Ini Dia 3 Aplikasi Baca Manga Legal dan Gratis Yang Bisa Kamu Baca Kapan Saja!

August 29, 2020 3:33 pm
Ini Dia 3 Aplikasi Baca Manga Legal dan Gratis Yang Bisa Kamu Baca Kapan Saja!

Membaca manga adalah sebuah kegiatan sehari-hari yang tidak bisa lepas dari aktivitas kawan-kawan semua, karena cerita bergambar ini bisa dibaca kapan saja dan dimana saja. Apalagi dewasa ini dengan kemudahan yang bernama smartphone, kamu tidak perlu lagi memicingkan mata untuk baca manga di layar HP yang seupil seperti 10 tahun lalu. Kemudahan untuk menemukan internet lewat wifi gratis atau menggunakan paket data juga membuat membaca manga lebih mudah di mana saja.

Imbasnya, banyak orang yang lebih memilih untuk membaca manga lewat perangkat masing-masing ketimbang membeli buku aslinya di toko buku terdekat. Selain update yang lebih cepat, perangkat digital masing-masing juga lebih mudah untuk dibawa kemana-mana karena kamu tinggal memasukkannya saja ke dalam kantong kamu. Tapi bisa kita simpulkan keuntungan terbesar dari membaca manga di  Banyak sekali keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari menggunakan smartphone masing-masing, walaupun memang banyak aplikasi baca manga yang beredar di Play Store tidak menyandang status legal.

Walaupun memang susah untuk mendapatkan cara membaca manga secara gratis dan legal, tapi bukan berarti you’re out of options yet. Karena dalam artikel kali ini, kami mencoba 3 aplikasi baca manga yang legal dan juga gratis! Aplikasi ini juga tersedia lewat Android dan iOS, jadi kamu bisa membacanya di perangkat manapun tanpa takut tidak kompatibel. Ketiga aplikasi tersebut adalah:

1. MangaPlus by Shueisha

Sesuai dengan namanya, aplikasi manga legal ini merupakan tempat baca resmi dari manga terbitan Shueisha, kamu bisa baca manga terbitan mereka dengan gratis dari penerbit ini. Aplikasi ini juga sangat update setiap minggunya dan tidak kalah dengan situs-situs tidak legal lain. Namanya juga situs milik penerbitnya sendiri. Manga-manga yang ada dalam situs ini tersedia dalam bahasa Inggris dan Spanyol, saat ini belum ada terbitan bahasa Indonesia namun bahasa Inggris yang digunakan baik dan enak untuk dibaca.

Setiap minggunya, manga di situs ini diperbaharui dengan chapter yang paling baru dengan gratis. Kebanyakan manga akan memiliki 7 chapter terbarunya untuk dibaca dan akan dihapus saat waktunya sudah lewat. Untuk manga-manga yang terkenal seperti Dr. Stone misalnya, manga ini hanya disediakan 3 chapter terbarunya saja dan akan dihapus setelah 3 minggu terbit di MangaPlus. Jadi kamu mungkin harus terus up to date kalau mau mengikuti perjalanan Senkuu dan kawan-kawan.

2. Book walker

Aplikasi Book Walker merupakan salah satu aplikasi yang paling menarik, karena buku-buku dari Bookwalker bisa dibaca walaupun kamu sedang offline. Bookwalker ini merupakan aplikasi milik Kadokawa yang dikhususkan untuk menjual manga dan light novel terbitan mereka ke seluruh dunia. Aplikasi ini berstatus global dan memiliki bahasa pengantar Bahasa Inggris, jadi kamu tidak perlu belajar bahasa Jepang untuk mengerti.

Walaupun mereka memang menjual buku-bukunya, tapi kamu juga bisa membaca manga-manga gratis lewat free section yang memuat beberapa buku yang bisa kamu baca tanpa mengeluarkan sepeser pun. Selain itu, Book Walker juga memberikan manga baru setiap minggu-nya untuk dibaca lewat rotasi tertentu. Jadi selalu ada bahan bacaan baru lewat Book Walker untuk kamu. Tapi jangan lupa juga untuk ngecek rilisan-rilisan lainnya ya, dan dukung penulis serta mangaka favorit kamu dengan membeli bukunya langsung.

3. Crunchyroll Manga

Kamu pasti sudah kenal dengan Crunchyroll yang memang menyediakan layanan anime legal, selama ini memang nama mereka salah satu yang paling besar gaungnya di jagad maya. Namun selain anime, mereka juga menyediakan layanan baca manga legal lewat Crunchyroll Manga. Sistem yang digunakan tidak berbeda dengan MangaPlus, chapter terbaru dari berbagai manga tersedia dengan gratis untuk dibaca oleh setiap anggota layanan tersebut. Namun ada beberapa manga eksklusif juga yang hanya bisa diakses dengan menjadi anggota premium dari situs tersebut.

Manga populer seperti Cardcaptor Sakura tentu termasuk dalam kategori manga premium, tapi bila kamu main Honkai Impact, banyak manga dari seri tersebut yang juga terbit dan dapat dibaca secara gratis lewat Crunchyroll Manga. Aplikasinya juga bisa dibaca di Indonesia dan tidak perlu menggunakan VPN untuk membaca layanan ini.

Saat ini memang tidak banyak cara untuk membaca manga secara legal dan gratis, namun the options are there dan seiring dengan berjalannya waktu mungkin akan lebih banyak lagi layanan serupa yang muncul. JOI juga mendapatkan kabar kalau sponsor dari artikel kali ini, Harlequin Comics juga akan segera meluncurkan aplikasi di platform Android dan iOS.

Mau mencoba baca komik romantis yang punya rasa-rasa manis dan pahit, tapi juga legal dan murah? Yuk cobain baca di romancecomics.com, situs ini membawakan komik-komik romantsi dari penulis-penulis best seller Harlequin Novels dan diadaptasi oleh mangaka Jepang menjadi seri shoujo. Ada ribuan komik berbahasa Indonesia dan puluhan ribu komik lain dalam berbagai bahasa. Selalu ada komik baru setiap harinya, jadi kamu tidak perlu takut untuk kehabisan bahan bacaan.