[Virtual Journal] Ichinose Uruha

October 20, 2020 8:15 pm
[Virtual Journal] Ichinose Uruha

Selamat datang kembali di Virtual Journal yang masih konsisten terbit tiap Selasa namun tidak selalu muncul setiap minggu. Setelah menghilang beberapa minggu dikarenakan penulis satu-satunya lagi sibuk ngurusin banyak hal, di edisi kali ini kiblat kembali saya arahkan kepada virtual youtuber asal negeri sakura. Namun target saya kali ini bukanlah virtual youtuber dari agensi yang sudah banyak orang tahu, melainkan sebuah grup yang mungkin belum dikenal banyak penggemar VTuber Indonesia.

Lupinus Virtual Games mungkin lebih tepat disebut grup atau tim. Tim yang disingkat LVG ini adalah sebuah tim eSports yang terdiri dari 4 gadis cantik asli yakni Kaga Nazuna, Kaga Sumire, Kogara Toto, dan Ichinose Uruha. Fokus dari tim ini adalah permainan FPS seperti APEX atau PUBG. Cukup sulit mengumpulkan serpihan informasi mengenai tim yang sudah berdiri lebih dari setahun ini karena tidak dimuat di wiki maupun sumber utama pencarian saya, moegirl.

Untungnya ada satu member yang memiliki cukup bahan untuk digali dan disajikan dalam jurnal ini. Penasaran seperti apa VTuber yang satu ini? Here’s the details.

Gamer Wanita Idaman

Pertama kali saya melihat gadis ini, rambutnya tidak tertata begitu rapi. Bukan LSBH yang sempurna, namun warna hitam pekat yang dilapis satu garis helai biru membuat saya begitu tertarik. Dan ketika saya membuka kontennya, I can speak highly that she’s one of the best LSBH VTuber I’ve ever found.

Ichinose Uruha

Do I need extra explanation? YES.

Apa yang membuat saya berani berkata demikian? Well, ini bukan preferensi pribadi tapi memang kualitas yang berbicara. Mulai dari yang paling general, seperti yang kita ketahui, this girl is a part of LVG, sebuah tim eSports. Ternyata memang mengusung embel-embel eSports bukanlah untuk tampilan profil belaka. Skill yang mumpuni sudah menjadi bagian dari gadis yang rambutnya acak kadut tapi selalu bangun pagi ini. Dirinya selalu bermain serius dan mengincar kemenangan, dan tentu saja juga membenci kekalahan. Beberapa game sudah dijelajahinya seperti PUBG, APEX, Valorant, Shadowverse namun yang paling sering dimainkannya akhir-akhir ini adalah APEX Legends. Saat artikel ini ditulis saja, dirinya sedang berkompetisi bersama beberapa VTuber lain dalam CR Cup. Mungkin sudah banyak kompetisi eSports yang diikutinya dan berhasil beberapa prestasi yang bisa dibanggakan, bahkan sebelum menjadi VTuber (selebihnya adalah informasi redacted).

Menjadi handal dalam bermain game bukan satu-satunya poin yang dimilikinya. Selain dari penampilan yang menggugah selera, personalitynya sangatlah cocok dengan karakter yang ditampilkannya. Terlihat dingin alias cool namun ternyata sangatlah ramah membuatnya sangat disukai orang. Pas banget buat yang pengen punya waifu LSBH, cool dan bisa diajak gaming. Inilah Ichinose Uruha.

It Just That Simple

Kamu kira cukup sekian poin menarik yang dimiliki Uruha? Semenjak debutnya pada 19 April 2019 Uruha hanya berfokus pada konten gaming dan chat. Ya, hanya dua itu, tidak ada nyanyi seperti VTuber pada umumnya. Tujuan dari Uruha sangat jelas dan tidak neko-neko. Dia tidak berusaha untuk tampil menor melainkan apa adanya.

Dalam sesi chat atau zatzudan gadis yang kadang tidak bernada bersemangat ini selalu ramah terhadap viewernya. Sikap down to earthnya ini yang menjadikan dirinya sangat disukai oleh viewernya. Uruha tidak membeda-bedakan member dan non-member, sebisa mungkin dia menjawab komentarmu. Hanya saja selama saya menonton semua komentarnya dipenuhi oleh nihonjin. Jadi kamu mesti paham bahasa Jepang kalau ingin nimbrung ke chatnya.

Satu hal yang menarik di mata saya, Uruha tidak menyiapkan kontennya secara kompleks. Jauh sebelum Gawr Gura mengucapkan huruf legendnya, sudah ada Uruha yang super males stream seadanya dengan judul seperti ‘a’, ‘p’, ‘ね’. Tampilan streamnya juga tidak memiliki banyak komponen. Dalam stream zatsudannya hanya menggunakan dirinya sendiri ditambah background bertuliskan Lupinus Virtual Games dan chatnya. Ketika bermain game, tampilan gamenya dibuat memenuhi layar ditambah karakternya. Kadang dirinya stream bahkan tanpa mengatur thumbnail, entah itu tidak membuat thumbnail atau langsung memakai fanart tanpa edit macam-macam dan tidak memberikan deskripsi yang cukup. Meski demikian videonya memiliki durasi sekitar satu jam bahkan untuk video yang berjudul test. Isinya apa? APEX.

Saat ini Uruha sudah memiliki lebih dari 100 ribu subscribers dan memiliki paling sedikit 14.000 views dari video yang diupload dalam kurun waktu 1 bulan terakhir. Yang menontonnya saat live streaming juga tidak kurang dari seribu. Gadis yang mengaku NEET ini bisa membuktikan dengan konten yang tidak macam-macam, dirinya mampu menghibur penontonnya dan dirinya bisa cukup enjoy menikmatinya. Rahasianya? Konsistensi, skill gaming, kawaii, ramah pada viewer serta tampil apa adanya.

She is Angry Girl

Yang membuat Uruha cukup dikenal oleh viewer internasional adalah julukan yang melekat pada dirinya, angry girl. Karena keseriusannya dalam bermain game dirinya sering marah kalau timnya tidak serius dalam bermain. Atau bisa juga dia kesal karena dirinya tidak bisa melakukan hal yang lebih baik ketika bermain game. Kenyataannya Uruha jarang marah, namun sekali dia marah itulah momen precious yang membuat dirinya terlihat imut di mata penggemarnya.

Certified Desk Slammer. Just need only slam, and you know her anger.

Kurang? Motto. Desk-kun -120 HP

Uruha merupakan rekan yang bisa diandalkan. Sudah banyak VTuber yang senang berkolaborasi dengan Uruha, mulai dari Shirayuri Lily dari ViViD, Kanae dari Nijisanji, Tokoyami Towa dari Hololive, dan masih banyak lagi. Dalam berkolaborasi dirinya sering menjadi carry dalam tim. Uruha memiliki beberapa nama grup collab seperti Shiro no Yoru (Lily, Uruha, Seto) dan Tokonokise (Uruha, Towa, Sio). Uruha juga sebenarnya memiliki nama panggilan lain yaitu Nose-chan diambil dari nama depannya. Yang jelas Uruha tidak peduli kamu memanggil dia apa, asal viewer senang tidak ada masalah.

Sebenarnya ada banyak VTuber yang tergabung dalam tim eSports (salah satunya saya) namun Ichinose Uruha tetap memiliki tempat yang spesial dan salah satu yang terbaik dalam menyajikan eSports sebagai bahan utama kontennya. Kalau kalian tertarik untuk melihat aksi Uruha, kalian bisa cek langsung di channel youtubenya dan bisa juga mengikuti twitternya. Dengan tag #一ノ瀬の絵 kalian juga bisa menemukan banyak fanart cantik untuk Uruha.

Ichinose Uruha Links

Youtube: https://www.youtube.com/channel/UC5LyYg6cCA4yHEYvtUsir3g

Twitter: https://twitter.com/uruha_ichinose