[JOI Spotlight] Tongseng Edition

September 20, 2020 7:18 pm
[JOI Spotlight] Tongseng Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang siap-siap masuk finale berbagai seri. Seperti biasa para staf akan memberikan impresi untuk berbagai seri yang hadir di minggu ini.

Monster Musume no Oishasan 10

Kaczmarek

Ah yes, loincloth. That’s the man, Glenn become a man just said something unfamiliar to us. Not freaking out, not pointing out, and even not embarrassed. Meme is just being meme in this episode. Karena ini jadi episode persiapan sekaligus pengenalan, mari menunggu nanti malam untuk melihat progres operasi untuk Skadi.

Deca-Dence 11

Kaptain

Notice of service termination. Yang dalam skala ini itu sama aja ngancurin satu benua dan semua mahluk hidup di dalamnya. Ini sebenernya diungkap duluan di side material, tapi episode ini ngekonfirmasi kalau Jill itu salah satu founder sistem. Nggak sreg sama konflik terakhir yang final boss-nya itu Gadoll dan bukan para robot, cuma ya walaupun “game” udah hancur para robot itu besar kemungkinannya udah ngekoloni tata surya dan konflik kita ini sebenarnya cuma ngelawan satu perusahaan aja.

Singkatnya, manusia yang nyaris punah nggak punya kesempatan ngelawan spaceborne empire. Mari kita lihat apakah nanti bakal ada twist terakhir buat ngurus masalah ini..

Appare-Ranman 12

Kaptain

Sampai di titik ini, anime orisinal ini udah jadi “Seri Kurosawa yang bingungan” daripada seri balapan, not even a decent spaghetti western walaupun genre ini punya akar yang sama. Kalau dah kayak gini balapannya bisa aja dilakuin di Jepang atau malah di sirkuit yang lebih tetap because it barely matters. 

Aksinya masih oke, cuma jelas banget seri ini dah masuk pola yang sama sampe tamatnya nanti. Yakin banget saya kereta colongan Gil bakal dipake buat bom, dan ini akan jadi misi balapan terakhirnya.

Maou Gakuin no Futekigousha 12

Kaczmarek

They frickin’ skipped the best part of this story. Man, i was waiting for the moment Eleonore shown herself, but this is too much detail to be left. Saya gak berani untuk ngecek forum setelah nonton episode ini karena hal tersebut. Namun, saya bisa kasih applause sama staf komposisi serialnya karena berusaha menamatkan 1 cour ini di akhir volume ketiga. Mari kita menunggu episode berikutnya karena bakal ada kejutan lebih dari yang kalian kira (terutama bagi yang gak ngikutin novelnya).

KanoKari 11

Kaczmarek

SUMI! SUMI! SUMI! Mengesampingkan semua heroine kecuali perempuan satu ini, akhirnya porsi si polos bisa ditayangkan. Saya cuma menikmati kelucuan perempuan ini dan mulai menghilangkan kepedulian kepada MC ataupun Chizuru.

Toaru Kagaku no Railgun 24

Kaczmarek

Golem vs. Golem di episode ini hanyalah pengalihan isu, karena yang jadi sasaran utama adalah Ryouko dan penghancuran umat manusia. Disini juga diklarifikasi bahwa Soul Possession yang dibahas di episode sebelumnya ternyata adalah Mold Manipulation. Sehingga ini bisa menjawab rasa penasaran Misaka dan Misaki atas kemampuan Doppelganger yang melebihi ekspektasi mereka. Scavenger akhirnya balik dan masih membantu jalannya pertarungan Misaka vs Doppelganger. Namun tak bisa dikesampingkan bahwa mereka punya tujuan lain di balik kerjasama ini.

Kuma Kuma Kuma Bear 01 (Limited Advanced Broadcast)

Kaczmarek

Mungkin banyak yang bingung mengapa suara Yuna terdengar lebih berat, namun saya sendiri lebih menyukai suara ini karena bener-bener merepresentasiin cara dia berbicara di dunia nyatanya. NPC di dalam game ini juga lebih memiliki kepribadian dan perasaan dari para pemain itu sendiri. Sedikit mengundang pertanyaan besar akan dunia dalam game tersebut, ditambah dengan Yuna yang maen forex/saham disini. Lanjutannya? Mari menunggu hingga 7 Oktober apakah Muse bakal nayangin serial ini sampe akhir episode atau hanya penayangan perdana episode pertamanya saja.

Re:Zero S2 11

BlueHeaven

Not gonna lie, Emilia is hotter while yandere form takes her. Kasian juga Betty mesti nunggu beratus tahun hanya buat mati. Ah Elsa robenya dilepas jadi makin demen liatnya. Dua rahasia kembali dibuka yaitu si loli yang ga pernah diduga sedikit pun ternyata komplotan jahatnya Elsa sama Roswaal yang sudah tahu Subaru bisa restart tapi ga ngerti cara kerjanya. Ujung-ujungnya mati lagi sama kelinci.

Oregairu Kan S2 11

BlueHeaven

Saya ga pernah ngeluh itu percakapan Sensei sama Hachiman dipotong di episode sebelumnya. Ternyata bener, ditaruhnya di awal episode ini. Best sensei emang Hiratsuka. Haruno, siapa itu?

Klimaksnya tetap saja keberpihakan studio Feel-er gabisa menahan alur yang sudah ditetapkan dari light novel. Meski spotlight kepada scene Yui lebih keren dan di scene confess Hachiman ke Yukino ga terlalu sebagus scene Yui, feelnya tetep berasa BERKAT HAYAMIN TENTUNYA. Credit setinggi-tingginya buat salah satu seiyuu yang paling berbakat dalam mentransmit perasaan dalam perannya. Soal confess Hachiman yang epic, ga bikin kaget sih, soalnya saya sudah tahu duluan. Mungkin bagi otaku yang cuma nonton animenya beneran hype sama ini, soalnya emang keren sih cara nembak sama nerimanya. Yui emang udah no chance sejak awal sih, jadi jangan ngeluh ya fansnya yang udah dimanja sama segudang scene Yui yang bikin ilang perjalanan Hachi x Yuki menjadi lebih berkesan.

Lapis Re:LiGHTs 12

BlueHeaven

What an amazing performance! Gila, bener-bener gila! Mereka tampil all-out, semuanya ga ada yang disia-siakan. Shot pas lagi nyanyinya juga akurat, bisa ngeker di tempat yang enak dilihat. Last performance dari LiGHTs yang juga epic dengan hero landing dan formasi star yang memukau. FYI, urutan nyanyi mereka dari Sadistic Candy sampai LiGHTs itu sama persis pas live pertama mereka Prelude.

Lapis Re:LiGHTs juga bukan anime CGDCT yang damai-damai dan lancar tanpa pertumpahan darah dengan diperlihatkan ada korban dari serangan monster. Ending songnya bener-bener bikin saya sedih, apakah anime ini akan lanjut ke season 2? Soalnya mereka buka plot baru lagu yang menarik untuk digali.

SAO-A: War Of Underworld S2 11

BlueHeaven

Afterall this is beautiful story building. Saya bilang cantik bukan berarti baik juga. Adaptasinya memang tidak sempurna untuk mendeskripsinya alurnya, tapi setidaknya saya bisa melihat keseriusan A-1 Picture untuk m̶i̶l̶k̶i̶n̶g̶  promosiin SAO sepenuhnya. Grafisnya sudah menjadi salah satu yang terdepan di zaman ini dan musiknya ga usah ditanya lagi. Alice kepribadiannya juga sudah mayan enak ditonton, adanya Eugeo juga memberi warna baru yang belum pernah ada di SAO sebelumnya. SAO bakal lanjut lagi adalah kabar gembira, setidaknya mereka concern sama LN yang udah mau kebalap jadi ada waktu jeda pas untuk adaptasi selanjutnya. GG buat Reki Kawahara yang udah kelarin cerita Alicization sejak tahun 2005. By the way, ada easter egg dari alamat I.P. yang ditulis Kirito di episode ini loh.

Dokyuu Hentai HxEros 11

Kaczmarek

Hal absurd berikutnya setelah jalan-jalan di episode sebelumnya adalah penis Rettou yang menghilang dari posisi aslinya. Saya berharap ada Kiseichuu yang mirip Kraft Punk yang bakal muncul di serial ini dan memamerkan sejauh apa ia bisa mendorong batas akal sehat penontonnya. Yep, kualitas animasinya cukup menurun di episode ini. Bagaimana mengakhirinya? Sejujurnya saya juga tidak tahu menahu.

Chainsaw Man 83-85

CTIan

Just read Chainsaw Man, bro. Serius, 3 bab ini benar-benar nunjukin what’s Chainsaw Man all about. Cara story telling-nya yang jenius, betapa absurd-nya dan surrealist karya ini, sampai kekonyolannya yang ndak ngerti lagi saya. Bisa kamu baca 6 bab pertama dan 6 bab terbarunya di aplikasi dan website resmi Manga Plus secara gratis. Bisa berlangganan di aplikasi Shonen Jump oleh Viz juga untuk baca keseluruhan bab yang sudah dirilis. Bro, just read Chainsaw Man, daripada nulis gini jujur saya lebih pengen ngomongin langsung pakai mulut saya. Kalau saya bahas 3 bab ini, pembahasan saya bakal kayak gini nih. Jadi ada sedikit refrensi dari alkitab, Fujimoto-sensei juga kasih referensi manga aksi yang bagus dan komik superhero barat, ngomongin sejarah dan “sejarah”, terus terakhir ada mood salah satu VTuber lokal baru nyasar di bab 85. Serius, 3 bab terbaru ini emang isinya begitu.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Karena udah punya Amiya jualan koran, jadi cuma ngembat banyak material saja untuk C.C. ini. Mastery Nearl di akhir-akhir menit sebelum C.C. dimulai bener-bener krusial untuk nge-clear risk di Broken Path. Hoshi juga kudu dikerasin lagi sih karena masih gak kerasa efektik untuk nge-deplet HP.

SINoALICE

Kaptain

Kalau gini caranya sih Yoko Taro bisa aja ngerjain collab apapun. Saya ga komplain berhubung ini cukup edukasional. Bagian shootemup ga harus dimenangin dan sepenuhnya buat flexing ranking.

Fate/Grand Order

NA Server

Kaptain

Challenge Quest dah masuk segmen “Makan kebanyakan waktu & Margin of Error ga ada”, makanya ga lanjut lagi pas di Taiga. Ini juga masih ada 6 SSR yang perlu dimax jadi ya balik nimba lotto.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apakah pada puas dengan berbagai seri yang udah mau tamat? Sampaikan lewat kolom komentar di bawah/

Header: Demmy801