerasan tidak bisa memecahkan masalah, tapi di halaman selanjutnya dia malah beneran mecahin sesuatu dengan kekerasan. Ahh dahlah ndak usah dibayangin, langsung baca aja sana! Banyak juga karakter-karakter menarik lainnya di lingkungan Tatsu ini yang membuat kisah keseharian bapak rumah tangga ini sangatlah unik nan aneh dan kocak!

Sekian untuk Manga Spotlight kali ini ORAAA!!!~ Saya sangat rekomendasi kalau kamu suka manga dengan kumpulan cerita-cerita pendek tapi kocak. Juga kalau suka manga-manga aneh dan memeable. Untuk kamu yang merupakan bapak rumah tangga!? Boleh aja sih, tapi sehabis baca manga ini jangan jadi nonjok orang karena kesel yak /plak~ Manga Gokushufudo – The Way of Househusband terbitan Elex Media ini bisa kamu dapatkan di Gramedia & di toko buku daring maupun toko buku fisik lainnya.