Shiro Usazaki Berikan Pernyataan Resmi Mengenai Pemberhentian Act-Age

August 24, 2020 12:45 pm
Shiro Usazaki Berikan Pernyataan Resmi Mengenai Pemberhentian Act-Age

Melalui akun Twitter-nya, Shiro Usazaki selaku ilustrator manga act-age telah memberikan pernyataannya atas penahanan penulis Tatsuya Matsuki dan pemberhentian publikasi.

Usazaki bersimpati kepada para korban, yang menurut Usazaki “dengan berani berbicara tentang insiden itu meskipun mereka syok dan takut.” Usazaki menjelaskan bahwa tidak ada orang yang “secara alami pulih” dari serangan seksual, dan bahkan melihat orang yang berpakaian dan berpenampilan serupa dengan penyerang dapat memicu korban untuk merespons dengan cara tertentu, dan selamanya menciptakan stres yang tidak diperlukan dalam hidup mereka.

Usazaki menyebutkan bahwa dia tidak ingin Act-Age menjadi karya yang memicu reaksi serupa dari para korban, sehingga pembatalan manga tersebut dianggap tepat. Usazaki tentu menyesal harus mengakhiri manga di tengah jalan, mereka mendesak fans manga untuk tidak mengganggu atau menyalahkan para korban. Mereka menyatakan dengan jelas bahwa pembatalan manga bukanlah kesalahan korban, dan bukan kejahatan jika para korban angkat bicara tentang pelecehan seksual.

Usazaki menambahkan bahwa dia bersimpati dengan para penggemar manga, atau mereka yang menemukan inspirasi dari manga, karena dirinya pernah juga “diselamatkan” oleh manga. Namun Usazaki mengingatkan dan memohon kepada pembaca yang menggunakan cinta itu untuk tujuan yang salah dan memicu kekerasan, dan mendorong penggemar untuk berpikir jernih, mempertimbangkan berbagai sudut pandang, menyangkal informasi tak berdasar, dan selalu mempertimbangkan apa yang harus atau tidak boleh dikatakan.

Usazaki menutup dengan harapan agar para korban mendapatkan perawatan yang layak, dan hidup damai tanpa harus memikirkan kejadian itu lagi.

Pihak Editorial Jump mengungkap bahwa serialisasi tidak mungkin bisa berlanjut lagi. Bab 123 yang terbit pada edisi gabungan 36/37 menjadi bab terakhir seri. Ini adalah keputusan berat namun pihak Jump dan kreator sadar bahwa mereka memiliki tanggung jawab sosial yang perlu dipenuhi. Acara drama panggung juga dibatalkan.

Volume ke-13 dan kedepannya tidak akan dicetak, begitu juga dengan kelanjutan distribusi dari volume awalnya. Pemberhentian berlaku juga dengan penerbitan lokal oleh mnc. Saluran Youtube milik Jump juga menghilangkan Yonagi dan memprivatkan video seri tersebut.

Act-age adalah manga karangan Tatsuya Matsuki, yang digambar oleh Shiro Usazaki. Manga ini diserialisasikan di majalah manga mingguan Shonen Jump, mulai 22 Januari 2018. Shueisha telah menerbitkan manga ini hingga 12 jilid.

Sumber: ANN