[JOI Spotlight] Commencing Operation Edition

September 27, 2020 6:48 pm
[JOI Spotlight] Commencing Operation Edition

Selamat datang di JOI Spotlight akhir September ini, yang tentunya para staf siap memberikan impresi akhir untuk berbagai seri yang akhirnya menyelesaikan jatah tayang mereka di musim panas ini.

Deca-Dence 12 (End)

Kaptain

Mari kita mulai dari dasar konfliknya, sumber dari neraka yang dialami manusia di seri ini itu sistem yang didesain untuk ngebuat para robot tetap sibuk dan ga ngancurin lagi dunia karena bosen. Pada akhirnya sistem tetap jalan walaupun kendali sekarang mayoritas dipegang oleh “staf lapangan”, dan seperti yang Kabu bilang sang sistem pada dasarnya udah gagal sebagai penguasa karena nggak mampu nanggulangi “bug” yang hampir ngancurin perusahaan sampe harus nunggu pertolongan bug lain.

Ini nggak secara eksplisit diomongin, namun para manusia sekarang udah tahu soal status mereka sebagai atraksi taman bermain. Entah apa bencana kultural yang terjadi di 3 tahun yang diskip, cuma mayoritas adem aja sama “game” yang sekarang jadi farming sim dan Natsume sendiri bisa buka agensi wisata.

Sama kayak Planet With dulu, a good show that could be great. Kejutan terakhir yang saya dapet juga ya cuma Pipe yang mati permanen. Coba aja staf punya sentimen yang sama buat Kabu, Karena jujur aja seri ini bisa dipaksa buat jadi bagus kalau Kabu beneran mati pas di tengah musim biar Natsume punya kesempatan buat bangkit. Arc penjara juga lemah banget dan itu yang ngasih saya persepsi minus sama seri ini.

Saya masih ngerekomendasiin seri ini. Paruh awalnya itu movie quality, cuma ya abis seri ini kehabisan Twist jadinya ya datar banget

Appare-Ranman 13 (End)

Kaptain

See? Sesuai dugaan saya minggu lalu bakal kayak gini penutupnya. Balapan terakhir juga rasanya kayak staf produksi baru inget lagi soal aspek balapan seri ini. Pada dasarnya seri ini tuh dibebanin sama visi cerita yang nggak jelas melihat konflik akhir sama Gil yang mewakili kekerasan ga nyambung sama Appare dan obsesinya sama kemajuan teknologi. Ga ada gunanya Gil dibuat seserem itu melihat beban emosionalnya di konflik sama sekali nggak ada,

Ini saya sesalin banget ngeliat di aspek art direction, musik, dan sinematografi sebenernya seri ini cukup kompeten, cuma ya ngeselin banget aja seri tentang balapan ini balapannya ga guna. Bisa aja ganti premis di mana Appare gabung konvoi mobil eksperimental Amerika dan ceritanya ga akan berubah,malah saya bilang lebih kebantu ngeliat para tim jadi punya insentif kerjasama dari awal.

Maou Gakuin no Futekigousha 13 (End)

Kaczmarek

Akhirnya kalian bisa mengerti kan mengapa Lay atau Yuusha Kanon bereinkarnasi menjadi Avos? Apa kalian juga menyadari perbedaan model topeng yang dipakai Avos di arena dan saat ini? Skenario yang Yuusha Kanon jalankan sejak ia bereinkarnasi di milenium ini memang tak sempurna, ditambah dengan rumitnya membelah dua sisi makhluk yang ia sendiri ingin lindungi. Pengkhianatan dibalas dengan pengkhianatan, namun bukan ini yang Anos inginkan. Banyak gibberish ketakutan dari para manusia setelah diperintahkan Jerga untuk menyerang Yuusha yang harus disingkat. Dengan menitikberatkan peran Eleonore dalam hal tersebut, saya berterima kasih kepada Jin Tanaka dan Shin Oonuma (penyusun komposisi seri dan kepala sutradara) karena dapat memenuhi keinginan kecil saya.

Skenario tetap berjalan sesuai dengan apa yang Yuusha Kanon inginkan dengan bantuan Anos, namun alur ini bakal bertabrakan dengan plot di arc berikutnya. Tak perlu saya spoiler untuk hal tersebut sih. Kemudian mengenai keresahan Jerga sebelum menemui ajal, ia sendiri tak menyadari hatinya terbagi dua. Kebencian terhadap iblis dan keinginan untuk melindungi umat manusia. Sisi terbaiknya kini sisi tersebut ada di dalam diri Eleonore dan wanita satu ini juga resmi menjadi sihir terbaru Anos. Oh iya tak lupa juga bahwa Aisha akhirnya nongol.

Musim kedua? Saya rasa terlalu cepat mengharapkan ini di tengah pandemi. Paling tidak menunggulah hingga blu-ray volume keenamnya dirilis pada 24 Februari 2021 atau menunggulah hingga versi dubbing bahasa Inggris selesai mengudara. Masih banyak misteri yang harus dikulik di volume keempat dan seterusnya. Mulai dari kemana reinkarnasi dari Shin Reglia? Bagaimana kisah cinta Lay dan Misa setelah ini? Siapa itu Arcana? Nah yang paling penting adalah Anos = Anos.

Toaru Kagaku no Railgun T 25 (End)

C’MON SEIKE IS A MAN

Kaczmarek

He? Naru? Tokusatsu Team? What a marvelous idea. Saya suka dengan kepribadian Rita yang langsung menolaknya mentah-mentah hahaha. Saya yakin staf anime ini juga debat dulu untuk menentukan celana dalam Seike pake warna apa. Udah lama juga gak liat Kongou setelah insiden di Festival. Saya mengerti bahwa staf harus melakukan perekaman dini sebelum Minako Kotobuki (seiyuu Kongou) pergi melanjutkan pendidikan di Inggris sejak musim semi tahun ini. Kemudian Doppelganger malah jadi reality checker bagi Kuriba Ryouko di dalam benaknya sendiri. Bakal terasa seperti mimpi buruk kalau selalu dikomentari oleh diri sendiri dan di kepala sendiri. Sehingga tak heran Kuriba takut untuk tidur lagi.

Akhirnya musim ketiga ini berakhir dengan baik-baik saja walau penuh dengan penundaan di pertengahan musim akibat dari pandemi. Perlu diketahui juga ada dua menit tambahan dari episode terakhir ini yang bakal dirilis dalam blu-ray dan DVD-nya. Staf rencananya bakal merilisnya pada 25 Desember 2020. Sampai jumpa di waktu berikutnya!

Shokugeki no Souma: Gou no Sara 13 (End)

Kaczmarek

Saya kudu narok ini di spotlight karena ini menjadi adaptasi anime episode terakhir dari franchise ini. Saya mulai kehilangan kenyamanan menonton musim terakhir ini akibat dari development karakter yang seperti terbuang percuma. Skenario dimana segala hal di belakang layar diatur demi menyelamatkan Erina dari jurang dalam memiliki “God Tongue” memang terasa oke, namun tidak bagi Souma. Pikiran bebal saya memberi ide bahwa judul musim terakhir ini seharusnya adalah “Shokugeki no Erina Against Her Ability”. Anyway, selamat untuk tim produksi franchise ini yang tetap menjaga kualitas animasinya. Saya berharap ada komentar akhir tayangan dari seiyuu pertama Erina yaitu Taneda Risa, namun nyatanya tidak ada. Ya sudah, yang penting adaptasinya selesai dengan baik.

KanoKari 12 (End)

Kaczmarek

Now what? Season 2? You get it now. Ini adalah titik dimana saya buta dengan perkembangan ceritanya akibat dari diri saya sendiri. Saya gak lanjutin lagi baca manga-nya setelah ini, namun dengan berakhirnya musim pertama ini apakah saya berniatan untuk melanjutkannya? Sayangnya tidak. Bener-bener letih untuk baca via media digital dibanding dengan buku aslinya. Selamat untuk Reiji Miyajima atas adaptasi musim keduanya. Semoga Sumi lebih banyak nongol di musim berikutnya.

Dokyuu Hentai HxEros 12 (End)

Kaczmarek

That’s it. Berakhirlah adaptasi serial absurd ini. Namun ada OVA terbaru yang disiapkan oleh staf yang berjumlah tiga episode. Untuk menikmati adaptasi ini diperlukan operasi pengeluaran otak dari tengkorak sebelum menonton anime-nya. Serial ini makin terasa absurd karena banyak referensi dari Tim and Eric yang secara tidak langsung eksekusinya terasa tak mengena.

Monster Musume no Oishasan 11

Kaczmarek

Klepto banget si Arahnia. Beruntung Saphe udah mengerti seluk beluk kelakuan sahabatnya ini ditambah dengan pengertian dari Tisalia. Ini bertiga jadi lebih dekat lagi dari biasanya, walau kenyataannya mereka juga seorang rival. Mengesampingkan potensi romance di serial ini, saya cukup penasaran dengan apa yang akan Skadi lakukan demi Glenn di episode nanti malam.

Re:Zero S2 12

BlueHeaven

You thought it’s Rem? Wrong! It’s me, Carmilla! Hahah, fans Rem diPHP-in, emang Rem masih AFK sih sampe sekarang di novel. Carmilla debut bener-bener imut, dia ga lewd tapi gelarnya witch of lust. Malahan sekhmet yang males lebih lewd.

Di episode ini akhirnya ditunjukin watak sejati Echidna. Ga heran sih, karena dia greed jadi kontraknya bakal demand all. Salut buat White Fox yang mau adaptasi 4 halaman speech Echidna meski di tengah-tengah mereka udah capek bikin mulut Echidna gerak, jadi main diputer sama zoom in-zoom out. Yang penting, ekspresinya ituloh, lebih jahat daripada yang di novel. Pesta teh penyihir ketiga ini benar-benar meriah karena semua muncul apalagi Satella nongol di menit terakhir.

Oregairu Kan 13 (End)

BlueHeaven

So long, partner. Saya ingin membahas seri ini secara keseluruhan tapi bukan disini tentunya. Kalau melihat dari episode terakhirnya, ini adalah penutup yang manis. Bukan karena Hachiman dan Yukino tee tee moment tapi karena segalanya ditutup sebagaimana seri ini sejatinya. Mungkin ini bakal dijelasin di review full saya nanti.

Akhirnya monolog Hachiman soal Yukino ga diskip lagi. Emang kayak gini model Hachiman kalau lihat Yukino auto monolog pasti. Farewell sensei benar-benar touching, emang best dah MVP of the series. DI episode ini juga dikasih clue soal Oregairu Shin karena Komachi udah masuk ke dalam circle Hachiman di sekolah lebih dalam. Interaksi Komachi dan Iroha disini tentu saja menarik. Ditambah Yui yang dipancing sama kouhai bajingan satu ini buat rebut Hachiman dengan cara bangsat (kalian tahu lah plot common mabuk trus ehem gitu).

Walau dua episode terakhir hampir mulus, saya tetap tidak bisa melupakan begitu saja dosa Feel selama 10 episode pertama di musim ini. Apalagi Yui seakan-akan dibikin jadi hero datang telat di salah satu scene episode ini. Kesan simping Yuinya berasa banget. Padahal Yui kalau diadaptasi ga lebay gini saya ga bakal perlu ngoceh kek fans kebakaran jenggot. Toh akhirnya Yukino tetap menang tidak membuat saya goyah untuk menyuarakan ketidakpuasan saya.

Di akhir momen seri ini ditutup dengan Yui yang request sesuatu hal yang bold, ini gimana ya jelasinnya pokoknya ga begitu bagus di mata saya. Last thing, Hachiman yang sudah berubah namun belum berubah menutup seri ini dengan phase yang sudah ditunggu-tunggu yaitu judul serinya sendiri. Nice close. Saya bangga mengikuti serial ini selama 7 tahun.

Girls Frontline

Kaptain

New Client, baby. Sesuai dugaan masih penyakitan di beberapa device tapi di emulator ada peningkatan signifikan. Silakan cari metode uncompress untuk kalian yang ngadat ato ya nunggu patch turun. Barusan dah fix diumumin Gunslinger Girl di Oktober awal jadi siap-siap aja. Untuk pertama kalinya juga saya akhirnya ngelengkapin Furni 5* buat manggil NPC, so hello there Saber (Kalina)

Arknights (EN)

Kaczmarek

So, how’s your CC? Any good? Any weird ones? Atau malah lupa klaim? Nah saya gabisa nembus Risk 18 tepat waktu. Agak nyiksa sih gak mastery skill beberapa operator krusial di CC ini. Dengan adanya story yang di-skip di event berikutnya, saya kini menantikan kehadiran Children of Ursus dalam waktu dekat, walau saya sendiri kepengen W dateng cepet. Tolong amankan Durnarmu dari seseorang.

Kantai Collection

Masalah koneksi jadi penghambat gue nyelesain beberapa quest daily seminggu ini. Bahkan untuk bisa PvP aja udah bersyukur. Ini masih gedein Hornet, South Dakota, dll dan nyentuh lvl 30 aja belum. Tak lupa juga getok gun sama SPF dimana kekurangan kemaren pas event ya ini.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi apa seri favorit kalian pada musim panas ini? Sampaikan lewat kolom komentar di bawah.

Header: vinhnyu