Pemutaran Film Anime Planetarian: Snow Globe Ditunda Hingga 2021

September 14, 2020 4:18 pm
Pemutaran Film Anime Planetarian: Snow Globe Ditunda Hingga 2021

Situs resmi Key dan Visual Art’s mengumumkan bahwa perilisan film anime Planetarian: Snow Globe” resmi ditunda hingga tahun 2021. Film ini seharusnya dirilis pada September ini, namun staf harus menundanya hingga akhir Januari 2021. Sama seperti film “Kud Wafter“, alasan utama penundaan ini masih terkait pandemi coronavirus di Jepang.

Sinopsis “Planetarian: Snow Globe“:

Cerita ini terjadi sebelum peristiwa dari peperangan yang membawa dunia mengalami kehancuran. Di titik ini, Yumemi tengah bekerja di planetarium atap di Flowercrest Department Store selama 10 tahun. Suatu hari, Yumemi mulai bertingkah aneh, dimana ia mulai berjalan keluar dan mengitari kota. Staf-staf dari planetarium terkejut, dan salah satu pekerja–seorang wanita bernama Satomi Kurahashi–diperintahkan untuk mengikuti Yumemi dan membawanya kembali. Belum lama berjalan, Yumemi, mulai kehabisan energi baterai.

Studio terbaru buatan staf studio David Production, Okuruto Noboru akan menjadi studio animasinya. Sutradara dari serial Akanesasu Shoujo, Jin Tamamura akan menempati pos yang sama di proyek kali ini. Shogo Yasukawa (Shokugeki no Souma) akan kembali menjadi penulis skrip cerita sekaligus komposisi serinya. Yasukawa juga menempati posisi yang sama dalam proyek Planetarian sebelumnya. Hitomi Takechi juga menempati posisi yang sama sebagai karakter desainer. Begitu juga dengan Naokatsu Tsuda (Stardust Crusaders) yang kembali ke proyek ini namun berpindah sebagai pengawas proyek. Key/VISUAL ART menjadi studio pembuatan efek suara serta produksi musiknya.

Pratinjau lagu tema film:

Detail penggubah musik dan lagu temanya:

  • Vokalis: Riko Azuna (Shinchou YuushaYagate Kimi ni Naru)
  • Penulis Lirik: Touya Okano (Hatsukoi 1/1Summer Pockets)
  • Komposer Musik: Shinji Orito (Air, ClannadAnoHana, Little Busters!)
  • Pengarang Lagu: Shinpei Nasuno (Azur Lane Character Song Vol. 2)

Keiko Suzuki, seiyuu dari karakter utama Yumemi Hoshino, memberikan komentar terkait proyek terbaru ini. “Sudah lebih dari 10 tahun sejak CD drama pertama Planetarian tentang Snow Globe, namun saya sangat berbahagia bahwa banyak penggemar yang masih mengingatnya.” Selain Suzuki, Daisuke Ono akan kembali memerankan karakter Kuzuya.

Setelah resmi ditutup, crowdfunding proyek OVA “Planterian: Snow Globe” telah meraih 260% dari target mereka. Total dana yang terkumpul mencapai 77.986.867 yen dari target 30 juta yen. Dengan membludaknya dana yang didapatkan, staf memberikan keuntungan terbaru bagi para penyokong dana di setiap target baru yang sudah tercapai.

Perlu diketahui bahwa adaptasi anime ini merupakan prekuel dari “Planetarian: Chiisana Hoshi no Yume”.

Novel visual Planetarian ~Chiisana Hoshi no Yume~ pertama kali dirilis pada 29 November 2004 untuk platform PC oleh Key. Novel visual ini memiliki durasi pendek (2-10 jam) dan telah mendapatkan porting menuju Play Station 2, PSP, iOS, Android, hingga Nintendo Switch. Sebuah side story berjudul “Hoshi no Hito ~Planetarian Side Story~ juga dirilis Key pada 30 November 2011 untuk platform iOS dan Android. Sekai Project bekerja sama dengan Key dan Visual Art’s untuk merilis novel visual ini di Steam dalam bahasa Inggris. Penjualannya dibuka pada 12 September 2014.

Adaptasi light novel-nya diluncurkan oleh Yuuichi Suzumoto dan Eeiji Komatsu yang perilisannya dibundel dengan edisi terbatas dari penjualan CD dari novel visual Planetarian. Novel ini juga dibundel dalam edisi terbatas dari versi Play Station 2. Visual Art kemudian menerbitkan novel ini secara fisik menggunakan label VA Bunko pada 31 Oktober 2008. Novel ini berisi empat cerita pendek yang diantaranya Snow Globe, Jerusalem, Hoshi no Hito, & Tircis and Aminte.

Adaptasi anime Planetarian pertama kali diproduksi oleh studio David Production dan ditayangkan di situs streaming Niconico mulai 7 Juli hingga 4 Agustus 2016. Total terdapat lima episode dengan format ONA. Staf yang sama kemudian membuat adaptasi film anime yang berjudul “Planetarian: Hoshi no Hito” yang diputar di bioskop dan teater di Jepang pada 3 September 2016.

Sumber: Visual Art’s