Perilisan Film Anime Kud Wafter Resmi Ditunda untuk Kedua Kalinya

September 14, 2020 3:55 pm
Perilisan Film Anime Kud Wafter Resmi Ditunda untuk Kedua Kalinya

Key dan Visual Art’s mengumumkan info terbaru terkait adaptasi film anime dari novel visual, “Kud Wafter” pada Senin petang ini (14/09). Staf mengumumkan bahwa perilisan adaptasi film anime ini harus ditunda dari September bulan ini menjadi akhir bulan November 2020. Alasan utama dari penundaan ini adalah produksi animasinya yang terkendala pandemi coronavirus. Penundaan perilisan ini juga berlaku untuk versi bahasa Inggrisnya yang akan dirilis oleh Tokyo Otaku Mode.

Anime Kud Wafter” direncanakan sebagai peringatan 10 tahun perilisan novel visual “Little Busters!”. Sebuah crowdfunding di situs Campfire diluncurkan pada 19 Juli 2017 dan berhasil mencapai target pada September 2017. Crowdfunding ini sebenarnya direncanakan untuk OVA 20 menit setelah mencapai target 30 juta yen (US$ 267,500). Namun ternyata yang didapatkan mencapai 60 juta yen (US$ 535.000), dan ini mengaktifkan opsi adaptasi film anime. Visual Art bekerjasama dengan Tokyo Otaku Mode membuka crowdfunding internasional dan direncanakan jika mencapai target 3 juta yen maka akan perilisan dengan subtitle bahasa Inggris. Target berikutnya adalah 15 juta yen, dan jika tercapai maka durasi film anime ini akan diperpanjang menjadi 1 jam. Hingga crowdfunding ditutup, total yang didapatkan adalah 8.980.540 yen.

Sutradara serial televisi animeLittle Busters!“, Kentarou Suzuki berperan sebagai sutradara film ini. Studio J.C. Staff (Toaru Series) berperan sebagai penggarap animasinya. Suzuyu bawakan lagu tema berjudul “Light a Way” untuk film anime ini.

“Kud Wafter” merupakan adaptasi anime dari novel visual dengan judul yang sama. Novel visual ini diproduksi oleh Key pada 25 Juni 2010 dengan rating dewasa (18+). Novel visual ini juga tersedia untuk android (18+), PSP (15+), dan PSVita (15+). Tidak ada terjemahan bahasa Inggris sejauh ini.

Novel visual ini menceritakan kehidupan setelah trip sebelum musim panas berjalan lancar. Seluruh siswa kembali ke rumah masing-masing untuk menghabiskan libur musim panas, kecuali Riki (yang tidak memiliki keluarga) dan Noumi Kudryavka (yang keluarganya di luar negeri). Pada suatu hari, terjadi banjir bandang yang merendam asrama laki-laki. Hal ini menyebabkan Riki harus mengevakuasikan diri ke tempat lain. Beruntungnya Kud mau memberikan bantuan, dan mereka tinggal satu kamar.

Sebelum novel visualnya dirilis, adaptasi mangaKud Wafter” diluncurkan di majalah Dengeki G’s Magazine pada Mei 2010. Manga yang digambar oleh Bakutendou ini berjalan hingga Februari 2014. Total manga ini diterbitkan hingga 6 volume.

Sumber: Visual Art’s, Tokyo Otaku Mode