[JOI Spotlight] Fall Season Cramp Edition

October 4, 2020 8:01 pm
[JOI Spotlight] Fall Season Cramp Edition

Selamat datang di musim gugur 2020 dan saatnya JOI Spotlight menghadirkan impresi pembuka para staf untuk musim ini. Tentu saja beberapa seri musim panas juga ikut diberesin jadi mari kita lihat para seri awal musim ini.

Monster Musume no Oishasan 12 (End)

Kaczmarek

Ngeliat Skadi jadi imouto-type heroine malah kerasa aneh. Pada intinya, sikap egoisnya malah makin menjadi-jadi pasca operasi. Sayangnya ia jadi kayak “gak tau tempat” untuk melakukan skinship. Pada akhirnya adaptasi ini hanya memperkuat jaringan dan bukan berfokus pada hal-hal yang dianggap memuaskan seperti Glenn meminang salah satu monster. Mendapatkan kepercayaan dari makhluk lain lebih jadi tujuan utama serial ini berjalan.

Dari serial ini juga saya juga jadi percaya bahwa seiyuu karakter Kunai Zenow, Maki Kawase bisa memerankan lebih dari suara tomboy. Musim ini dia juga memerankan Yuna dari Kuma Kuma Kuma Bear dan benar sekali, ia menggunakan intonasi suara layaknya perempuan tomboy.

Higurashi no Naku Koro ni (2020) 01

What’s this?

Siksa Kubur

Kaczmarek

Sejauh ini perbedaan yang terlihat dari adaptasi ini adalah sudut pandangnya yang lebih luas, rona yang lebih cerah, dan desain karakter yang lebih imut. Namun jangan sampai kalian terkecoh dengan elemen imut-imut ini karena seperti yang diperlihatkan di episode pertama ini, Rena dan Shion sudah menunjukan keanehannya. Hal lain yang sedikit ngangenin disini adalah lagu tema pembukanya yang disetel lagi saat credit scene. Berasa tua kalo denger ini.

Kaptain

Punya cita rasa tersendiri, yang saya bersyukur dilakuin berhubung genre “murderous cute little girl” itu udah hampir 2 dekade usianya dan ngandalin bumbu yang sama tuh nggak produktif banget. Sisi pesimis saya lebih ngeliat ini sebagai iklan buat mobagenya, jadi saya harap adaptasi ini punya cerita yang berbeda.

Strike Witches: ROAD to BERLIN 01

Just in case belum pada tahu posisi mereka

What’s this?

Milking is a mandatory in this panchira series

Kaczmarek

Hehehey kualitas animasinya bikin saya melek setelah digarap David Production. Seperti sebelum-sebelumnya Hijikata masih nge-simp Mio sampai sekarang. Gak berharap ada romance canonically di serial ini sih, cuman lucu aja kalo beneran mereka jadian dengan keadaan Mio lebih tinggi posisinya. Kemudian kita dikenalkan dengan Althea, salah satu pelajar (bukan witch) yang jadi teman dari Miyafuji di Helvetia. Penasaran saya dengan seiyuu karakter satu ini.

Franchise ini juga tak pernah pelit soal referensi pemilihan tempatnya. Mulai dari Gerbang Bradenburg, Laussane, Sint Truiden, Leabharlann Cholaiste na Trionoide, hingga Fort Carre d’Antibes. Model bangunannya gak diubah dari wujud aslinya. Sehingga cukup menjaga keorisinalitasan dari setting di dunia nyata.

Rail Romanesque 01

What’s this?

Irresistibly-Arrestable Rail Kids Show

Kaczmarek

Anime apapun yang saya tonton, selalu ada suara Sumippe yang terdengar. Anime ini sendiri masih berhubungan dengan novel visual “Maitetsu” karya Lose yang sudah dirilis bertahun-tahun lalu. Jatohnya bukan sekuel, melainkan seperti side-story? Idk the exact detail. Serial pendek ini juga jadi maskot bagi majalah Rail Magazine yang rajin diterbitkan di Jepang. Sehingga bagi kalian railmania (bener gak sih penyebutannya gini?), anime pendek ini khusus untuk kalian. Tutuuuut.

DanMachi III 01

Thank you very much J.C. Staff

What’s this?

DanMachi: Destruction of Their Own Matter

Kaczmarek

Semua hal bakal jatuh dan terpecah di dua musim kedepan. Namun ada asa untuk bersatu kembali. Mungkin itu petunjuk yang dapat saya kasih untuk musim ketiga ini. Kehadiran Wiene di Hestia Familia sebenernya bikin saya penasaran dengan respon Hestia sendiri. Entah kenapa goddess satu ini gak overreact terhadap kehadiran monster di depannya. Nah tak mengesampingkan bahwa monster yang dapat berbicara malah membuatnya penasaran dengan Wiene.

Wiene diajari tata krama, nilai moral, hingga kebiasan di dunia barunya. Momen paling lucu disini adalah saat Haruhime mengatakan dia mencintai Bell, tapi kenapa Welf juga ngikut ngomong bahwa dia cinta Bell juga adeehh. Konflik di balik misteri ini lagi direbus, dan pastinya saya menantikan friksi secara verbal dan fisik di episode berikutnya.

Tonikawa 01

What’s this?

Powered by the burning will of Shinzo Abe

Kaptain

Is this Hayate again? Kind of melihat ini satu setting, cuma lebih ada jeritan “buruan beranak” di background. Saya ga jauh baca manga-nya jadi masih di segmen pengantin baru dan no straight up magic duel yang jadi faktor, makanya saya relatif lebih positif.

Majo no Tabitabi 01

What’s this?

Could be a breakthrough of the season

Kaczmarek

Yep. Visualnya bener-bener menggunggah. Saya yakin sih ini bakal lancar ditonton sampai episode terakhirnya kalau kualitasnya indah kayak gini. Bukan 3 Episode Rule sih ini, malah masuk kandidat Review musiman.

BlueHeaven

ELAINA……….. ELAINA ELAINA ELAINAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA AAAAAAIIIIIIIIIIIAAAAAGH AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAGH :heart: :heart: :heart: :heart: WANGI WANGI WANGI WANGI HU HA HU HA HU HA, aaaah baunya Elaina wangi aku mau nyiumin aroma wanginya Elaina AAAAAAAAH

Rambutnya…. aaah rambutnya juga pengen aku elus-elus ~~~ AAAAAH

Elaina keluar pertama kali juga manis :heart: :heart: :heart: dia pakai baju penyihir itu juga manis banget AAAAAAAAH ELAINA LUCCUUUUUUUUUUUUUUU…………

GUA BAKAL BAKAR DUIT 12 JUTA RUPIAH BUAT ELAINA AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAGH

Apa ? Elaina itu gak nyata ? Cuma karakter 2 dimensi katamu ? nggak, ngak ngak ngak ngak NGAAAAAAAAK GUA GAK PERCAYA ITU DIA NYATA NGAAAAAAAAAAAAAAAAAK OTAKU BANGSAAAAAT !! GUA GAK PEDULI SAMA KENYATAAN POKOKNYA GAK PEDULI. Elaina ngeliat gw … Elaina di laptop ngeliatin gw ….

Elaina… kamu percaya sama aku ? aaaaaaaaaaah syukur Elaina gak malu merelakan aku aaaaaah :heart: :heart: :heart: YEAAAAAAAAAAAH GUA MASIH PUNYA ELAINA, SENDIRI PUN NGGAK SAMA AAAAAAAAAAAAAAH

FRAN, SHEILA, SAYAAA KIRIMKANLAH CINTAKU PADA ELAINA KIRIMKAN KE SHIRAISHI JOUGI-SENSEI AAAAAAAAH

Mahouka Koukou no Rettousei: Raihousha Hen 01

What’s this?

Petualangan Kakanda bukan di Wakanda: Transfer Window Edition

Kaczmarek

Perasaan gue aja, atau banyak butt shot di awal episode ini? Honoka, Lina, Miyuki, Shizuku, Michaela, Sylvie, Mizuki, dan entah siapa lagi. Nama pertama dan kedua jadi yang paling sering kena butt shot sama boobs shot, tapi khusus Lina saya sih gak heran karena kita perlu observasi lebih banyak. Ehm seragam sekolahnya memang mendukung pembicaraan hal degenerate begini.

Saya udah baca volume ini dari kapan tau, jadinya bakal banyak miss reference disini. Bukankah Ono-sensei seharusnya nongol di awal arc ini? Semoga cuman didorong ke episode berikutnya, walau saya punya kecurigaan emang di-cut. Masih dalam tahap pengenalan sih karena ceritanya merupakan prekuel dari film dahulu. Sehingga nge-judge detail masih terlalu dini.

Yashahime 01

For old times sake

What’s this?

Spinoff bapaknya Moroha.

Kaptain

Bagian bapaknya Moroha itu dari bab epilog seri orisinalnya, jadi cuma bagian awal dan akhir itu konten orisinal entri baru ini. Jadi ya secara efektif ini lebih kayak episode 0, yang saya nggak protes melihat ini sepenuhnya fanservice buat para manusia tua yang nonton. Moroha dan Setsuna kurang lebih tuh versi cewek dari bapak masing-masing, dan Towa looks fun so far. Cukup kaget aja sama seiyuu Miroku yang ngegantiin almarhum Tsujitani, dude did a great job.

Love Live! Nijigasaki 01

Green gradient with black is a powerful combo

What’s this?

A more experimental Love Live

Kaptain

Iya, sekolahnya itu pake Tokyo Big Sight jadi ga usah khawatir bakal tutup karena jelas sekolah entri ini tajir banget. Kurang lebih nyeritain gamenya dengan penyesuaian yang cukup saya hargai, kayak Rina yang ditunjukin emang butuh banget board bawaannya dan Ayumu yang interaksinya hell a lot more gayer, somehow. Sesuai harapan kualitas CG juga udah naik, dan saya nggak akan protes kalau kedepannya “konser” bakal terus ngehasilin efek kayak gini ke penonton.

Saya bilang eksperimental di atas, melihat format grupnya beda dari LL sebelumnya. Singkatnya klub Nijigasaki fungsinya lebih kayak agensi im@s, dimana ada lebih banyak kompetisi internal antar para idol dan formasi grup/solo juga lebih fleksibel. Seperti yang bisa kalian lihat kita punya dedicated manager sebagai protagonis dan melhat seiyuu-nya juga Idol, besar kemungkinannya dia bakal ikut nyanyi juga.

Iwa Kakeru: Sport Climbing Girls 01

What’s this?

Armpit cult show

Kaczmarek

Di saat seiyuu Fubuki (KC) duet sama seiyuu Enterprise (AL). Kombinasi yang tak biasa ini mulai terasa biasa dengan berjalannya episode pertama anime olahraga ini. Jun yang cukup stern kepada Konomi sempat saya kira adalah kakak kelas. Ternyata masih setingkat. Soal kompetisi, gimana Konomi kagak kaget kalau diadainnya besok hadeh.

Senyoku no Sigrdrifa/Sigururi 01

What’s this?

Blonde Cute Grim Reaper looking for a change

Kaczmarek

Dari skenario buatan kreator “Re:Zero”, kemudian mangaka “Z/X”, dan penasihat “Girls un Panzer”. Saya cukup tertarik dengan penggunaan Voluspa sebagai referensi franchise ini. Dari judul yang ditampilkan di adegan pertama, kutipan puisi Voluspa yang dipakai adalah bait ke-30 yang merepresentasikan Valkyrie bernama Claudia Braford. Claudia sendiri punya rekor buruk dimana seluruh rekannya 99% tewas jika ikut sortie bersamanya. Media menjulukinya “Grim Reaper” dan tentunya masalah politik tumbuh dari internal. Kemudian puisi Voluspa sendiri juga mengaitkan kehadiran Odin yang muncul dengan wujud bocah dengan penutup mata. Sayangnya, Claudia menganggap Odin bagai mimpi buruk karena selalu menghantuinya dengan predikat “Grim Reaper”.

48 menit episode pertama ini juga memperkenalkan Miyako Muguruma, Azuzu Komagome dan Sonoka Torai yang menjadi rekan Claudia di Tateyama Base. Saya kira kehadiran Claudia membutuhkan waktu untuk mengkompakan tim terbaru ini. Ternyata satu sama lain cukup suportif walau Azuzu masih berlagak keras di depan Claudia. Overall, ini bikin saya tertarik untuk melanjutkannya. Karena selain “Strike Witches: ROAD to BERLIN”, ada serial militer lain yang saya bisa ikuti. Saya hanya menyayangkan jadwal penayangannya yang menumpuk di hari Sabtu dan Minggu.

Jujutsu Kaisen 01

 

What’s this?

Salah satu anggota “Asosiasi Protag Shonen yang Badannya Jadi Penjara Monster”

Kaptain

Saya baru baca manga sampe bab 40an, dan saya ngeliatnya sebagai seri yang sangat by-the-book, dengan beberapa reveal yang cukup baik untuk bikin saya baca beberapa bab lagi. Though dari info yang saya denger dari bab terbarunya saya kayaknya butuh balik baca lagi. Anyway ini adaptasi yang kompeten dari Mappa yang emang udah spesialis di genre ini, dan berhubung ini dapet 2 cour twist besar pertama harusnya bisa nyampe.

100-man 01

What’s this?

Surreal Isekai

Kaczmarek

Saya bingung apakah bakal cover ini adaptasi juga di spotlight. Namun setelah mencoba menonton episode pertamanya, nampaknya saya kudu menggunakan 3 Episode Rule. Sumpah saya agak geli liat desain Game Master-nya. Ini kayak saya nonton serial Bobobo-bo Bo-bobo tapi ngeharepin plot-nya kayak Texhnolyze. Kemudian weird PR franchise ini juga bikin saya heran sendiri.

Munou na Nana 01

What’s this?

Legalized Among Us

Kaczmarek

20 menit pertama berasa: Wah Nana ternyata murid pindahan yang suportif, anti bullying, dan baik banget.

3 menit terakhir: LOL, time to ranch it up!

Pastinya bukan saya doang yang tertipu setting macam BNH dan genre slice of life-nya, apalagi dibuka dengan tradisi murid pindahan. Serial ini bakal saya ikutin secara penuh dan kalian juga dapat menontonnya di Muse Asia.

Hypnosis Mic 01

What’s this?

Female KindasortaNazi took over the country. Rap adalah senjata terakhir yang bisa digunakan

Kaptain

Di segmen What’s this? saya emang suka sarkastik, cuma nih seri cukup ajaib sampe saya cuma bisa jujur soal premisnya. Saya punya opini kalau seri yang fokus ke disiplin tertentu mendingan bikin dunia di mana disiplin tersebut merupakan tujuan utama dunianya, singkatnya seri tentang Gaplek harus nunjukin adegan di mana Sekjen PBB dipilih lewat turnamen gaplek.

Singkatnya, bayangin ini dijadiin satu seri. Rap digunakan buat perang geng, operasi tangkap tangan, ngerampok duit, dan operasi anti-terorisme. So yeah, had a lot of fun. Saya nggak bisa berhenti ketawa dari how glorious everything is. 

Re: Zero S2 13

BlueHeaven

Ujung-ujungnya Subaru jadi karakter ampas lagi. Perlu disadarin 7 witch kalau dia itu harus lebih nyadar diri. Minerva benar-benar lovable dengan sikapnya yang gamblang demi kebaikan Subaru dan Satella ternyata tidak sejahat yang kita kira. Satella sama witch of envy ini sebenarnya dua kepribadian berbeda, namun animenya belum menjelaskan, mungkin disimpan kapan-kapan.

Selama satu cour ini, temponya benar-benar lambat. Sayang karena pandemi, Re: Zero harus terhenti sementara dan kita harus menunggu tahun depan untung kelanjutannya. AAAAA NANGGUNG!!

Genshin Impact

Sentimen “Pengen ikan buat dimakan tapi malah dapet maskot” nampaknya universal

Kaptain

Kita mulai dengan kesepakatan tentang bagaimana saya bakal ngomongin game ini kedepannya. Saya akan nilai game ini sebagai live service game, bukan mobage. Karena kalau saya pake mobage sebagai standar, nih game udah jadi standar baru kualitas mobage. Dan walaupun saya pengen banget game rilisan kedepan diketawain karena masih aja bikin klonengan Priconne atau Epic7, saya bakal tetep tegas sama game ini.

But yes, dibanding game live service lain Genshin udah memenuhi tanggung jawabnya sebagai game yang fungsional. Ada sekitar 30-40 jam konten single player yang solid yang ga kehalang monetisasi apapun. Iya gachanya lebih ampas dari FGO tapi nggak kayak tuh game Genshin punya single player open world RPG yang kompeten sebagai menu utamanya.

Saya main di PS4 dan optimisasinya ini jelek banget, yang wajar aja berhubung ini tuh game konsol pertama Mihoyo. Ngebilang ini klonengan BOTW itu kelewat reduktif, saya bilang game ini ngambil ide bagus dari berbagai game open world yang udah rilis (baca: sepenuhnya nyuekin game Ubisoft dan bikinan Bethesda). Sekali lagi, fakta kalau semua ide tersebut bisa viable untuk mobile itu one hell of an achievement. Tapi ya berkat itu juga versi PC & konsol rasanya kayak dibebani oleh keterbatasan mobile.

Komplain non-teknis lain ya sameface syndrome yang kena juga ke karakter pria, jadinya ga ada karakter yang bener-bener “Pria”. Pace cerita juga bisa-bisanya lebih lelet dari pada pre-patch Realm Reborn. Tapi kualitas quest emang lebih mending daripada game bikinan Bethesda (emphasis di Bikinan, New Vegas yang bikin Obisidian, Bethesda nerbiting doang).

Masih di AR18 berhubung lagi ada banyak kerjaan jadi masih belum dapet cukup data untuk impresi. Tapi temen yang udah lebih jauh mulai ngerasa “dipalakin” buat beli monthly pass biar punya cukup material untuk karakter. Kalau ini kayak Honkai harusnya patch baru bakal jatoh pas musim pass abis. Mari kita lihat apakah kejelekannya kayak pity rate yang sadis dan setting control yang ampas bisa dibenahin saat itu. Lucu aja sih di game ini tinggi badan, atau lebih akuratnya panjang kaki; pengaruh sama kecepatan karakter, biasanya di game sejenis ada penyesuaian speed demi balancing.

BlueHeaven

Wih another Zelda, heheh. Genshin Impact adalah salah satu game terniat di tahun ini. Saya sebenarnya cukup skeptis sama gamenya Mihoyo, ah palingan juga berat macem HI3. Ternyata eh ternyata hape saya cukup mampu ngangkat gamenya. Open worldnya benar-benar fun, enak banget jelajah alamnya. Paimon.. Sebenarnya saya ga terlalu demen sama model karakter gini, but surprisingly I like it. Walaupun saya sudah mencobanya selama seminggu, saya akan ngulang lagi demi konten live streaming besok malam jam 21.30 WIB di channel saya (just another self promotion by BlueHeaven).

Arknights (EN)

Kaczmarek

Normal and Challenge Mode akhirnya clear! Saya berterimakasih banyak kepada Glaucus untuk SV-7 karena skill 2-nya bener-bener berguna banget untuk ngabisin musuh yang berjalan dari gerbang bawah. Sekarang udah bisa baca story-nya dengan nyaman dan bakal saya babat dalam seminggu kedepan. Oiya saya juga sukses E2 Bagpipe setelah mencangkul batu hingga ratusan. Ini baru Bagpipe, belum Eyja (kalo nanti dateng).

Girls Frontline

Kaptain

Perlu waktu lama, namun akhirnya si poster girl dapet bagian di ceritanya. Kurang lebih filler soal tim Wehrmacht featuring STG yang duluan dapet Neural Upgrade. Rada aneh aja sih timeline misi itu pre-Singularity walopun mesti ngelarin misi yang timelinenya udah di Isomer, tapi ya cuma ini caranya cerita bisa pake SF sebagai antagonis. Ga minat sama Equipnya Tavor, ini dah 150 run equip Stechkin belum aja drop.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Jadi musim ini rencananya ngikut apa aja? Sampaikan lewat kolom komentar di bawah.

Header: yakuoyoso