Penjualan Manga Bakemonogatari Capai 2,4 Juta Eksemplar

August 17, 2020 4:07 pm
Penjualan Manga Bakemonogatari Capai 2,4 Juta Eksemplar

Volume ke-10 adaptasi manga dari novel karya Nisio Isin, “Bakemonogatari” resmi diterbitkan hari ini oleh Kodansha. Pada volume terbaru ini juga diungkap bahwa penjualan manga yang dibuat oleh Oh! great ini telah mencapai 2,4 juta eksemplar. Volume”Ougimonogatari” dari Monster Season novel ringan utama “Monogatari” juga akan diterbitkan pada 28 Oktober 2020.

Komentar dari sang mangaka, Oh! great alias Ito Ougure:

“Akhirnya mencapai 10 volume! Lebih dari itu, cukup menyenangkan untuk menggambar adegan pertarungannya. Sampul volume ini tergambar Hitagi dan sepasang kalender. Saya mencoba untuk mengubah sentuhannya sedikit dari biasanya.”

Sampul volume ke-10 manga Bakemonogatari” edisi reguler dan spesial:

Bakemonogatari Bakemonogatari

Sinopsis manga utama:

Suatu hari, seorang siswa SMA bernama Koyomi Araragi bertemu dengan seorang gadis bernama Hitagi Senjougahara saat ia terpeleset. Tapi yang mengagetkannya, Senjougahara tidak terasa memiliki berat badan. Sama sekali. Ia mengatakan pertemuannya dengan sesuatu yang ia panggil “kepiting” mengambil semua berat badannya…Monster yang sudah ada disini sejak awal. Selalu dimana-mana.

Nisio Isin melalui akun Twitter-nya mengungkap bahwa volume terbaru “Ougimonogatari” akan diterbitkan pada 28 Oktober 2020.

Manga adaptasi yang digambar oleh Oh! Great ini diluncurkan di majalah Weekly Shounen Magazine milik Kodansha pada 14 Maret 2018. Manga ini juga diterbitkan di Indonesia melalui label Level Comics milik Eelx Media Komputindo. Sebagai mangaka, Oh! Great sendiri dikenal lewat beberapa judul seperti Air GearJunk Story – Tetsukuzu Monogatari, dan Tenjou Tenge yang mendapatkan adaptasi anime. Dirinya juga mengerjakan ilustrasi dan cerita untuk beberapa serial manga seperti Burn Up!FiveHimiko-DenMajin -Devil-Naked Star dan Silky Whip. Selain itu ia juga membuat ilustrasi di akhir episode untuk serial anime Arakawa Under the Bridge x Bridge dan Yamada-kun and the Seven Witches.

Serial novel Monogatari diluncurkan Nisio Isin dan ilustrator VOFAN dalam bentuk tiga cerita pendek di majalah Mephisto milik Kodansha pada September 2005 hingga Mei 2006. Cerita pendek ini kemudian diadaptasi menjadi novel ringan mulai 2 November 2006 dan Kodansha Box menjadi label penerbitnya. Setelah memastikan volume ke-26 yang berjudul Ougimonogatari akan diterbitkan 28 Oktober 2020, terdapat dua bab lagi yaitu “Shinomonogatari (Jou)” dan “Shinomonogatari (Ge)” yang belum diungkap tanggal terbitnya. Perlu diketahui serial novelnya menggunakan empat format pembagian yang diantaranya:

  • First Season (Volume 1-12)
  • Final Season (Volume 13-18)
  • Off Season (Volume 19- 22)
  • Monster Season (Volume 23-28)

Adaptasi anime dari novel “Monogatari” mulai tayang pada musim panas tahun 2009 dengan judul “Bakemonogatari“. Kemudian “Nisemonogatari” yang tayang pada musim dingin tahun 2012., dan “Nekomonogatari (Kuro)” yang tayang pada 31 Desember 2012. Tiga adaptasi anime tersebut menjadi adaptasi First Season novelnya. Second Season novel Monogatari mulai diadaptasi menjadi anime pada musim panas tahun 2013 dan berakhir pada Desember 2013. Anime Hanamonogatari” kemudian dirilis pada 16 Agustus 2014.

Final Season novel ini kemudian diadaptasi dan mulai dirilis pada 31 Desember 2014 dengan judul “Tsukimonogatari“. Serial televisi “Owarimonogatari” terbagi menjadi dua format penayangan, yaitu pada musim gugur tahun 2015 dan musim panas 2017. “Koyomimonogatari” sebelumnya dirilis secara daring pada musim dingin tahun 2016. Kemudian serial “Zoku Owarimonogatari” ditayangkan pada musim semi tahun 2019. Film trilogi “Kizumonogatari” juga dirilis sejak tahun 2016 dan berakhir pada tahun berikutnya.

Sumber: Oricon, Oh! great, Nisio Isin