[JOI Spotlight] Process of Elimination Edition

August 23, 2020 7:48 pm
[JOI Spotlight] Process of Elimination Edition

Selamat datang di JOI Spotlight di mid season musim panas ini. Seperti biasa berikut adalah impresi para staf untuk berbagai seri minggu ini.

Monster Musume no Oisha-san 06

Saya bukan penggemar ketiak, tapi mau gak mau harus pake foto ini

Kaczmarek

Illy memang masih belum dewasa, dan hidup di jalanan (atau sendirian) memang membuat dirinya tak nyaman dengan kehidupan sosial dalam satu masyarakat harpy. Sedikit mengejutkan bagi saya karena Illy bukan seekor (atau seorang) kakaktua atau elang, melainkan burung phoenix. Episode yang cukup wholesome dari episode sebelumnya yang penuh dengan intrik centaur. Minggu depan atau nanti malam, kita bakal fokus ke Arahnia.

Deca-Dence 07

Kaptain

Minato yang berhasil nyelametin Kabu, expecting someone higher but it’s obvious ngeliat dia satu-satunya manajemen atas yang simpatetik sama Kabu sejauh ini. Quest yang ada sekarang didesain buat ngurangi populasi manusia yang dari komentar Minato itu sesuatu yang rutin dilakuin game.

Lalu Kabu yang jelas tambah marah sama status quo sekarang punya tujuan yang jelas. Ngerusak skenario emang nggak cukup, dan kebetulan banget penjara mereka itu tepat di bawah pabrik Gadoll. Dari sedikit detail yang ditunjukin soal tuh pabrik dan makhluk semacam Pipe, ada kemungkinan besar beberapa Gadoll bakal bisa dipakai para pemberontak.

Appare-Ranman 07

Kaptain

Di mana Kosame goes maximum Kurosawa. Secara mengejutkan dirinya straight up murdered the dude, yang saya nggak keberatan lihat perkembangan ini; cuma ya tumben aja di tipe development kayak gini si korban trauma langsung sreg ngebunuh orang abis ngelawan hantu dari masa lalunya.

Saya nggak terlalu bangga berhasil nebak identitas Gil yang asli. Penasaran aja ini konspirasi yang ngebuat kontestan terbunuh ini apa tujuan akhirnya karena kalau tujuannya itu ngediskreditkan mobil, that’s a pretty dumb angle to push. “Punya mobil bakal ngebuat situ ditembak?”, paling banter juga promotor bakal jatoh reputasinya gara-gara ga becus ngeorganisir keamanan dan mobil bakal tetep populer.

Peter Grill 07

Kaczmarek

Haremnya udah ngumpul dan sekarang menyisakan sesuatu yang tak diinginkan Peter, Orgy, orgy, orgy. Entah cara apa lagi yang bakal dilakuin olehnya demi menyelamatkan benih masa depannya untuk Luvelia.

Kaptain

Bentar, ini tetangga sebelah Peter tuh Sanji ya?

Toaru Kagaku no Railgun T 20

Kaczmarek

Seiri tidak muncul dalam episode ini karena seiyuu-nya, Ayumi Fujimura masih menjalani hiatus sejak tahun lalu. Satu setengah tahun semenjak hiatus Fujimura dimulai, dan saya masih khawatir dengan progres kesehatannya hingga kini. Semoga seiyuu Rope dan Savage ini bisa kembali bekerja lagi.

Frenda dan Saten akhirnya dapat mengatasi Rakko, namun yang saya bisa tarik pertanyaan disini, “Apakah itu terakhir kalinya Frenda dan Saten bisa bertemu? Kemudian, Rakko yang penuh dendam akankah segera tutup usia di tangan Mugino?” Sesungguhnya saya harus mengecek ulang lebih dari itu setelah nonton episode ini, namun saya tahan lagi hingga cour kedua ini habis penayangannya.

KanoKari 06-07

Kaczmarek

Saya kelupaan narok KanoKari di spotlight minggu lalu dan juga melewatkan debut Ruka. Ya, paling tidak kelupaannya cuma seminggu. Dan heh, ini anak masih gak bisa nahan maksiat di kepalanya. Saya ngomongin si Kazuya ya. Kemudian Ruka, gak gak gak gak gak, saya punya trauma dengan perempuan seperti dia. Bakal makin rumit kesalahpahaman setelah kemunculannya. Namun nampaknya terlambat sudah. Entah kenapa Touyama Nao kembali memerankan karakter yang putus asa untuk memacari karakter utama, seperti serial AoButa dan….dan…..kalian bisa tebak sendiri satunya lagi.

Maou Gakuin no Futekigousha 08

Kaczmarek

I like the fact that Anos need to rewrite and promote new tradition just to revive or make sure someone existence. In simple way, some OP character just need to revive someone with a sacrifice, but not with Anos. His sacrifice itself didn’t show much so far, and keeping it hidden also make it quite appalling from my POV. Is there a point which he couldn’t do anymore? Hope not but hope so. The one known as Avos appeared and Anos need to do something more than saving his subordinates. Sasha akhirnya nongol lagi dengan gaya rambut yang paling unch. Sejauh ini Sasha juga menjadi yang paling beruntung dengan mencium Anos di bibir dan pipi. Misha please, jangan mau kalah!

BlueHeaven

Akhirnya kita disajikan pertarungan yang cukup merepotkan Anos. Secara garis besar, memuaskan informasi dalam pertempuran cukup logis walau disajikan ngebut. Sasha juga bener-bener cakep dengan style elegan.

Re:Zero S2 07

BlueHeaven

Ujung-ujungnya diselamatin Beato cuma nambah beberapa menit sebelum mati. Restart ketiga langsung kena skak sama Garf, untungnya Otto ga useless disini. MVP of the day, Yuujin Otto!

Oregairu Kan 07

BlueHeaven

Episode kali ini lebih fokus ke lawak. Saya memang sudah kangen bagian comedy ada di judulnya juga. Feel kasih improvisasi terhadap scene debat Hachiman dengan Tamanawa yang sudah tidak logical thinking mode. Asli ngakak disini sama scene Yahallo.

Sayangnya komedi harus berakhir ketika Yui muncul saat Hachiman dan Yukino sedang tee-tee moment (tiap season juga gini). Yui emang sepanjang episode ini hampir useless, masih lebih guna Orimoto yang kerjanya nyepam “Sore Aru”. Satu-satunya kerja Yui yang bisa diapresiasi adalah menelpon Kaori ketika Hachiman sudah tidak memiliki nomornya.

Ada satu hal yang menarik untuk dibahas. Ini ga bakal paham kalau cuma nonton animenya doang. Percakapan Yui dan Yukino tentang harapan yang terkabul di mata penonton anime saja pasti memperburuk citra Yui. Disini saya koreksi walau saya ga suka Yui yang sudah nyudutin Yukino sepanjang percakapan.

Yui bilang “Semoga harapanmu tidak akan pernah terkabul” ke Yukino kemudian dibalas Yukino, “ Semoga harapanmulah yang terkabul”. Maksudnya harapan Yukino itu yang ingin menyelesaikan hubungan mereka bertiga, karena Yukino menganggapnya sebagai ketergantungan, seperti yang dijelaskan Haruno sebelumnya. Yui terus membalas “Memangnya kau tahu harapanku?” dan dibalas Yukino “mungkin sama denganmu”. Harapan Yui yang diperbicangkan adalah keinginan dari season 2 yang dimana dia ingin memiliki Hachiman dan tetap berteman dengan Yukino. Diakhir episode ditutup dengan monolog Hachiman yang berkata “Kami sangat buruk dalam menyampaikan perasaan” emang tepat karena bagi penonton anime bakal sulit untuk memahami maksudnya apalagi studio animenya malah lebih ngasih spotlight ke side heroine daripada main heroinenya. Oleh sebab itu, jangan sekali-kali abaikan saran pembaca novel yang udah kesel sama adaptasi yang seakan misleading.

Lapis Re:LiGHTs 08

BlueHeaven

Did you see that? Mereka akhirnya balik ke performa grafis menawan. Benar-benar olquestra yang luar biasa. Lagunya aja unik judulnya “700,000,000,000,000,000,000,000 no sora de”. Adegan lompat dipertamanya udah bikin terkejut. Sayangnya semuanya yang manis itu tidak mendapat ending yang bagus. LiGHTs harus dikeluarkan dari sekolah di episode yang masih satu digit. 4 episode tersisa sepertinya momen Ray comeback dan pertempuran sihir akan menjadi babak penutup dari anime ini. Mark my words, this is gonna be epic.

SAO-A: War of Underworld S2 07

Press F for Klein screen time

BlueHeaven

Yeah, yeah Kirito balik, semua masalah kelar, sisa 15 menit!? Bodo amet Kirito pasti menang. Semua cerita epic Alicization diselesaikan begitu cepat dengan cheater. Kejaran naga udah dari season sebelumnya dibalap Kirito dalam hitungan menit, YA HITUNGAN MENIT BUKAN CUMA MENIT DI DURASI ANIME, TAPI DI ALUR CERITANYA JUGA.

Chainsaw Man 80

CTian

Mengetahui guru kesayangannya itu telah tiada, Naruto pun pergi ke supermarket untuk membeli es krim. Duduk di bangku panjang tepat di bawah lampu jalanan, dia pun membuka bungkus es krimnya. Namun es krim itu malah terkena air matanya, sayang sekali… Iya, ini beneran cerita dari manga Naruto bab 405!!! LOVE THIS REFERENCE SO MUCH! Fujimoto-sensei lagi-lagi ngereferensi salah satu cerita yang menemani masa kecil saya, but in the weird way of course :’

Ini bab benar-benar dah, kalimat pertamanya itu lho, langsung to the point. Terus juga, Aki ninggalin hartanya untuk Denji dan keluarganya Himeno!? BROOO!!!! :’ Denji dan Power pun pindah, dan jujur saya suka banget sama dialog keseharian Denji. Terdengar seperti impian Denji selama ini, hidup seperti orang normal. Punya tempat tinggal yang nyaman, makan makanan enak, bermain gim dan nonton film bersama seorang gadis.

Tapi di saat Denji sudah menghidupi kehidupan normalnya itu, dia dihantui fakta kalau dia yang ngebunuh salah satu orang yang sayang sama dia, Aki. Yap, balik lagi ngomongin adegan Denji beli es krim. Bro, paneling waktu Denji berangkat ke supermarket, beli es krim, terus jalan sampai ngelihat bangku panjang itu unik sekali. Itu kayak sudut pandang film banget, Fujimoto-sensei ndak pernah berhenti flexing sama gambarnya.

Denji kacau banget di bab ini, beneran kacau. Dia yang pernah bilang “unhappy thoughts will only make you unhappy” itu sampai jadi begini. Di saat itulah, datanglah Iruka-sensei… Makima maksudnya. Dibawanya lah Denji ke kediamannya. Disambut dengan anjingnya (secara harfiah yak ini) yang kelihatan menggemaskan sekali!!! Iya, saya lebih ke dog person sih daripada cat person, pernah melihara juga~

Makima di bab ini benar-benar kelihatan berusaha nenangin Denji sih. Denji juga merasa nyaman sekali, sampai-sampai munculah keinginan dia yang terdengar simp itu. Jujur, saya ndak merasa Denji itu simp, i mean, Denji di situ emang benar-benar fucked up, dunia sudah begitu keras ke Denji dan Makima benar-benar bikin Denji merasa nyaman. Ya walau kita pembaca sudah tahu siapa Makima sebenarnya.

The point is, Denji memanglah orang yang simpel, di mana dia merasa nyaman, di situ dia akan menetap. Dia bukan orang yang memihak siapa yang benar, tapi siapa yang menghargai dia. That’s how simple is Denji. Ah ya, kamu ndak bisa membaca simple tanpa simp, yak..… YAA~ Saya ndak heran sama pilihan Denji sih, Makima juga kan heroine-nya seri ini~ Iya, itu di JOI Spotlight 2 minggu lalu kan Makima yang masuk gambar bersama heroine di WSJ saat ini~ Sebenarnya itu gambar rilis di majalah yang sama dengan bab ini. Jadi ya, memang Makima benar-benar ditunjukkan sebagai heroine-nya seri ini~

Saya ndak tahu perkembangan ini bakal dibawa ke mana. Karena terakhir kali Denji nge-simp seperti ini, di arc Bomb Devil, semua ndak berakhir dengan baik. Makima’s dead? Ndak ah, saya masih yakin Makima tuh main villain berbulu heroine dari seri ini. Sampai berjumpa lagi di pembahasan bab selanjutnya~ Ah ya, ndak jadi pembahasan bonus deh… Sorry~

Kantai Collection

Kaczmarek

HAAAAH! Rabu besok udah end event dan saya masih berkutat di E-6. Kerja rodi sampe malam Rabu kalau gak bisa nembus ini. Demi Hornet-neesan tercinta, kemudian Jingei, kemudian Ariake, kemudian Ooyodo. Ah sudahlah, saya gak percaya lagi Ooyodo bisa drop di event ini.

Arknights (EN)

Paling enggak dapet dua operator baru

Kaczmarek

Astesia up to E2. Dari banner terbaru, saya juga berhasil dapetin Broca dan Glaucus. Berhubung ini masih masa rehat atau masih nguatin operator, saya gak maksain diri untuk nge-E2-in operator baru itu. Also, ini clue 3 kenapa dropnya kering banget. Bawa Jessica-pun seminggu ini gapernah dapet, ujung-ujungnya minta temen.

Girls Frontline

Kaptain

Flipping finally, client baru bakal nongol September dan dari siluet yang ada kayaknya costume gacha global selanjutnya bakal sama server lama. Still doing alright on theater kecuali ada banyak yang nyimpen material dan ngesnipe di akhir.

Dual Randomness emang baru setengahnya drop dan baru nongol di global tahun depan, tapi sejauh ini responnya bagus dan semua komplain Polarized Light kemaren kebayar di sini. Really not looking forward for 3 flipping ranking map tho.

SINoALICE

Kaptain

Ya ampun ini kok joke summer event punya salah satu writing terbaik di nih game sejauh ini. Pas di run awal udah punya firasat ngeliat pilihan endingnya tragis semua, turns out solusinya tuh emang pake loop sebagai senjata.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Please enjoy the rest of the summer, even at this state.

Header: suo