[JOI Spotlight] Boar Hunt Edition

August 9, 2020 8:16 pm
[JOI Spotlight] Boar Hunt Edition

Selamat datang di JOI Spotlight. Berbagai seri sudah masuk pertengahan masa tayangnya dan nampaknya produksi akan bisa lancar sampai akhir musim. Seperti biasa mari kita saksikan impresi para staf untuk seri yang sudah hadir Minggu ini.

MonIsha 05

Kaczmarek

Saphe nunjukin ekspresi kekesalannya cukup bikin saya ngeri. Hampir semua karakter pendukung di episode-episode sebelumnya juga pada nongol demi membantu menyelesaikan masalah penjualan telur harpy ilegal. Sejak kemunculannya, Skadi hanya ngomong pelan banget dan saya penasaran suara Atsumi Tanezaki untuk naga satu ini. Setelah mandiin Slime, kali ini Glenn ngurusin lahiran seekor harpy bernama Illy.

Deca-Dence 05

Kaptain

Ini udah akhir dari big arc pertamanya, dan saya bersyukur anime belum punya episode yang lemah dan bahkan dah masuk kualitas film. Buat para Gears reveal di balik kabut ini tuh udah kayak announcement expansion baru, tapi buat para Tanker ini despair inducing banget ngeliat monster yang mahal banget dibunuhnya ternyata jumlahnya nggak terhitung,

Anime ini rajin banget ngubah status quo dan ada risiko yang realistik Kaburagi ini mati permanen, cuma ya berhubung udah ditunjukin kalau para Robot mesti dibongkar sebelum mati ya paling dia ditahan aja. Jadinya tinggal berharap aja Natsume cukup nangkep kalau Kabu dibungkam karena tahu terlalu banyak. Udah fix juga nggak ada satupun manusia di manajemen atas Deca-Dence, cuma untungnya ada yang simpatetik dengan manusia.

KanoKari 05

Kaczmarek

Ini komposer musiknya iseng banget ngasih BGM pertempuran ala kids show pas Kazuya lagi mendaki gunung kepuasan dirinya. Ini nenek-nenek juga iseng ngerjain cucu-cucunya. Parahnya lagi neneknya Kazuya secara beruntung dapat menggerayangi Chizuru di onsen. Chizuru juga kudu lebih berani mengungkap kebenaran dibalik hubungannya dengan Kazuya. Kazuya? Selalu tertahan dengan perasaan dan keadaan.

Appare-Ranman 06

Kaptain

First stage done, yang untungnya kualitas produksi bisa nyampe. Ini emang anakronistis seperti banyak aspek di animenya, tapi saya apresiasi penggunaan realtime rank buat nunjukin posisi. Udah ditekanin juga walaupun tim Appare isinya orang-orang dengan skill tinggi “mobil” mereka ini nyaris unusable buat balapan konvensional. 

So about the obvious twist: Udah jelas Gil di balapan ini tuh yang palsu, dan yang asli kemungkinan besar jadi kontestan lain, my money on the white hair dude.

Maou Gakuin no Futekigousha 06

Kaczmarek

Masih berhubungan dengan kehadiran Lay di arc ini. Sesuai judul untuk episode berikutnya, bakal dibongkar keadaan yang menimpa ibunda Lay yang terkena penyakit/kutukan arwah. Tak lupa juga, Misha juga belajar masak dengan ibunya Anos dan kecintaannya terhadap kucing. Saya malah pengen ngeliat respon Sasha terhadap binatang lucu tersebut. Minggu depan kita mulai nge-wrap up arc ini.

Dokyuu Hentai HxEros 06

Kaczmarek

Saya sedih karena fanservice untuk Sora tidak sepanjang Maihime dan Momoka saat dikerjai oleh Chacha. Hanya reaksi terhadap referensi gambarnya saja, dan jedar, jatuh ke lantai. Menjawab pertanyaan polos kiseichuu kesayangan kita, “Yes, Chacha. We human are holding ourselves, even when in the right time to unleash it. Basically shy”. Sesuai dengan berita sebelumnya, kita bakal kedatangan HxEros cabang Tokyo yang bakal memulai debutnya di episode berikutnya.

Fugou Keiji: Balance: Unlimited 03-04

Kaczmarek

Saya kelupaan episode tiga udah tayang minggu lalu, dan sekarang langsung dibabat hingga episode keempat. Untuk episode ketiga nampak seperti kasus biasa, dan di episode keempat makin menyedihkan. Namun disini saya bisa melihat ada yang terbangun dari kedua karakter utama ini. Haru yang paling tidak dapat memperbaiki citranya, dan Daisuke yang ternyata manusia juga. I mean, ini orang gapernah ngerjain hal sendiri apa di rumahnya? Semuanya kudu dilayanin gitu? Semua hal dikomplain hahahahaha. Makin kampret setelah Daisuke melepeh daging ham itu. Oiya satu hal lagi, Suzue bener-bener khawatiran orangnya hahahaha.

CTian

DAISUKE-SAMA!!! *Jiwa fangirl saya bergejolak~ Dua episode terbarunya entah mengapa bertolak belakang banget sama 2 episode sebelumnya. Terlalu kasih service, astaga~ Terutama episode 4, itu shippers-nya DaiHaru sudah berasa di kayangan kali yak. Tapi episode 4 favorit saya sih, di saat orang kaya melintir harus hidup sehari tanpa uang sepeser pun. Tapi di saat yang sama saya mikir, ini acara tukar nasib atau gimana yak? LOL~

Toaru Kagaku no Railgun 18

Kaczmarek

Kehadiran Kinuhata dari ITEM yang ditunggu-tunggu. Bust Upper untuk Kinuhata dan Misaka memang sangat-sangat dibutuhkan. Namun sayang, hal yang tumbuh di episode ini malah dadanya Frenda, terima kasih Fremea, dan juga perempuan eskrim itu. Sementara Saten makin OP dengan indian poker itu.

Fire Force S2 3-6

CTian

Rebutan Pilar ke-5 selesai!~ Saya suka penjelasan tentang rencana Licht untuk lawan Iblis, setidaknya gak jadi kuliah-kuliah amat, simpel, tapi tetap pas~ Sama juga sih ini kayak waktu lawan Sho. Buset kalau di manga itu penjelasan tentang kekuatan Sho sudah macam kuliah, yang saya yakin bakal tidur entah mau duduk di depan dosennya atau duduk di paling belakang.

Untuk kualitas animasi di arc ini, ya, sesuai ekspektasi sih… Cukup kecewa. Jujur yak, kalau baca manganya tuh momen-momen gelutnya enak banget dilihat, setidaknya konsisten gitu lho kualitas gambarnya. Adaptasi animenya entah kenapa kurang konsisten, tadinya adegan-adegan bagus, eh tahu-tahu frame jelek lagi, terus bagus lagi.

Masih soal ndak konsisten, sumpah saya suka banget sama BGM waktu Shinra encounter Charon pertama kali. Saya sampai merinding di situ, karena yakin ini bakal epic banget. Yaa… Tahunya cuman di situ doang momen kerennnya. Sisanya datar banget euy, walau klimaks Shinra lawan Charonnya bagus, tapi cuman gitu doang, momennya tuh bukan momen yang bisa dinikmati terus. Tapi cuman momen yang “wow”, terus sudah, sisanya biasa lagi. Ya gitu lah, naik turun naik turun kualitasnya menurut saya… Jadi kayak grafik binomskuy /plak~

Untuk Inca, oke saya suka sentuhan terakhir dia waktu habisin si Panda, setidaknya momen dia arc ini berkesan lah. Di manga Inca gak dibuat momen semegah itu sebenarnya waktu ending-nya, tapi animenya nailed it lah untuk momen terakhir Inca. Kapan yak ini gadis muncul lagi, saya baru baca sampai jilid 13 sih.

Berikutnya, petualangan ke Semenanjung Tiongkok! Adegan yang saya tunggu di arc ini ada di awal banget sih, episode berikutnya pasti sudah bisa lihat adegan itu. Kita lihat apakah animenya mampu membawa petualangan Semenanjung Tiongkok dengan baik? Saya ambil jilid 14 dulu deh sebelum nonton arc ini, jilid 13 baru nge-cover awal-awal arc ini soalnya.

Chainsaw Man 79

CTian

Ingat soal kemarin saya bahas “foto keluarga” di spotlight bab 77? Beneran dibuat dong foto keluarga itu! AHHHH!!!! Entah kenapa saya merasa dekat sekali dengan manga ini, foreshadowing-nya selalu kena banget sama saya. Ini beneran ndak bisa terbit di Indonesia yak? :’ (Ngarep orang penerbit baca /plak)

Di Jepang bahkan colored page bab ini dibahas dengan detil lho. Tentang tanggal yang ada di foto itu, katanya tanggal lahir sebuah bunga yang bahasa bunganya punya arti yang bagus (maaf lupa… Begonya juga ndak disimpan itu bahasan). Juga ada yang ngebahas tanggal itu tanggal suatu kejadian dan lainnya. Ngelihat colored page-nya saja sudah cukup buat mata saya berkaca-kaca.

Denji masih berusaha bikin sadar Aki, tapi si Aki malah makin menggila di situ. DUARRR! Satu tembakan keras dari kepala pistol si Aki, ngebuat Denji kehilangan kaki sama tangan kanannya. Di momen ini, sumpah di sini tuh terjadi salah satu momen paling bizzare yang pernah ada di manga ini. “Chainsaw Man’s superhero moment”, di sini saya terharu ngelihat Denji diakui sebagai pahlawan di masyarakat dan dibantu masyarakat. Adegan ini juga entah kenapa saya melihatnya sebagai momen “deal with the devil”. Karena ya mereka kan nyerahin darah mereka ke Devil, untuk diselamatkan si Devil ini. That is the most bizzare superhero moment i’ve ever seen. Lalu diakhiri dengan halaman muka Denji disinari dan ngelihat musuhnya sekaligus orang yang dia sayangi. Di saat dia harus menyelamatkan orang banyak, tapi malah ndak bisa menyelamatkan orang yang dia sayangi. Damn, ini terlalu dark untuk momen superhero yang sedang bersinar.

Momen ini juga mengingatkan saya dengan adegan Sam Raimi’s Spider-Man 2. Adegan Spidey yang menyelamatkan orang-orang di kereta itu, waktu Spidey digotong sama warga dan dibaringkan di kereta. Momen Chainsaw Man di bab 79 ini mirip sama momen Spidey itu. Saya lihat di internet juga banyak orang yang merasakan hal yang sama dengan saya, karena ini memang salah satu superhero moment yang paling berkesan. Damn, you did it again sensei…

Juga selalu, selalu si Tatsuki Fujimoto-sensei, genius storytelling & genius paneling. Kita ndak dikasih lihat bagaimana cara Denji ngebantai Aki secara langsung, tapi si sensei tunjukkan hal itu di pikirannya Aki dengan sangat baik. Saat Aki kalah, Denji pun hilang, karena memang di momen itu Aki sudah ndak ada di dunia di mana Denji berada. Yes, Aki’s dead….. Gantinya, karena dia sudah berada di dunia yang sama dengan keluarganya, tahu-tahu adiknya muncul dari rumah mereka dan bilang kalau dia bawa sarung tangan dan bola bisbol.

In that moment, i cry. Karena semuanya benar-benar berakhir di situ, semua cerita Aki selesai di situ. Kamu sadar ndak? Sebenarnya adegan adiknya di bab ini adalah sambungan adegan di mana adek Aki mau ngambil sarung tangan bisbol dan bolanya, tapi di situ adiknya, orang tua dan rumahnya ditembak sama Gun Devil. Di bab Denji nge-grepe Makima itu lho, yang Makima cerita soal Gun Devil menyerang dunia. Inilah akhirnya, apa yang Aki mau, bermain lempar tangkap dengan adiknya, terjadi di bab ini, dan memang itu keinginan dia selama ini.

Momen ini kembali mengingatkan saya dengan perkembangan karakter Aki sepanjang seri ini. Dia awalnya ditunjukkan sebagai karakter penuh dendam, seorang karakter tipe Sasuke sejati, bahkan saking meta-nya ini motivasi karakter sampai disinggung sama karakter lain (si codet yang dibunuh tiga bersaudara). Namun sebenarnya dia ndak mau semua itu, yang dia mau sebenarnya adalah sebuah keluarga, yang dia sudah temukan di Denji dan Power. Sama halnya dengan main lempar bola salju, dia ndak mau ngelakuin hal itu, dan secara harfiah kan perang bola saljunya Aki di dunia asli ngebunuh orang, dia ndak mau sebenarnya melakukan hal itu. Semua tentang Aki berkumpul di sini, origin dan akhirnya Aki diceritakan semua di 1 bab ini. OH GOD, I’M GONNA CRY AGAIN!

Aki sebenarnya bukan tipe karakter yang saya suka awalnya. Benar kata si codet, terlalu karakter manga banget untuk manga yang…… yang terlihat realistis ini, nah~ Tipe karakter yang kelihatan cool dan ingin kekuatan, tapi cengeng, ndak banget dah. Tapi sepanjang seri ini berjalan, dia dibuat sebagai karakter yang paling peduli daripada yang lainnya. Dia yang awalnya benci banget sama Devil karena Devil pernah bunuh keluarganya, malah ngelindungin dan menyelamatkan Devil. Dia yang tadinya paling mementingkan motivasinya, malah jadi lebih mementingkan teman-temannya, sampai dia mau ngelakuin apapun biar temannya itu selamat dan bahagia. Dan ini bukan kiasan lho, dia benar-benar ngelakuin dan bilang itu di bab dia bikin kontrak sama Makima. Benar-benar dibuat menjadi karakter yang baik, dan di saat itu juga dia menemukan kedamain abadi. Akhirnya Aki benar-benar dapat kedamain, dia benar-benar mencapai tujuannya di akhir ceritanya. Yes, this is actually weird way untuk karakter shonen yang mencapai tujuannnya, tapi, memang ini lah Chainsaw Man.

Kembali ke dunia nyata, damn, that spread page. So heartbreaking, Denji juga terlihat sangat terpukul dengan apa yang baru dia perbuat kepada orang yang dia sayangi itu. He’s cried, saat dia mau harus membunuh Aki, dia nangis di situ. Walau kita ndak ngelihat secara langsung, tapi penglihatan Aki dah cukup lah untuk tahu kalau Denji itu beneran nangis di situ. Seorang Denji yang tadinya ndak peduli sama kematian Aki. Ini bukti betapa terikatnya Denji dan Aki selama ini, dia yang tinggal bersama, ke mana-mana bersama, dan menghabiskan hari bersama. Salah satu momen yang membuktikkan kalau Denji itu ternyata masih mempunyai hati manusia yang selama ini dia pertanyakan. Apa yang akan terjadi setelah ini? Itu yang paling ingin saya ketahui saat ini… AHHH KENAPA NDAK DIUNGGAH MALAM INI SIH SAMA SHUEISHA!? :’

Also that final dialogue from Future Devil. FUTURE IS THE BEST! Tapi di saat yang sama itu juga malah memperkeruh keadaan. Tapi apa yang dikatakan Future memang benar. Sebenarnya tujuan Future tuh Memang mengingatkan kalau kematian itu bukanlah hal yang mengerikan. Mau matinya bagaimana kek, kematian itu ndak pernah menjadi hal yang mengerikan untuk orang yang meninggal. Karena orang yang mati sudah tidak merasakan sakit lagi, they are found piece, sama seperti Aki menemukannya. Tapi sebenarnya, kematian itu bisa menjadi hal yang mengerikan… Untuk mereka yang ditinggalkan…

That’s for this week~ Karena 2 Minggu lagi saya lihat bahasan Chainsaw Man kosong kan yak, (tadinya saya mana tahu Minggu depan itu issue gabungan :’)  jadi saya putuskan bahas perilisan jilid 8 dan hal lainnya di sana aja yak~ Untuk minggu depan saya bahas bab 80 aja. Sama satu lagi deh, Minggu depan saya mau bahas… KENAPA ITU MAKIMA DIJADIKAN HEROINE CHAINSAW MAN EUY!!? AHHHH!!

Kaptain

Yabuki you coward

1. Neraka itu sesuatu yang nyata di setting ini 2. Angel Devil sekalipun asalnya dari neraka. Tapi pada akhirnya, Aki dilihatin berada di tempat yang lebih baik. There’s a kinder place on the other side, cuma ya nyari orang yang pahalanya banyak kayak Aki di seri ini tuh susah.

Fate/Grand Order

Kaptain

“Quit when you’re ahead”. Stok masih banyak buat nyoba NP2 Dantes, tapi saya memutuskan nunggu sampe Banner BB nanti. Ga ada lagi yang saya mau di banner NA 2020 ini jadi saya nyetok banyak lagi buat Kama kalau BB ga bikin saya bangkrut.

Oke, ini Summer 3 tuh sebenernya cuma catatan liburan Nasu, which is much better than the previous major LB. Ini juga tim translasinya banter banget kualitas translationnya. Ga ada niatan ngelarin ladder, cuma butuh kostum Edmond terus udahan.

Sinoalice

Kaptain

Harusnya Replicant, yang kurang lebih sekuel buat ending D; yang jadi event pembuka. Rewardnya dermawan banget dan kalo mau tahan di global manajemen perlu lebih rajin ngehadirin Step-Up Gacha kayak gini. Dari Q&A kemarin juga katanya lebih banyak update QoL kayak daily pull gratis bakal dikasihin so that’s an improvement.

Girls Frontline

Kalo Mica ga benci duit, ini bakal jadi banner

Kaptain

Theater lagi, dan seperti biasa ngelempar koin buat milih antara A ato B masih efektif. Ini juga bakal barengan summer sidestory minggu depan yang harusnya juga enteng mainnya. Summer stream kemarin juga ngasih hampir semua yang saya mau kayak berbagai rebalance dan jaminan kalau studio udah cukup gede buat ngejalanin lebih dari satu proyek, cuma rada kecewa aja GFL 2 ga nongol, yang pihak sananya juga to be fair ngaku stream bakal kepanjangan kalau tuh game juga ditunjukin.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Rada bersyukur minggu keempat bulan ini bakal banyak liburnya, karena seri yang saya pantengin bakal update semua dalam waktu dekat.

Header: Suginamayuge