[Waifu Wednesday] Katarina Claes

Selamat datang kembali dalam rubrik Waifu Wednesday! Kali ini saya kembali untuk membahas salah satu waifu bernama Katarina Claes atau Catarina Claes dari serial novel “Otome Game no Hametsu Flag shika Nai Akuyaku Reijou ni Tensei shiteshimatta…“. Bagi yang mengikuti anime musim dingin tahun ini pastinya mengenali karakter satu ini. Langsung saja kita bahas karakter satu ini!

Katarina Klaes (Catarina Claes) adalah karakter otome game berjudul “Fortune Lover” dan berperan menjadi antagonis. Ia sendiri sebenarnya adalah reinkarnasi dari perempuan dari dunia nyata, yang juga seorang pemain game “Fortune Lover“. Setelah terpentok batu di usia 5 tahun, ia kembali mengingat memori dari dunia nyata.

Katarina Claes

Gadis bangsawan ini memiliki rambut yang panjang berwarna coklat panjang dengan beberapa helaian rambut di sisi kanan depan. Dikenal seperti perempuan tomboy, Katarina Klaes juga memiliki tunangan bernama Gerald Stuart dan adik tiri bernama Keith Claes. Katarina juga memiliki kemampuan sihir gelap dan tanah. Seiyuu dari karakter pemakan manis-manis ini adalah Maaya Uchida.

Lalu, apa yang membuat seorang Katarina Klaes cocok untuk menjadi waifu? Berikut beberapa poin yang bisa kalian pertimbangkan.

+ Loyal Fairy

Katarina Claes

Poin ini didapat dari maid di kediaman Claes yang bernama Anne Shelley. Meskipun kelakuan Katarina yang ia anggap cukup aneh bagi seorang bangsawan, namun putri Claes satu ini sangat pengertian terhadap orang-orang disekitarnya. Apalagi ia juga tak memandang seseorang dari latar belakangnya, sehingga menjaga dan menyusun tali silaturahmi adalah hal utama yang ada di kepalanya.

Katarina Claes juga seorang pemaaf bagi setiap orang yang berbuat jahat kepadanya. Cara ini membuatnya makin dikagumi oleh orang lain dan dapat berujung menjadi harem sahabatnya.

+ Crazy Rich hmmm Fortune Lover?

Katarina Claes

Katarina Claes lahir dari keluarga bangsawan Claes dimana kedua orang tuanya juga memiliki derajat tinggi dari bangsawan lain. Ayahnya, Luigi adalah seorang playboy di masa muda, namun kemudian dijodohkan dengan Millidiana, ibu kandung Katarina, berasal dari bangsawan Ades yang memiliki kedudukan setinggi bangsawan Claes. Pernikahan kedua orang tua Katarina tidak berdasarkan perasaan cinta, melainkan pernikahan politis dari kedua pihak bangsawan.

Hal ini menjadikan predikat Katarina layaknya tuan putri di dalam game ini. Walau kenyataannya ia berperan sebagai villain. Namun hal itu tidak mengesampingkan fakta bahwa Katarina memiliki harta yang melimpah dan mungkin tak akan habis jika dimanfaatkan untuk beli DMMP atau nge-gacha game lain (?).

+ Mayayan

Maaya Uchida

POV: Suami Mayayan

Woh tentu saja. Poin positif untuk seiyuu tak boleh terlewat dalam rubrik ini. Mayayan alias Maaya Uchida memang sangat cocok memerankan suara Katarina. Dengan spesialisasi suara sedikit cempreng dan perilaku tomboy, komite produksi memilih seiyuu yang tepat untuk Katarina. Hal yang saya sukai dari perannya disini adalah saat Katarina mengeluhkan sesuatu, otomatis saya teringat dengan tiga karakter yang Mayayan perankan sebelumnya, diantaranya Irina Shidou (High School DxD), Kirima Syaro (Gochiusa), dan Yuuki Yoshino (Shokugeki no Souma).

+/- Unpredictable Farmer

Katarina Claes

Perempuan satu ini terlihat menawan, manis dan cantik saat terlihat tenang. Namun semua itu berubah saat ia memanjat pohon di siang bolong demi mengambil sesuatu atau hanya iseng. Ditambah lagi ia punya semangat berkebun dan bertani yang tinggi. Apakah kedua hal itu dianggap buruk? Tidak, namun ada baiknya dilakukan di waktu yang tepat. Sama halnya saat seseorang mengadakan pesta pernikahan, namun sang pengantin yang ngidam mangga, tiba-tiba memanjat pohon mangga di depan rumahnya hanya untuk mengambil mangga tersebut. Sontak tamu undangan dan keluarganya akan bereaksi geleng-geleng kepala.

Katarina Claes membutuhkan pasangan (entah itu laki-laki atau perempuan) yang dapat menahan dirinya berbuat seenaknya di saat yang kurang tepat. Saran saya, jika kelakuannya kambuh, peluk dia dengan erat dan bisikan, “Katarina, tahan dulu ya. Masih ada tamu di rumah”. Namun kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Katarina adalah contoh visioner yang perlu dijaga karena jika suatu saat keadaan mulai memburuk, seperti ada peperangan, saya yakin gadis satu ini sudah memikirkan tentang pasokan makanan yang harus disimpan untuk berjaga-jaga. Jika Katarina diduetkan dengan Maou dari serial Maoyuu Maou Yuusha, saya yakin ia bakal membuka lahan pertanian atau perkebunan lebih luas lagi.

– Oblivious Airhead

Katarina Claes

Nama panggilan resminya saja sudah “Bakarina”. Sehingga tak perlu dijelaskan lagi kenapa ada kata “baka” disitu. Namun bagi mereka yang tidak mengikuti serial ini, perlu sedikit dijelaskan. Sebutan “baka” untuk Katarina muncul akibat perilaku eksentriknya sendiri yang tak mencerminkan seorang bangsawan. Namun ada juga yang menganggap ia diberi sebutan tersebut karena ia cukup bodoh untuk mengerti soal percintaan. Hal ini membuat antrian pengagum Katarina makin memanjang dan bahkan adik tirinya, Keith juga mencintai Katarina layaknya perempuan. Bagaimana respon Katarina dengan kekaguman dari teman terdekatnya? Tak ada. Hanya terima kasih.

Katarina juga tidak memiliki keunggulan dalam urusan akademik. Sehingga ia sering membutuhkan bantuan dari teman-temannya, dan bahkan minta tolong ke Keith untuk mengerjakan PR-nya.

– Lawanmu tak hanya teman terdekatnya, tapi juga orang tuanya

Bersiaplah menangis. Hadangan terbesar dari usaha kita mengejar perempuan berjidat lebar ini adalah orang tua dan sahabat tapi mesranya. Dari orang tuanya sendiri, Luigi dan Millidiana, memiliki standar tinggi untuk dijadikan calon suami Katarina. Standar bangsawan menjadi batas minimal bagi kalian untuk “memiliki” Katarina, kecuali kalian mau menculik atau kawin lari bersamanya.

Masalah kedua disini adalah teman-temannya. Ya kita tahu sendiri, teman-teman Katarina ini tak hanya menginginkan kebersamaannya, namun juga raga diri Katarina sendiri. Tidak hanya laki-laki, namun juga perempuan. Kemungkinan besar kalian hanya dekat seperti teman-temannya karena Katarina sendiri juga payah soal percintaan dan kurang peka.

Katarina Claes

Sebelumnya saya memohon maaf karena minggu lalu rubrik ini harus rehat tanpa sebab. Sehingga untuk membayar kekosongan tersebut, saya dan staf lain bernama Musim_Semi telah membuat Waifu Wednesday edisi double header layaknya balapan Silverstone beberapa waktu yang lalu. Tak lupa juga mengingatkan bahwa anime Hamefura telah mendapatkan musim keduanya.

Terima kasih sudah mau membaca! Saran, kritik, dan komentar silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ya!

Gambar: 1, 2