Mangaka Kimagure Orange Road, Izumi Matsumoto Meninggal Dunia

October 13, 2020 12:24 pm
Mangaka Kimagure Orange Road, Izumi Matsumoto Meninggal Dunia

Wave Studio mengumumkan di blog mangaka Izumi Matsumoto di situs Comic-On pada hari Selasa bahwa Matsumoto telah meninggal dunia pada 6 Oktober pada usia 61 tahun.

Dalam beberapa tahun terakhir, mangaka Kimagure Orange Road telah turun kondisinya akibat hipovolemia cairan serebrospinal. Matsumoto ingin kembali bekerja dan terus berjuang melawan penyakitnya, sembari mencemaskan operasi jantung yang dialaminya beberapa tahun lalu. Menurut dokternya, dia meninggal dalam tidurnya dengan damai.

Matsumoto telah mengungkapkan di blognya pada November 2019 bahwa ia menderita stenosis tulang belakang, penyempitan saluran tulang belakang yang tidak normal yang memberi tekanan pada sumsum tulang belakang. Dia mengatakan bahwa dia mengalami mati rasa yang parah di kakinya, dan dia tidak yakin tentang apa yang harus dia lakukan selanjutnya.

Matsumoto telah menjelaskan bahwa kakinya mulai mati rasa beberapa tahun yang lalu. Dia menjadi tidak bisa tidur karena parahnya senasi mati rasanya, seminggu sebelum posting blog bulan November. Dia pergi ke rumah sakit untuk mengambil pil tidur, dan dia telah meminumnya. Namun, karena gejala sangat parah, pil tidur terkadang tidak efektif. Matsumoto pernah berkata, “Tidur menjadi menakutkan setiap malam.”

Matsumoto menjelaskan lebih lanjut bahwa ada tekanan pada tulang dan otot di sekitar saraf sumsum tulang belakangnya, yang menyebabkan rasa sakit dan mati rasa karena stenosis tulang belakang. Penuaan mungkin telah berkontribusi pada kondisi Matsumoto. Dia juga percaya bahwa bertahun-tahun bekerja di meja mungkin telah berkontribusi karena fokus dari kondisinya ada di daerah panggulnya. Matsumoto mencatat bahwa dia menjalani MRI di klinik ortopedi, dan itu mengungkap kondisinya. Dia mengatakan bahwa dia tidak merasakan sakit, tetapi aktivitas sehari-hari menjadi sulit karenanya.

Meski Matsumoto sudah minum obat dari klinik ortopedi, kondisinya tidak banyak membaik. Matsumoto menemukan operasi sebagai solusi setelah melakukan penelitian online. Ia mengaku enggan menjalani operasi karena takut dan juga karena mahalnya biaya.

Matsumoto telah mengumumkan di blognya pada Oktober 2018 bahwa ia berencana untuk melanjutkan aktivitasnya setelah lebih dari dua tahun berjuang melawan penyakit.

Matsumoto telah mengungkapkan di blognya pada Agustus 2016 bahwa dia mengalami kekambuhan hipovolemia cairan serebrospinal pada akhir April 2016 setelah kepalanya terbentur ketika seseorang menabraknya saat bergegas untuk naik kereta, dan dia terbaring di tempat tidur selama tiga bulan. Matsumoto memulai perawatan di rumah sakit untuk kondisi tersebut pada Agustus 2016. Digital Manga Inc. kemudian menyatakan pada November 2016 bahwa kondisi Matsumoto “memburuk,” dan ia mengalami kejang secara teratur.

Matsumoto menyatakan pada tahun 2016 bahwa cahaya biru yang dipancarkan oleh layar LED memperburuk kondisinya, sehingga ia tidak dapat menggunakan komputer atau smartphone, dan tidak dapat memeriksa emailnya. Dia telah meminta seorang teman untuk memeriksa pesannya saat dia dirawat.

Matsumoto sebelumnya berhenti menggambar manga pada tahun 1999 karena penyakit yang sama, tetapi tidak menerima diagnosis yang tepat sampai tahun 2004. Ia kembali bekerja pada musim gugur 2005 setelah menjalani perawatan.

Serial manga Kimagure Orange Road karya Matsumoto dimuat di majalah Weekly Shonen Jump dari tahun 1984 hingga 1987 sebanyak 18 volume yang juga terbit secara lokal. Manga mendapat serial anime pada 1987-1988, dua film, dan berbagai video anime.

Kami segenap staf JOI turut berduka cita atas kepergian mangaka veteran ini.

Sumber: ANN