Patung Luffy Hasilkan 2 Milyar Yen untuk Penghasilan Turisme Kumamoto

August 28, 2020 11:15 am
Patung Luffy Hasilkan 2 Milyar Yen untuk Penghasilan Turisme Kumamoto

Pada tahun 2016, Prefektur Kumamoto di Jepang selatan dilanda gempa magnitudo 7,0 yang menghancurkan kota-kota dan menewaskan 50 orang. Eiichiro Oda, mangaka One Piece dan penduduk asli kota Kumamoto, langsung bergerak mendukung kampung halamannya dan menyumbangkan 800 juta yen untuk upaya pemulihan, 500 juta yen dengan nama Luffy dan 300 juta dengan namanya sendiri.

Untuk berterima kasih kepada Oda atas sumbangannya yang besar, pemerintah prefektur Kumamoto saat ini mendirikan 8 patung bajak laut topi jerami yang tersebar di prefektur, dengan biaya kontruksi sekitar 10 juta yen per patung. Saat ini, tiga patung telah dipasang, Luffy berada di depan Kantor Prefektur Kumamoto di Kota Kumamoto, Sanji di Kota Mashiki, dan Usopp di Kota Aso. Patung Chopper dan Brook seharusnya diresmikan pada Maret 2020 tetapi ditunda karena pandemi COVID-19.

Mungkin ada opini kritis pada Pemda Kumamoto yang memutuskan untuk mengalokasikan sejumlah uang sumbangan untuk patung, daripada upaya pemulihan dari Gempa Bumi. Namun 66 mahasiswa dari Universitas Shokei setempat mensurvei mereka yang mengunjungi patung Luffy antara 19 Oktober 2019 dan 20 Januari 2020, dan menemukan bahwa perkiraan nilai ekonomi patung Luffy selama setahun adalah 2.671.970.000 yen, dengan perkiraan 55.121 orang mengunjungi Kota Kumamoto hanya untuk sang kandidat raja bajak laut ini.

kumamoto

Jadi tiap turis mengkontribusikan 48.474 yen untuk perekonomian lokal. 8% dari mereka yang disurvei adalah penggemar One Piece Internasional. Hasil survei menunjukkan kalau patung Luffy saja sudah membayar biaya konstruksinya sebanyak 267 kali lipat, per tahun.

Survei menemukan bahwa orang-orang yang mengunjungi patung tersebut juga pergi untuk melihat pemandangan lain di prefektur seperti Kastil Kumamoto, serta pergi ke restoran lokal, dan menginap di hotel-hotel lokal. Salah satu siswa yang terlibat dengan laporan itu “terkejut” dengan jumlah yen pariwisata yang dihasilkan patung Luffy, sementara siswa lain “sudah tahu dari awal” dari hasil ini, dia mengatakan “Saya pikir jika patung kru yang tersisa juga didirikan, jumlahnya akan menjadi lebih besar. ”

Sumber: Crunchyroll