[JOI Spotlight] Dinner Tonight Edition

October 18, 2020 8:25 pm
[JOI Spotlight] Dinner Tonight Edition

Selamat datang di JOI Spotlight yang daftar tontonan para staf nampaknya sudah cukup stabil. Semoga nggak ada kejutan tidak menyenangkan lain di musim terakhir 2020 ini, jadi mari kita saksikan impresi para staf.

Ochikobore Fruit Tart 01

What’s this?

Scam Idol

Kaczmarek

Udah lama gak se-enjoy ini nonton serial idol. Terakhir ngerasain kayak gini saat Zombieland Saga masih mengudara. Anyway, episode pertama ini bener-bener menarik secara cerita dan pengenalan karakternya. Sakura dan Nina jadi favorit gue sejauh ini. Cause you can guess it why.

BlueHeaven

Ah ini mah Sou-sensei wet dream. Kaget saya dibanding Hanayamata yang masih agak aman. Tapi ini bikin saya makin demen dengan serial buat Sou-sensei sih, heheh..

Girls Frontline 03

Kaptain

Lebih jago soal joke meta dibanding madness chapter dulu. Lucu aja sih ngebilang RO ga ada presence-nya walopun dia ngegantiin M4 sebagai main heroine secara rutin

GSG collab ini in a sense tuh epilog, berhubung Yu Aida juga ngasih oke sama ceritanya. A closure of sort nggak hanya untuk para Cyborg tapi juga Handler mereka. High Point event ini secara pribadi tuh penyamaran SKK yang kebongkar gara-gara terlalu jago bikin gunung mayat, bahkan setelah dapet lobang di badan.

Dari semua drop event cuma Claes aja yang subpar, ajaib banget bisa bikin unit yang lebih parah daripada MG4. Untung aja farming jauh lebih santai dan kecuali kalian ingin menderita, Claes beli aja dari medal.

Soal stream kemarin, masih belum diungkap gimana GFL2 dan PNC bakal diduitin. Cuma PNC itu udah launch worthy dan cukup polished. Sementara Exilium itu merupakan harapan ideal saya: XCOM dengan Doll yang walopun lebih dikit, jatah ceritanya bakal lebih banyak.

Akudama Drive 02

Kaptain

Sesi infodump yang pada dasarnya itu ngejelasin kalau paling nggak setengahnya Jepang setting ini tuh not doing well. Tim Supehero yang bakal jadi ancaman utama juga udah dikenalin walopun satunya itu pretty much Mukuro dari DR1. Speaking of DR, ga ada yang kaget kan Nagito seri ini jatuh cinta sama si protagonis?

Sangat berharap seri Kodaka ini ga milih Twist gampang kayak “Si heroine tuh biang keroknya”. Jujur aja saya sebenernya dah seneng protagonisnya cewek, yang sejauh ini punya tanggal kadaluarsa yang lebih panjang daripada Kaede di V3 dan running gag yang ngebuat dia jadi Akudama level tinggi selama durasi tayangnya juga jalan terus.

DanMachi III 03

Kaczmarek

Oh my god, Xenos finally introduced! Kalo gasalah ini arc terpanjang dari segi halaman di novelnya bukan? Karena saat Ouranos menjelaskan impiannya untuk manusia dan Xenos dapat hidup bersama, ini akan membangun friksi yang tebal. Apalagi kebijakan antar familia yang masih abu-abu hingga kini. Saya menebak Loki Familia bakal jadi batu sandungan bagi Hestia Familia di beberapa episode kedepan. Sedikit tergambar di animasi pembukanya, Ais dan Bell yang sering beradu pedang (not that pedang). Mungkin Hestia familia dapat berkongsi dengan Hermes Familia yang sedikit mencurigakan pergerakannya di belakang layar.

Jujutsu Kaisen 03

Kaptain

Saat akhir episode bilang bakal ada murid yang mati, they mean it. Si heroine akhirnya dateng cuma ya jujur aja buat seri ini tuh para karakter perempuannya pada kalah presence-nya sama para lakinya. Ini bukan berarti Nobara karakter yang jelek, cuma hopelessly outmatched aja. Pas survey popularitas pertama aja cuma dia sendiri karakter cewek di 10 besar.

Majo no Tabitabi 03

Kaczmarek

Elaina makin menunjukan kepribadian sesungguhnya dalam episode ini berasa kayak angin segar. Soal bouquet di segmen pertama, saya kira ada yang terpotong disitu. Kalo bener, saya mengira dua orang itu (Artemisia dan Sorol) punya hubungan incest. Karena sebelumnya dijelaskan bahwa mereka ini adik dan kakak. Abis ini pengen coba ngecek deh di LN-nya.

Segmen kedua. Gausah dijelasin sih ya, Village Chief-nya brengsek. Sudah bisa ditebak bahwa ia ngelakuin pelecehan seksual kepada Nino walau kita tahu bahwa hukum antara budak dan majikan gak sesuai dengan keinginan penonton. Tak mengindahkan masalah itu, saya yakin sih Nino makin depresi dengan hadiah sampah dari Emil.

CTian

Ada apa ini? Saya belum nonton episode 3-nya… /plak

BlueHeaven

Episode tiga datang dengan rasa yang berbeda dibanding dua episode perdananya. Bagi orang yang belum tahu ceritanya, Elaina adalah sebuah anime moe yang kerjanya bakal bolang. Well actually you can’t guess it will came kalau cuma nonton animenya doang. Karena ga ada clue apa-apa anime ini bisa berubah jadi dark.

Saya mengerti beberapa dari kalian kecewa dengan sikap Elaina yang tidak membantu dua kasus yang disajikan di episode ini. Tapi Elaina itu cuma traveller, numpang lewat. Mau nolong pun kayaknya udah telat nyadarnya pas di kasus pertama dan di kasus kedua kurang lebih juga sama. Daripada terlibat lebih jauh, mending kita ngebolang lagi. Toh Elaina memenuhi janji kepada ibunya kalau dia emang bukan superhuman. Bisa sihir juga ga bisa seenak jidat. Kalau Nikeh saja skip buat basmi itu bunga terkutuk dan insiden bundir apalagi Elaina yang masih fresh pengalaman mengembarannya. Semua sikap Elaina itu reasonable dan bisa diterima yang bisa diprotes mungkin perubahan scene yang drastis namun membuat Majo Tabitabi ada ciri khas sendiri yang bisa membuat anime ini bersinar dibanding lainnya.

Yashahime 03

Kaptain

Ya ampun ini Sesshomaru beneran ngebuang anaknya ke hutan buat ujian? Ini ibu si kembar kayaknya udah mati ya; ngeliat kandidat terbesarnya itu ga mungkin ngijinin ini. Tapi ya manipulasi ingatan sekarang jadi faktor utama kenapa karakter lama pada ngilang, tapi buat orang kayak Sesshomaru this thing is hardly surprising. Untuk sekarang saya seneng aja sama Moroha yang peka banget sama situasi yang terjadi, bakal lucu banget kalau dirinya yang malah jadi otak dari trio ini.

Sama itu di akhir please don’t be that Kikyo.

Higurashi no Naku Koro ni Gou 03

Kaczmarek

Usoda! Entah yang keberapa kalinya. Karena maenin VN-nya udah capek denger Rena ngomong gitu. Episode ketiga ini kembali menyambungkan peristiwa yang sedikit terdistorsi di episode kedua. Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana arc ini akan berakhir? Ryuukishi ada di belakang semua ini, jadi saya gak bisa nebak-nebak kemungkinannya. Kecuali memang skripnya dibikin orisinal sama staf khusus anime-nya.

Adachi to Shimamura 02

Kaczmarek

Adachi ini berbahaya. Fantasinya perlahan menjerumuskanya dalam lubang pelangi yang mungkin tak bisa lagi ia hindari. Yang tentunya, adalah daya tarik dari serial ini. Akari Kitou sangat sibuk di musim gugur ini, namun tak bisa mengalahkan Saori Hayami. Check her out to prove it. Saya yakin sih Nagafuji dan Hino sudah lebih dekat dari Adachi dan Shimamura, Skinship-nya udah berbahaya untuk publik.

Strike Witches: ROAD to BERLIN 02

Oh boi, here we go the third wheelie

Kaczmarek

Yeeee, reuni lagi. Memang pattern-nya ini franchise gak pernah berubah. Kalau serial Strike the Blood dengan quote Taneda Risa-nya, kalo SW pasti dengan episode satu fokus ke satu karakter dan episode kedua reunian. Kali ini Hattori Shizuka gabung ke unit 501st masih dengan kekakuannya sedari dulu. Mari menantikan betapa gugupnya witches satu ini.

KimiSen 02

Kaczmarek

Destined for Together. Konsep ala-ala sinetron ini bakal jadi bumbu penyedap aja di serial ini. Namun dengan friksi politik yang masih bener-bener anget, saya kira hubungan keduanya bakal makin mendekat di akhir-akhir momen. Mismis agak kaku disini, walau saya sudah menantikan betapa clumsynya orang tua satu ini. Saya cukup senang Rin juga gak punya niatan untuk cockblock hubungan Iska sama Alice.

Kuma Kuma Kuma Bear 02

Kaczmarek

Surveinya penting sekali isi pertanyaannya. “Do you believe in God?”, c’mon this is not Tyler the Creator segment. Now that’s why Yuna can’t use other outfit for her. Buat tidur keknya nyaman, tapi gak untuk pertarungan. Ah yes, ini bakal seperti protagonis OP yang biasa kalian lihat sebelumnya. Paling enggak ini serial bisa dipake buat leisuring aja di pertengahan minggu. Memang ada alasan tersendiri jadwal penayangannya ada di hari Rabu.

CTian

Suara Yuna mantap betul.

Mahouka Koukou no Rettousei Raihousha-hen 03

Kaczmarek

Jadi chaotic circumstances ini masih abu-abu, bahkan untuk kalangan klan tertinggi seperti Saegusa dan Juumonji. Bahkan saat Kokonoe (shishou-nya Tatsuya) njelasin soal miskonsepsi pemahaman soal bahwa ada zat lain di dunia selain dari manusia sendiri, fenomena vampire ini justru belum bisa terjawab. Dari encounter pertama dari Tatsuya, Mikihiko, dan Erika dengan vampire dan Angie Sirius, saya mendapati bahwa penggunaan Mist Dispersion terhadap manusia berkamuflase adalah kesalahan fatal. Jadi gak heran Tatsuya make Gram Dispersion disini, dan cukup untuk ngebongkar mode Parade dari Lina sebagai Angie Sirius. Anehnya dekomposisi dari Mist Dispersion ini sebenarnya gak gagal 100%, melainkan hanya miss beberapa persen akibat dari Parade itu sendiri. Beruntungnya Tatsuya ini closed pervert, jadinya gak ngebuka ampe dalem-dalemnya.

Pemotongan detail cerita di episode ini kayaknya didominasi dengan pembicaraan Saegusa, Juumonji dan Tatsuya. Apalagi soal penjabaran sejauh mana perwakilan kedua klan tersebut mengetahui keadaan soal fenomena vampire ini. Saya kudu nggali lagi detail pembicaraannya di volume ini. Dan juga soal Beta Trident yang disebut oleh Yotsuba Maya.

Gochiusa BLOOM 02

Kaczmarek

Emang angker sih rumahnya si Syaro. Makin sering suara Chiya, malah makin gak sabar nonton film kedua Seitokai Yakuindomo. Kemudian di episode ini akhirnya lebih banyak ngexpose Syaro lebih dalem. Itu reaksi Cocoa “Lapin in Lapin so pin pin la plain” adalah hal terabsurd yang gue denger di hari Minggu ini.

Sigururi 03

Kaczmarek

Pain. Odin yang nongol lagi sudah membawa hawa negatif terkait masa depan keempat gadis-gadis ini. Saya mengira yang terbaring di kasur itu anggota keluarga Miyako, ternyata korban perang dari sebelumnya. Gak biasanya kita disuguhin langsung dengan kenyataan. Yang bikin kesal lagi adalah Miyako, Sonoka, dan Claudia masih bisa berekreasi sebelum menemui korban itu. Bakal terjadi perubahan drastis mulai kedepannya. Ngeliat senyum lebar Miyako aja udah bikin was-was.

Soal makanan, kita semua setuju bahwa Sonoka gak bakal nambah tinggi kayak Claudia. Karena nutrisinya udah pindah ke asetnya hahaha. Berikutnya bakal fokus ke Azuzu atau Sonoka ye?

Kamisama ni Natta Hi 02

Kaczmarek

Armageddon out of nowhere and even Rocky? Haahahha. Dan woi, ini kenapa udah ada PS5 nyangsang di rumah Narukami? Ah anyway, Izanami makin-makin cakep. Namun jangan mengesampingkan bagian awal-awal ini sebagai pengalih perhatian dari sesuatu di belakang semua ini. Orang tua Narukami sendiri nampak sudah mengetahui Hina sebagai kerabat, namun mereka tak tahu namanya. Apakah ini ulah Hina? Atau berhubungan dengan hacker yang sudah diungkap di PV-nya?

Munou na Nana 02

Kaczmarek

Karena waktu terbit JOI Spotlight yang tabrakan dengan penayangan anime ini, maka episode yang tayang malam ini bakal hadir di Spotlight berikutnya. Anyway, Kyouya akhirnya mendekati Nana lebih dari biasanya. Karena ia bermain-main dengan rambut Nana seolah-olah itu rambut adiknya. Penasaran sih kemampuan apa yang dimiliki siswa dengan seiyuu yang sama kayak Tatsuya dari Mahouka ini. Sementara Youhei bisa jadi mangsa empuk jika Kyouya gak ujug-ujug ikut nimbrung.

BlueHeaven

Sweet murder by Nana.

Ikebukuro West Gate Park 02

Kaczmarek

Looks thin so far, tapi kayaknya bakal ada hal besar yang bakalan dateng. Saya suka Red Angels dan G-Boys belum ngelakuin hal represif soal masalah di restoran itu, paling tidak sampai kesalahpahaman bisa dapet titik terang. Takashi dan Kyouichi bisa pake kepala dingin demi mengontrol anggotanya juga patut disyukuri. Masalah terkait OK Holdings ini memang belum sepenuhnya selesai, apalagi tiap masalah kayaknya bakal merambat ke masalah besar lainnya.

100-man 03

Kaczmarek

It’s getting trashy as expected, tapi disini juga dimulai pengembangan karakter masing-masing. Tokitate akhirnya nongol dengan gaya terkagok-kagoknya. Tapi paling enggak dia ini otaku, jadi gak segan “bermain” dalam game ini. Kemudian menengok Hakozaki, hadeh, cukup hopeless sejauh ini. Kemudian sekilas masa lalu Shindou diperlihatkan dan wow, saya gak nyangka dia dimanfaatkan ortunya sendiri. Serial ini bukan membentuk harem bagi Yotsuya, malah harem untuk Shindou. Di episode ini, Genichirou Tenryu yang dikenal sebagai legenda gulat menjadi seiyuu bagi Game Master-nya. Additional cast yang cukup mengagetkan daripada skenario ceritanya.

Tonikawa 01-02

CTian

Saya bahasnya per episode yang tayang di Aniplus Asia yak, bukan yang di Jepang~ Walau saya kesel itu Aniplus Asia nggak bikinin subtitel bahasa Indonesia untuk Tonikawa di sana, tapi setidaknya worth to watch sekali karena ada Tsukasa-chan! Terima kasih banyak Akarin! Suaramu memang cocok sekali dengan sifatnya Tsukasa ini!~

Saya kaget Tsukasa bisa dibuat seimut ini di awal-awal seri. Kalau di manga lebih ke karakter kuudere-nya itu sih yang kelihatan di awal-awal seri ini. Tapi dia ini yang memang imut, sangat imut!!! Sayang pemeran Nasa-nya kurang berkesan menurut saya dan saya jadi ngebayangin kalau yang ngisi Natsuki Hanae sepertinya bakal lebih pas~

Euy, lagu opening-nya tolong~ Itu juga adegan di lagu ending-nya juga, aahhh! Ngomongin lagu, adaptasinya ternyata masukin lagu tema toko Donqi dong waktu mereka belanja hadiah pertama untuk istri! Sesuai lah sama manganya yang suka kasih referensi keseharian pengarangnya.

Untuk 2 episode awalnya ini masih terlalu asing sih referensinya yang dimasukkan, setidaknya untuk saya yang bukan orang berbudaya. Saya tunggu adegan adaptasi lainnya yang referensinya saya tahu~ Intinya, Tsukasa-chan to good to be real!

“Hebat! Jadi ini yang namanya menikah?” batin seorang mangaka yang karyanya saya baru baca yang ini saja.

Love Live Nijigasaki 03

Kaptain

Kalau kalian masih nggak sreg dengan eksperimen ini, there you have it; si protagonis sendiri yang bilang Love Live ga penting, idol doing stuff yang harusnya jadi prioritas. Dari pace cerita kayaknya klub baru bener-bener lengkap masuk pertengahan musim, tapi ya saya ga keberatan kalo cerita seterusnya itu Yu yang mastiin semua manusia di seri ini masuk haremnya dia.

Saya nggak tahu ini bakal relevan apa nggak, tapi di gamenya si “protagonis” itu juga merangkap jadi komposer grup. Entah Yu bakal dapet mid-season upgrade yang ngebuat skill musik dia naik, karena sesuai yang adegan ruang musik tunjukkan, she’s not very good at it.

Chainsaw Man 88-89

CTian

Jangan baca Chainsaw Man. Iya, jangan baca manga ini! Ngomong-ngomong, jilid pertama Chainsaw Man by VIZ pesanan saya sudah sampai!!! AAAAAHHHHHH!!!! Manga ini kemungkinan terbit lokal hampir 0%, jadi saya inisiatif beli import saja. Setidaknya salah satu penerbit di sini sudah konfirmasi bakal sulit nerbitin manga ini di Indonesia.

Minggu ini kan rilis 2 bab (bab 89 early issue), jadi minggu depan kosong~ Sampai berjumpa 2 minggu lagi! Bakal ada halaman warna lho untuk bab 90! Juga, per bab 89 rilis kemarin, di Jepang, manga Chainsaw Man sudah beredar sebanyak 4,2 juta salinan!!! NOOOO!!! But, nice number~

Genshin Impact

Kaptain

Main story selesai. Saatnya mulai dansa “ga ada duit buat upgrade, ga ada resin buat dapet duit”, Iya saya tahu masih ada Venti di 35 tapi secara efektif saya dah kelar sama game ini sampe November.

Ada masalah jangka panjang yang saya khawatir banget bakal terjadi di aspek acara musiman. Kebanyakan game sejenis itu punya hub awal yang cukup luas kayak Warframe yang punya Eidolon, Fortuna, dan Relay di planet awal dan XIV yang punya 3 City State + Gold Saucer. Secara efektif pemain baru pada umumnya bakal macet di Monstadt selama 20 jam awal dan ngejejalin semua event di satu kota ini bakal repot dan ngalangin scope acara. Nyuruh orang ngejer Lostbelt di FGO aja udah nyiksa, ini ngeburu-buru main open world ya bakal berabe.

Masih soal event, acara coop-nya kurang lebih versi sederhananya Index (Warframe), kecuali kalian bikin tim isi temen atau di-carry sama pemain SSR lain bakal alot dapet sub-3 menit.

Arknights (EN)

Kaczmarek

Saya mau swearing sebenernya setelah dirilis info CC bakal hadir November nanti. Udah mulai lost interest untuk berusaha lebih nge-dump waktu luang demi main ini. Segala hal jadi terasa mepet entah kenapa. Namun paling enggak saya bisa nyicil-nyicil upgrade skill operator sekaligus E2 kayak Specter di atas.

Kantai Collection

Kaczmarek

Mari mengetok gun yang harus diketok. Event berikutnya kapan? Bodo amat. Yang penting bisa persiapan lebih dibanding Rainy Summer kemarin. Sistemnya udah kayak AK aja lah, persiapan event, persiapan event aja lah sampe ini game mati.

Shadowbringer

Dicaprio pointing.jpg

Kaptain

Welcome to Estalia Bozja Gentlemen. Berhasil menuhin harapan saya dengan nggak jadi Eureka 2.0 berkat adanya alternatif farming di luar + bisa jualan di Market Board. Saat artikel ini ditulis masih butuh satu level lagi buat masuk Castrum dan sejauh ini konten bisa ngegunain gaya nulisnya Matsuno dengan lebih baik. As in ada ensiklopedi khusus buat para lakon di Bozja Frontline ini, suka apa nggak cerita Matsuno itu kayak baca wiki kejadian sejarah, yang walaupun menarik secara holistik sayangnya ngeakibatin interaksi antar karakter kurang.

Seneng aja sih akhir Square Enix inget kalo Vagrant Story itu mereka yang megang, walopun di konten ini jadi minor easter egg aja.

Sekian JOI Spotlight kali ini. Kalau saya boleh jujur sebenernya seri yang ditonton staf lebih banyak, cuma format ceritanya yang formulaik itu ngebuatnya nggak enak ditulis. Anggap aja seri yang kalian demen tapi nggak kita bahas di sini itu kami puji habis-habisan.

Header: haraya