Netizen Jepang Bereaksi pada Logo Osaka World Expo 2050

August 26, 2020 1:49 pm
Netizen Jepang Bereaksi pada Logo Osaka World Expo 2050

World Expo 2050, atau lebih akuratnya Expo 2025 Osaka, Kansai, Jepang memang masih agak lama mulainya, namun berbagai persiapan tentu harus sudah mulai dilakukan. Lokasi acara adalah distrik Yumeshima di Kota Osaka dan para perencana telah membuka kontes logo yang kalau jalannya normal tentunya artikel ini tidak akan dibuat.

Ya. Kandidat E yang menang dari 5984 kontestan lain lewat kontes yang berlangsung pada November-Desember 2019. Kalian yang merasa logo tersebut kelihatan seperti monster seri horor tidak sendirian melihat respon para netizen.

Tentu saja penggunaan logo di lingkungan yang lebih sesuai dibuat juga ilustrasinya.

Tamotsu Shimada (55) selaku ilustrator logo yang berdomisili di Osaka sebenarnya terkejut atas kemenangannya, namun dirinya senang dengan pencapaian ini. Dia mengatakan bahwa logo melambangkan cahaya terang kehidupan, sel mahluk hidup, wilayah Kansai, dan mata di logo adalah penghormatan untuk Osaka Expo 1970 yang menggunakan bunga sakura sebagai logo.

Tentu saja ada respon yang lebih positif untuk logo ini dan untuk sekarang maskot mendadak ini memiliki nama tidak resmi berupa Inochi no Kagayaki-kun (Cahaya Kehidupan).

Osaka sendiri sebenarnya memang punya tradisi memiliki desain yang nyentrik seperti patung matahari di bawah. Sehingga logo ini bisa dilihat sebagai penerus tradisi ini.

Sekjen pelaksanaan acara Osaka World Expo, Hiroyuki Ishige berpendapat bahwa logo yang asimetris ini melambangkan semangat keasyikan Osaka yang melihat kondisi saat ini, kita memang butuh lebih banyak keasyikan.

Sumber: Soranews