[JOI Spotlight] Mumbo Jumbo Edition

September 6, 2020 8:18 pm
[JOI Spotlight] Mumbo Jumbo Edition

Selamat datang di JOI Spotlight pertama untuk bulan September ini. Masuk sudah kita ke bulan terakhir musim panas ini dan seperti biasa para staf akan memberikan impresi untuk berbagai seri yang sudah hadir di minggu ini.

Monster Musume no Oishasan 08

Kaczmarek

Bener kan, si raksasa bernama Dione ini cuman sakit flu. Seperti yang diperkirakan juga, death by snu-snu juga gaperlu diangkat karena dokter satu ini gak sepolos serial satunya. Hal yang membuat Glenn lemah adalah karena gak dikaruniai kekuatan fisik yang lebih baik dari para monster. Episode ke-9 yang bakal tayang di Muse Asia nanti malam bakal menampilkan Skadi, dan akhirnya kita bisa mendengar suara aslinya lagi.

CTian

Belum nonton seri ini sih, tapi mau mengingatkan saja. Seri ini ditayangkan secara resmi di Indonesia lho dan tayang gratis pula!!! Informasi selengkapnya bisa dibaca di artikel ini yak~

Deca-Dence 09

Kaptain

Oke anime, you got me back. Kabu, Natsume, dan mostly Sark berhasil menghancurkan sistem. Mungkin ngebangun pabrik yang super vital buat kelangsungan sistem di atas tempat yang konsentrasi pemberontaknya paling banyak itu ide yang jelek. Begitu juga dengan akses sistem genosida yang bisa dipake penyusup dengan mudah. Saya nggak terlalu khawatir sama Pipe melihat dia dari awal itu Bug sistem.

Sekarang Kabu bisa ngasih kebenaran sama Natsume. Yang jadi masalah itu walaupun para robot udah banyak kehilangan aset mereka, para manusia masih terlalu lemah untuk benar-benar bangkit, not to mention manusia yang benar-benar bebas itu cuma Natsume aja.

Appare-Ranman 10

Kaptain

Satu episode didedikasiin buat the real Gil ngumpulin Heat. Dude’s so cartoonishly evil dan ini ngebuat dia super hilarious daripada intimidatif, and I love it. Nggak sekalian ngeliat ke kamera terus ngehina penonton langsung mas? Serius ini orang lebih ngededidakisiin dirinya jadi orang brengsek daripada jadi kriminal.

Semua mobil down for count dan seperti biasa saya ga khawatir sama karakter yang ditunjukin mati di akhir episode.

Toaru Kagaku no Railgun T 22

Kaczmarek

Saya mengira Scavenger bakal dibantai Doppelganger atau Misaka di episode ini. Poor Seike, hanya laki-laki ini yang dibuat tak berdaya di hadapan Misaka. Yeah, saya gak perlu ngingetin lagi kan bahwa makhluk LSBH yang suka bersih-bersih kantor dan nyeker ini berbatang? Balik lagi ke episode, setelah Ryouko menjelaskan konsep cyborg dalam penelitiannya, saya merasa urgensi akan bahaya terhadap doppelganger ini makin tinggi. Ngingetin saya dengan insiden di anime Chaos Dragon soal golem dulu. Kalo boleh menebak, episode berikutnya bakal membahas penghapusan jiwa dalam Doppelganger dan semoga ada minimalisir hal orisinal seperti Misaka nelpon Kuroko di episode ini.

KanoKari 09

Sumpah gangerti kenapa Ruka ngeraba disini

Kaczmarek

Makin berantakan dari sisi protagonis, namun makin rapih dari sisi Chizuru. Seperti yang dikatakan Ruka, endurance battle will set them up. No one will be surprised with the outcome. Sumi? Ah, my best girl will be featured in the next episode (10/11 i think). Aspek yang saya suka dari serial ini adalah pemilihan gaya berpakaian masing-masing karakter. Kalo kalian udah nonton video keseharian Reiji Miyajima di salah satu kanal YouTuber Paolo, mungkin kalian sudah mengerti dari mana Reiji mengambil referensinya.

CTian

Sama, saya belum nonton seri ini sih, cuman mau mengingatkan saja. Seri ini ditayangkan secara resmi di Indonesia lho, lengkap dengan subtitel Indonesia dan tayang gratis pula!!! Informasi selengkapnya bisa dibaca di artikel ini yak~ Oh ya, manganya juga akan diterbitkan di Indonesia lho oleh Elex Media.

Maou Gakuin no Futekigousha 10

Kaczmarek

Pretty rushed yeah? Don’t worry about it, just stick with this series to the end. You’ll find out something more than Anos’s antics. Minimnya kehadiran Eleonore memang sudah mencurigakan dan berakhir dengan kemunculannya kembali sebagai “senjata” bagi para pahlawan tentunya membuat saya penasaran untuk minggu depan. Kapal antara Misa dan Lay disini juga terasa aneh sebenarnya, namun ngeliat Misa yang gak terlalu reaktif terhadap godaan membuat saya mendukung kapal ini. Rather than that, i’m craving for more of Menou, Emilia, and Eleonore. Karena karakter wanita (yang terlihat dewasa) di beberapa serial terakhir cukup waifuable, saya kira hanya menunggu beberapa minggu sebelum waifu wednesday edisi serial ini bakal dipublikasi.

BlueHeaven

Wait, something is wrong. Alurnya enak buat diikutin tapi emang ada beberapa yang janggal di episode ini. Formatnya masih sama, status futekigousha Anos diserang bangsawan habis itu Anos muncul dengan segala ke-OPnya. Anos fans club nyampe ke akademi pahlawan ga ditampilin trus tidak ada “sasuga Anos-sama”.

Episode ini lebih nekanin Anos lawan para “reinkarnasi” pahlawan Kanon. Saya kesel banget sama kepala sekolah rangkap wali kelas khusus pahlawan. Kelakuan persis banget sama Emilia sensei sebelum dikutuk. Untungnya pengganti Emilia-sensei ga separah mereka.

Ada satu lagi yang janggal yaitu pas battle itu cuma 3 orang doang dari akademi pahlawan. Padahal dari akademi iblis harus butuh 10 orang lebih untuk membuat tim. Mungkin ada ketentuan lain tapi ga dikasih tahu ini jadi berasa janggal banget.

Dokyuu Hentai HxEros 09

Here comes my Yona

Kaczmarek

Filler yang gak kerasa kayak filler. Itu mencetin teripangnya kenapa kudu diarahin ke badan ya Tuhan. Kan bisa diarahin kedepan biar muncratnya gak ngelengketin badan. Kini dua anggota lain dari cabang Tokyo juga ikut nongol dan yang sassy boy itu punya kekuatan HxEros yang cukup mudah untuk dipicu. Dari trait yang ditampilkan, saya gak ngira Toma malu karena putingnya kegedean hahahahahaha. Makin meringis setelah ngeliat Retou malah “membangun tenda”, walau ternyata itu cuma teripang tadi. Karakter terbaru, Yona Ichougi muncul dengan tipe kacamata dan rambut yang sedikit mengingatkan saya dengan Haruhi atau Kongou. Moga Yona dapet “kesempatan” di sisa episode ini, karena…..hehehe.

Re: Zero S2 09

BlueHeaven

Karakter baru, waifu baru. Minerva benar-benar mencuri perhatian diantara semua witch yang baru muncul. Saya yakin banyak otaku yang rela dihajar sama tinjunya. Toh tinjunya malah ngeheal. Endingnya Satella muncul, suasana pesta teh yang meriah langsung jadi horror gini. Yabai desu ne!

CTian

Nah kalau ini saya belum nonton episode terbarunya aja, tapi ngikutin kok. Sama, saya cuman mau ngasih tahu saja kalau ini juga ditayangin secara resmi di Indonesia! Lengkap dengan subtitel Indonesia dan bisa disaksikkan secara gratis juga!!! Informasi selengkapnya bisa dibaca di artikel ini yak~

Oregairu Kan 09

BlueHeaven

AAAAAAA SHIROMEGURI MEGURI SENPAI!! Finally my favorite girl muncul. Terlupakan? Mana ada yang bisa benci sama Meguri, semua sayang Meguri.

Scene pesta apa itu? Lebih menarik belanja sama Gahamama dong. Bodo amet itu banyak momen penting dicut. Yui lebih penting daripada plot. Mending budgetnya dialihkan saja buat ngesimp Yui. Buset itu Yui blushnya cakep banget belum pernah gue lihat ada yang semulus ini. Hachiman ga merasa betah? Dibikin blush aja biar penonton anime bisa dukung ship Yui x Hikki.

Biar aja penonton animenya pada ga nyambung sama ceritanya. Sisa tiga episode, yang penting jos, simp trus dah sama Yui. Mau dia rakus kek, makan temen, tapi masih mau pepet trus, yang penting Yui itu best girl, terbaik, tak terkalahkan. Yukino? Siapa dia? Studio ga kenal main heroinenya yang namanya Yukino.

CTian

Kalau ini sih kayaknya sulit kalau mau ngikutin serinya, udah season 3 :’v~ Dan… YA!! Season 3-nya ini tayang resmi lho di Indonesia!!! Lengkap dengan subtitel Indonesia dan bisa ditonton secara gratis lagi!!! Informasi selengkapnya bisa dibaca di artikel ini yak~

Lapis Re:LiGHTs 10

BlueHeaven

What an amazing story idea. Lapis Re:LiGHTs tak habis-habisnya membuat saya takjub. Plotnya merupakan campuran berbagai ide yang ga pernah diduga bisa nyatu.

Minggu ini mungkin cukup predictable soal nakama power, mengejar mimpi dan sebagainya, tapi eksekusinya tidak sesimpel itu. Semua scene sangat menghibur, adegan menyusup istana menjadi spotlight dalam episode kali ini. Pada akhirnya tensi gelap yang sudah terkumpul akan tersaji di episode mendatang.

CTian

Iyak, ini sama kayak di atas hehe~ Seri ini ditayangkan secara resmi di Indonesia lho dan ditayangkan gratis juga!!! Informasi selengkapnya bisa dibaca di artikel ini yak~

SAO-A: War of Underworld S2 09

BlueHeaven

Bukan SAO kalau ga ada Kayaba yang comeback. Kayaba ini main character sebenarnya, ga ada Kayaba mana ada plot SAO. Kirito masih bisa dihilangkan tapi tidak dengan Kayaba.

Saya suka akhir yang menimpa Gabriel, mati sampe keriput gitu, ingin berkata m*mp*s. Vassago ngilang entah gimana, tapi masih pada anteng itu pasukan Amerika, baru nyadar ada yang ilang pas di kapal selam. Lah kemana aja pada ga nanyain.

CTian

Ini saya malah belum nonton season 3 sama sekali :’ Tapi promosi anime legal tetap prioritas~ Season ketiga arc kedua bagian kedua ini ditayangkan di 2 layanan streaming resmi lho. Dua-duanya juga menyediakan subtitel bahasa Indonesia, dan sama-sama bisa dinikmati secara gratis. Informasi selengkapnya bisa dibaca di sini dan di sini yak~

Chainsaw Man 82

CTian

Another just Makima chapter… Here we go!~ Btw, sebelum masuk pembahasan bab ini, saya mau apresiasi terlebih dahulu artwork yang jadi thumbnail pembahasan bab ini. Mengo Yokoyari-sensei benar-benar maniak Chainsaw Man sih, bahkan dia juga sampai bikin tweet kalau dia mau hiatus sosial media dulu setelah baca bab 82 ini.. :’

Di titik ini, Makima beneran jadi antagonisnya Chainsaw Man, dan menurut saya sudah jadi antagonis terbaik di seri ini. Antagonis yang baik tuh karakter yang benar-benar kontra sama protagonisnya. Dan di sini benar-benar ditunjukkan kalau Denji tuh ndak bakal dibiarkan bahagia sama Makima. Karena Denji harus menebus dosa di masa lalunya itu.

Hanya sesimpel itu, Makima beneran dibikin jadi protagonis terbaik dari seri ini… Ahhh God… Juga Makima tuh di sini to the point banget, dialog-dialognya tuh pendek tapi ngena banget. Ndak bertele-tele sama sekali, walau masih menyimpan misteri. Tentang, kenapa dia ingin sekali biar Pochita dan Denji tuh kontraknya batal. Kenapa Chainsaw Devil diincar banyak orang ini masih menjadi misteri banget.

Tentang dosa Denji di masa lalu itu… Man… WHAT A TWIST!!! Gila, Chainsaw Man ini selalu berhasil memberikan twist after twist after twist dan seterusnya dah tuh sampai ini seri kelar saya rasa. Dan twist ini yang paling gila sih sejauh ini. Juga, pembahasan tentang psikologi anak kecilnya inj sama gilanya sih. “Otak anak kecil itu hebat, mereka bahkan bisa menyembunyikan ingatan buruknya di balik sebuah pintu, tanpa anak itu sendiri mengetahuinya.” Damn… That f*cking door.

Kejadian ini juga saya rasa arti dari referensi di bab sebelumnya. Sebuah ilustrasi yang dijadikan lukisan besar “Fallen of Lucifer” karya Gustave Dore, yang dipajang di lorong pintu masuk kediaman Makima. Di sini Lucifer itu adalah Denji, seorang yang dulunya dikatakan sebagai “pembaya cahaya”, dan karena dosanya itu dia dihukum dan jatuh dari surga. Yang di kasus Denji ini surga itu adalah kehidupan normalnya itu. Ini menurut saya saja, tapi menurut saya ini terlalu muluk sih untuk dibilang sebuah kebetulan. Ya posisi Makima di sini adalah orang yang menghukum si pendosa itu, the God it self… Mungkin Control Devil itu perwujudan God Devil yak di dunia Chainsaw Man… Ya kan? Seorang yang mampu mengendalikan apa pun.

This is art.” kata seorang sepuh JOI yang nganterin saya untuk masuk JOI. Saya bahas 2 bab terbaru ini sama dia dengan semangatnya setelah nonton interview-nya editor Chainsaw Man di acara AFA Station kemarin. “Chainsaw Man ini bukan bacaan yang bakal populer kayak Hero Aca, One Piece dan sejenisnya, tapi bakal jadi sebuah bacaan yang beneran jadi culture art.” katanya. Can’t more agree from that.

CAN’T WAIT FOR NEXT CHAPTER BOII!!! Apalagi setelah kemarin saya nonton interview editornya chainsaw Man yang saya sebutkan sebelumnya. Not gonna lie, dia semangat betul bahas Chainsaw Man di interview itu. Dia memang ndak mau bagiin bocoran apa pun, karena pasti akan merubah efek kejutnya. Tapi saking semangatnya untuk bab-bab terbaru dirilis, dia sampai mau bilang kalimat seperti “This is so interesting! The entire world will be amazed”. Chainsaw Man, you’re always make me amazed!~

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Ini game kenapa sih ngasih saya suap terus. Secara pribadi cuma butuh AoE Lancer buat ngelengkapin kebutuhan saya dan ngedapetin Parvati itu cuma masalah waktu. Seperti biasa rerun event awal enak mainnya berhubung CE yang dipake juga udah di pool umum. Masih nunggu BINY buat full brainless grind.

Magicami

Kaptain

Grabs me better than Magireco, translasi kompeten dan autonya juga gampang banget. Sumpah ini gameplay dead simple banget dan secara efektif mainnya kayak clicker game dibanding game gacha sejenis. Ini DMM kayak tahu pemain udah males sama model game kayak gini dan memutuskan fokusin budget gedenya ke kualitas produksi yang mereka ngaku udah ngabisin 1 milyar JPY. Jadi CG banyak, animated, dan semuanya voiced.

So yes, selamat untuk DMM yang ngehasilin game yang kualitasnya jauh di atas dugaan saya. Hah? Opini buat konten versi yang satunya? Saya cuma tahu versi semua umur ini kok. Jangan tanya saya. But seriously tho expect guro as you get to mid game. Bagian vanilla lebih dikit dan mesti bayar.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Dapet Ceobe di pull ke-39. Sekarang bisa nabung demi Utage + Nino. Saya sampe lupa baca story event sekarang, baru kesampean besok mungkin. Sekarang fokus mastery Saria sama si SA demi CC.

Kantai Collection

Kaczmarek

Nothing happened. Cuma mau ngingetin diri untuk nyelesein quest PDF, eh PFD karena ngeri mubazir. Ngomong-ngomong kudu leveling kapal-kapal drop dan reward kemaren, tapi reso belum normal.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Ini musim panas kerasa cepet banget, mungkin karena berbagai aktivitas khas musim ini lagi keganggu.

Header: 2ManySnacks