[JOI Spotlight] Fried Egg Edition

October 11, 2020 8:08 pm
[JOI Spotlight] Fried Egg Edition

Se;amat datang di JOI Spotlight yang masih ngumpulin seri musim gugur. Saya liat ada performa bagus untuk seri orisinal di musim ini, jadi inilah impresi para staf untuk seri yang hadir minggu ini,

Maoujou de Oyasumi 01

What’s this?

Demons stuck in a castle with Princess in it

Kaptain

Seperti yang kalian lihat, seterusnya komedinya bakal kayak gini resepnya. Si putri mau tidur, banyak yang mati buat persiapan tempat tidur, terus sesuatu terjadi sama party Hero. Paling nggak sampe arc yang lebih panjangan mulai jalan dan ada lebih banyak eksplorasi karakter.

Seperti yang ditunjuki openingnya besar kemungkinan bakal ada penyesuaian urutan bab manga-nya biar lebih banyak karakter bisa dikenalin. Episode udah cukup oke soal ngenalin aturan mainnya, terutama fakta kalau nggak masalah kalo Syalis mati sekalipun.

Akudama Drive 01

What’s this?

Suicide Squad: Kodaka Edition

Kaptain

Dari semua seri yang tayang di musim ini, ini anime yang menangin Style Point terbanyak. Pretty damned strong opening tapi ya emang tim Danganronpa tuh bisa diandalin buat aspek presentasi. Satu hal yang saya optimis soal anime ini tuh memang ada kemungkinan bakal jadi bodoh di akhirnya, tapi dari semua output Kodaka, bahkan yang kontroversial semacam V3 sekalipun tuh nggak ada yang bosenin.

Kaczmarek

Sedari nongol PV-nya, seri ini udah cukup menarik untuk diikutin. Animasi pembuka dan penutup yang catchy, gaya desain yang familiar, dan tentunya ada Megumi Ogata lagi sebagai seiyuu-nya.

DanMachi III 02

Kaczmarek

Udah mulai mancing beberapa pihak untuk mengerubungi Hestia Familia. Kecerobohan anggota saat ngobrolin soal nasib Wiene di dalem mansion bener-bener geblek. Aisha yang sekarang jadi bagian dari Hermes Familia akhirnya nongol lagi. Entah kenapa Fujino Oumori malah membuat Aisha dan Ryu untuk jadi rival disini. Keduanya berasa mak comblang yang rebutin lelaki demi klien mereka masing-masing. Episode berikutnya bakal ada friksi lebih represif dari dua episode awal ini.

KimiSen 01

What’s this?

“Peace First, Love Second” Romeo x “Dramatic Icy-dere” Juliet

Kaczmarek

Episode awal yang meh karena adegan pertarungannya yang berasa nunggu-nungguan satu sama lain. I mean, itu Nene bisa dapet momentum lama banget demi ngeluarin rudal dan gaada yang nyerang dia saat persiapan. Kemudian si Alice yang tampak berwibawa di awal, ternyata adalah putri yang ceroboh dan cukup polos dari yang diperkirakan. Seiyuu Yumiri Hanamori juga kembali memerankan karakter maid bernama Rin disini, walau kayaknya jam tayangnya gak bakal banyak kayak franchise lain. In conclusion, weak starter. Hope more improvement on second episode. Paling menantikan development Alice di adaptasi ini.

Ikebukuro West Gate Park 01

What’s this?

Ikebukuro kalo Izaya Orihara gak ngerecokin orang-orang

Kaczmarek

Garapan Doga Kobo ini malah ngingetin gue dengan “Durarara!” karena setting, latar, sama plotnya yang mirip. Namun kayaknya ini bakal lebih sempit dari segi perluasan pengembangan karakternya. Karena hanya beberapa bagian saja yang di-cover, dan chain reaction-nya gak separah franchise yang gue sebut tadi. Episode pertama sudah berasa dikebut, namun memang arc pendek sih. Cuman ini memantik pihak-pihak lain yang bakal ngejar-ngejar Makoto dan Takashi.

100-man 02

Kaczmarek

Ya paling enggak ini MC-nya gak terlalu boring untuk diikutin. Kayaknya enggak pake 3 Episode Rule untuk serial ini, kudu 6 Episode Rule. Kayak ada yang brewing di belakang ke-absurd-an isekai ini, namun dalam hal negatif. Yotsuya berubah kelas jadi chef disini malah bikin inside joke masak-masak jadi makin berat. Gue baru inget Shindou itu kakak kelas Yotsuya. Akhir-akhir ini juga ngerasa lemah ama blonde chara, jadi ehm, you know…

Majo no Tabitabi 02

Kaczmarek

Gaada yang naif tampaknya di dunia ini. Semua karakter lebih manusiawi dari yang dibayangkan. Kehadiran Saya (bukan saya) sebenarnya bisa memantik semangat Elaina untuk menjadi pengajar privat jalanan, ya asal barangnya gak disembunyikan. Tak ada habisnya juga saya mengagumi pemandangan latar belakang anime ini.

Jujutsu Kaisen 02

Kaptain

“Itu Kakashi?” Sentimen yang saya yakin bakal sering diucapin. Posisi Gojou lebih kayak Makima yang punya jabatan sebagai “orang yang nggak bisa dikontrol namun untuk sekarang bisa diajak kerjasama”. Bagian kremasi itu penyesuaian khusus animenya dan ini saya apresiasi banget.

Soal Jujutsu sebagai kemampuan: Pada dasarnya senjata para karakter itu emosi negatif yang seperti episode ini bilang gampang banget kekumpul ngeliat profesi mereka. jadi kebanyakan karakternya itu one way or another tuh pada ga beres.

Girls Frontline S2 01-02

Kaptain

Baru mulai udah langsung meta. Sesuai mandat Yuzhong (actual voice) ini bukan anime pendek lagi, ini sekarang fix anime isekai. On that note, ini berarti dunia Healing-verse sekarang punya RO dan ROgate.

Event collab lusa. Dari yang saya liat pada drop unitnya, ga ada yang Jill level of broken tapi pada cukup solid kok.

Higurashi no Naku Koro ni Gou 02

Kaczmarek

Yes, ini arc terbaru. Namun saya masih penasaran apakah arc ini lebih ke mixed up dari arc utama atau ternyata skenarionya berbeda. I’ll be surprised if this is just expanding version of Onikakushi-hen. Hanyuu udah nongol juga soalnya, sementara peristiwa yang berjalan sebagian besar masih sama dengan Onikakushi-hen. Btw, love the ending animation tho.

Yashahime 02

Kaptain

Episode pertama  “benerannya”. Udah ngelakuin tanggung jawabnya secara efektif dengan ngasih pengganti Shikon, ngenalin ketiga protagonis, dan ngasih misteri soal apa yang terjadi sama para protagonis entri sebelumnya. Harapan terbesar saya melihat ini bakal tayang 24 episode tuh bolak-balik eranya bakal lebih sering dilakuin ngeliat bakal mubazir aja kalo peran Towa sebagai “Pangeran Sekolah Putri” nggak kepake.

Kami-sama ni Natta Hi 01

What’s this?

Modus terbaru Jun Maeda untuk deketin Ayaneru

Kaczmarek

Tsukkomi-nya udah kenceng di awal adegan. Makin kenceng lagi masuk menit belasan. Well, gak sekenceng Hulkenberg kemaren tancap gas ke Nurburgring sih. Dengan kemampuan Hina dalam memprediksi masa depan, gue punya pemikiran bahwa Narukami bakal rakus dengan memanfaatkan kemampuan partner terbarunya ini. Atau, setiap permintaan yang dikabulkan Hina bakal mempercepat kedatangan akhir dunia ini. Entah skenario apa yang dipake di anime orisinal ini. Ya tentu saja gue gak berharap lebih dari good ending dengan tearjerker stories.

Mahouka Koukou no Rettousei Raihousha Hen 02

Bandingin aset di bagian ini dan di animasi penutupnya. Kontras.

Kaczmarek

Vampir dan parasit. Saya yakin sih ada bagian yang dipotong besar di episode kedua ini, dan Juumonji x Mayumi yang paling keliatan. Seinget saya saudarinya Leo nongol sih di bagian ini, dan kalo beneran berarti di-cut juga. Kualitas animasinya tentunya agak menurun dari episode pertama, namun mereka gak serta merta memperburuk beberapa bagian. Hanya beberapa detail karakter yang mulai di-buff (termasuk Lina), namun gak terlalu bermasalah ke perkembangan ceritanya.

Love Live! Nijigasaki 02

Kaptain

Tetep aja di dunia nyata nemu orang yang ga tau identitas “sipil” Setsuna dan kaget sama reveal di akhir, walopun dianya punya level nyamar setingkat Clark Kent. So yeah, rather fond of KasuKasu dan sejauh ini saya seneng sama eksperimen ini, mulai dari karakter yang lebih ekspresif, Yu yang sama sekali nggak respek sama personal space, sampe Ayumu yang di NTR habis-habisan. Also the Aikatsu as Hell solo in the end.

Sigururi 02

Kaczmarek

Ngeliat animasi penutupnya sudah mengubah ekspektasi bagaimana anime ini bakal berakhir. Tentuya ada yang mati, dan semoga bukan dari salah satu kru mereka. Claudia kayak bawa bom waktu di setiap waktunya. Notable moment di episode ini adalah Claudia gagal mengenalkan diri dengan gaya di atas. And… tebak siapa yang ganggu momen ini.

Gochiusa BLOOM 01

What’s this?

Dosis CGDCT

Kaczmarek

Ebuset ini Tane gak overshout kan? Suara Rize jadi lebih keras dan berat dari musim kedua dan OVA-nya. Ya yang penting jaga kesehatan ya mbak. Disini cuman nyari material fuwa-fuwa demi ketenangan hati (ya padahal cuma kangen denger Tane doang sih). Kalo belum tahu, musim ketiga ini juga tayang Muse btw.

Adachi to Shimamura 01

What’s this?

Siswi-siswi badung yang kerjaannya cabut pelajaran mulu

Kaczmarek

Di PV kurang wah kualitas animasinya, namun di episode pertama langsung dipoles jadi lebih bersih dan halus. Tempo lambat untuk genre ini memang cocok sih. Apalagi kedua karakter baru “officially” jadi teman. Kalo disuruh berkhayal, Adachi akan berada di atas sementara Shimamura di bawah. Saya malah penasaran dengan bagaimana perkembangan Nagafuji dan Hino yang udah dekat dari masa kecil.

Taiso Samurai 01

What’s this?

Jotaro as a non crappy Dad.

Kaptain

Dateng dengan ekpektasi 0 dan got pleasantly surprised. Punya temperamen yang nyentrik berhubung ini juga stafnya Zombieland Saga yang mimpin. Didn’t expect Ninja fight di anime olahraga ini. Dan tentunya cover Shanghai Honey buat ending-nya.

Saya lebih sering ngeliat format cerita ini di film barat: “Atlit tua dan usaha terakhirnya sebelum pensiun”. Sayangnya ini walaupun punya kepribadian kuat keliatan banget alokasi sumber dayanya Mappa udah difokusin buat Jujutsu Kaisen.

Hypnosis Mic 02

Kaptain

Berhubung ini cuma fokus ke Buster Bros aja saya dah ngerasa ga enak ngeliat sumber kesenangan saya turun 75%. Terus gambar di atas terjadi dan kita dapet adegan di mana ada orang disandera pake Rap. All is well.

Chainsaw Man 86-87

CTian

Kobeni it’s here, and she’s going on a date with Chainsaw Man! Kobeni secara resmi jadi heroine utama di Chainsaw Man!~ /plak! What a chapter! Bab 86 ini benar-benar what the f sekali sih. Dari kencan yang tidak diminta oleh siapapun, that sick dance move from Kobeni, hingga entrance villain baru dan villain lama, ini semua ada dalam satu bab lho!~

Yes, Katana, Reze and Quanxi are back! Told yaa!!~ Para Devilman/Hybrid ini memang abadi, Kishibe juga pernah ngomong ke Denji kalau dia tuh secara harfiah abadi. Asal tangan Katana dicabut, pin geranat di leher Reze ditarik, dan anak panah di mata Quanxi diambil, mereka pasti bakal hidup lagi. Sama kasusnya dengan Chainsaw Man dengan starter di dadanya.

Tidak terkejut sekaligus terkejut sih saya. Tidak terkejut karena mereka kembali dan bekerja untuk organisasi, tapi terkejut karena harus dijadikan villain lagi!~ Momen ‘Avengers’ Devilman yang saya harapkan berubah jadi momen ‘Sinister Six’. Yesss, Sinister Six musuhnya Spider-Man, tapi di Chainsaw Man ini ada 7. Para fans menyebutnya ‘Seven Deadly Simps’, lmao~

Tapi jujur, momen ini beneran Sinister Six banget sih. Bahkan panel di Chainsaw Man 87 mirip banget komposisinya sama ilustrasi dari cover “The Amazing Spider-Man Annual” nomor 6 ini~ Makanya saya jadiin gambar untuk pembahasan bab 86 dan 87 ini. Dua bab ini beneran Sinister Six banget sih, tapi mereka punya 7, dan Spidey di sini kekuatannya ndak ngotak!~

Selain penjahat lama, ada penjahat baru!~ Sword Devil, Whip Devil, Spear Devil, dan Flamethrower Devi!~ Oh god their devil form are awesome!!! Walau Sword muncul cuman untuk di-rider kick sama Chainsaw Man, lol!~ Tapi suka euy desainnya Sword, kepalanya dibikin kayak helm baju zirah. Lihat di mana kepalanya? Itu lho, di salah satu gergaji Chainsaw Man setelah ditendang!~ Saya ndak begitu yakin Whip bisa bertahan, cuman nyambuk-nyambuk doang apa kuatnya euy, apalagi badan Chainsaw Man kayak gitu~ Spear okelah, apalagi Flamethrower~

Ah iya, selain pembantain di bab 87, ada hal menarik lainnya yang bisa dibaca di bab ini. Makima nyebut mereka, Devil dari para senjata manusia dan 4 horsemen, udah pernah lawan Chainsaw Man sebelumnya, dan Chainsaw Man menghilang di tengah-tengah pertarungan mereka. Awalnya saya pikir ini gimmick Makima untuk guna-guna simp-nya itu, apalagi Chainsaw Man nguap dengar cerita Makima itu. Tapi kayaknya masuk akal sih, ngelihat Pochita waktu ketemu Denji pertama kali dalam keadaan luka-luka. Mungkin Chainsaw Man dulu hampir kalah, kabur, terus ketemu Denji~

Menariknya lagi, Makima menyebut nama ‘4 horsemen’. Yang saya yakin itu referensi langsung dari alkitab, para 4 penunggang kuda dalam kitab Wahyu! Yes, another bible’s reference on this arc!!! Makima adalah Control Devil, yang bisa berarti Conquest juga, bagian dari 4 penunggang kuda itu. Dan di sini tujuan dia adalah mengalahkan para penunggang kuda lainnya yang dia sebutkan di bab 84, kematian, kelaparan dan perang… Yang berarti dia benar-benar ingin menguasai (conquer) semuanya di sini! Oh goddd!!! How an epic way to introduce a villain! IT’S SOO DAMMMNNN GOOODDD!!!

Saya ndak ngerti lagi ini manga mau segila dan mau seluar biasa apa lagi. Gilanya lagi di saat manganya ditaruh referensi alkitab, aksi gila penuh pembantaian, mangakanya malah bilang dia mau nonton film Crayon Shin-chan terbaru, tapi ndak bisa karena sibuk :”. Iya, baca aja komentar Fujimoto-sensei di WSJ minggu ini di sini~ Please sensei, take your time kalau memang mau nonton, saya bakal menunggu kok~

Genshin Impact

Kaptain

Liyue itu momen di mana Genshin punya identitas sendiri sebagai game. Ga ada open world lain yang medannya itu Fantasy Zhangjiajie. Saya juga punya respek tersendiri sama open world yang ga ngasih peta, ga ngasih quest, cuma nggiring mata pemainnya ke tempat yang nantang kalian buat manjat/berenang ke sana. Saya ga peduli sama tier list, komposisi meta, dan metode clear buat game ini. Kasih aja saya terus setpiece kayak Qingyun Peaks dan saya bakal tetep seneng.

Mulai pelan mainnya, as in saya dah ga ada niat ngabisin Resin dan ngandalin Commision aja buat leveling. Ini juga nyari Artifact buat dimakanin bikin capek. Ada rencana update tiap 6 minggu jadi untungnya bisa musiman mainnya.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Sebenernya masih ada seri lain yang masih perlu nyusul tapi secara keseluruhan saya dapet daftar tontonan yang baik musim ini.

Header: hayaroB