Para Mangaka yang Mengharumkan Nama Prefektur Niigata

August 4, 2020 2:20 pm
Para Mangaka yang Mengharumkan Nama Prefektur Niigata

Prefektur Niigata merupakan prefektur terluas kelima di Jepang, yang posisinya berada di bagian barat Pulau Honshu. Prefektur ini juga memiliki kewenangan atas wilayah Pulau Sado yang berjarak kurang dari 70 km dari pantai Pulau Honshu. Bagi sebagian besar orang Jepang, Prefektur Niigata memiliki sebutan sebagai “Prefektur Mangaka“. Kenapa disebut dengan “Prefektur Mangaka?”

Stereotip Prefektur Niigata sebagai prefektur para mangaka terbentuk dari banyaknya mangaka populer yang berasal dari prefektur ini. Siapa saja mangaka yang berasal dari prefektur ini? Berikut beberapa mangaka tersebut:

1. One : One-Punch Man

One Punch Man

© One, Yusuke Murata, Shueisha

2. Shuichi Shigeno : Initial D

Initial D

© Shuichi Shigeno, Kodansha

3. Rumiko Takahashi : Ranma 1/2, Inuyasha, Maison Ikkoku

Ranma 1/2

© Rumiko Takahashi, Shogakukan

4. Motoei Shinzawa : Highschool! Kimen-gumi

High School! Kimengumi

© Motoei Shinzawa, Shueisha

5. Kiriko Nananan : Blue, Strawberry Shortcakes

Blue

© Kiriko Nananan, Magazine House

6. Nobuhiro Watsuki : Rurouni Kenshin

Rurouni Kenshin

© Nobuhiro Watsuki, Shueisha

7. Aka Akasaka : Kaguya-sama wa Kokurasetai, Oshi no Ko

Kaguya-sama wa Kokurasetai

© Aka Akasaka, Shueisha

8. Ushiki Yoshitaka : Yumekui Merry

Yumekui Merry

© Ushiki Yoshitaka, Houbunsha

9. RAN : Yoshibari ◇ Aubade

Yoshibari Aubade

© RAN, Media Factory, Kadokawa

10. Koyomi Minamori : Hajimari no Niina

Hajimari no Niina

© Koyomi Minamori, Hakusensha

11. Takeshi Obata : Bakuman, Death Note (Kolaborasi dengan Tsugumi Ohba)

Death Note

© Tsugumi Ohba, Takeshi Obata, Shueisha

12. Norio Tsukudani : Himegoto

Himegoto

© Norio Tsukudani, Ichijinsha

Daftar ini hanya sebagian kecil dari banyak mangaka yang tercatat berdomisili atau lahir di Prefektur Niigata. Adakah mangaka yang kalian kenali pada daftar tersebut? Sebagian besar mungkin sudah bisa mengenali karya-karya mereka, namun tidak semua mengenali nama mangaka-nya. Apakah dengan jumlah mangaka populer seperti di atas, membuat Prefektur Niigata bisa disebut dengan “Negerinya Mangaka” atau semacamnya? Tentu saja semua masih bergantung dari pengalaman masing-masing individu.

Tak hanya mangaka, banyak juga animator dan seiyuu yang berasal dari Prefektur Niigata. Beberapa Seiyuu ini seperti Hitomi Nabatame (Kazusa Touma dari White Album 2), Keiko Yokozawa (Dorami dari Doraemon), dan Daisuke Hirakawa (Itou Makoto dari School Days). Sementara itu, animator yang berasal dari Prefektur Niigata seperti mendiang Yoshifumi Kondou (Grave of the Frieflies), Kazuto Nakazawa (Zankyou no Terror), Kazuya Tsurumaki (Evangelion series), dan Hajime Watanabe (School Rumble).

Gataket

Gelaran Gataket menjaring lebih dari puluhan ribu pengunjung. Sumber: Life Coocan

Prefektur Niigata juga memiliki Comic Market mereka sendiri bernama Niigata Comic Market atau biasa disingkat Gataket. Gelaran Gataket pertama kali dilaksanakan pada Januari 1983 dan hingga kini digelar setiap dua bulan sekali. Gataket sendiri tidak berafiliasi dengan pengelola Comic Market (Comiket). Hampir sekitar 700-800 circle yang membuka stan dalam gelaran ini setiap dua bulannya dan dikunjungi lebih dari 50.000 pengunjung. Gataket telah menggelar acara ke-167nya pada 18 Januari 2020. Acara ini sempat absen sejak Maret 2020 karena lokasi acara Gataken, gedung Pusat Promosi Industri Kota Niigata harus direnovasi. Gataket ke-168 akan digelar pada 6 September 2020 dan menggunakan protokol COVID-19.

Namun dari itu semua, Prefektur Niigata juga memiliki kekayaan alam yang melimpah dan dengan keindahan topografinya. Selain dikenal sebagai “Prefektur Mangaka”, Niigata juga dikenal sebagai penghasil beras terbesar kedua di Jepang setelah Prefektur Hokkaido. Beras ini tak hanya digunakan sebagai makanan pokok, namun juga diolah menjadi makanan dan minuman lainnya seperti kue mochi, senbei, sake, dan produk olahan lainnya.

Sumber: Taiken, Business Wire, Wattention, CSC, Gataket

Sorry. No data so far.