[Virtual Journal] Prof. Harunozuka & Comrade

October 27, 2020 8:30 pm
[Virtual Journal] Prof. Harunozuka & Comrade

Yahallo! Kembali lagi dengan Virtual Journal di hari Selasa yang cerah ini (Daerahmu tidak cerah? Bukan urusan saya). Karena artikel ini rilis dekat dengan hari Sumpah Pemuda, maka saya kembalikan lagi mata kompas ke arah selatan. Perjalanan kembali ke selatan sambil membawa jurnal suci ini bukanlah hal yang mudah. Di tengah ingar-bingar agensi VTuber yang sudah membombardir market VTuber, masih ada banyak VTuber Indie yang berjuang untuk mengedukasi sekaligus menghibur para penonton. Mungkin saya sudah pernah menulis VTuber Indie Indonesia di edisi sebelumnya, tetapi yang ini lebih spesial karena mereka tidak hanya sendirian namun berkelompok.

Kenalan dulu sama Prof. Haru

Sebelum saya bahas kelompoknya, mungkin lebih baik mengenal sosok sentral yang menjadi spotlight dari virtual journal kali ini. Prof. Dr. (S.C.) Haruna Haninozuka, S.H.Ota., M.I.L.F atau yang lebih sering dipanggil Prof. Harunozuka adalah sosok founder dari circle yang diberi nama Prof. Harunozuka & Comrade. Jauh sebelum circle ini dibuat, Prof. Haru -beginilah panggilan lebih singkatnya- adalah seorang VTuber Indie yang debut pada 21 April 2020.

Harunozuka mengaku sebagai seorang Self-Proclaimed Pengamat Wibu Spesialisasi Sosiowibulogi dari Pusat Kajian Perilaku, Sosial, dan Budaya Japanofilia sekaligus seorang Profesor/Guru Besar bidang Sosiowibulogi di Wapanese Isekai of Bachelor University. Lah, Sosiowibulogi itu opo? Sosiowibulogi merupakan spesialisasi cabang “Ilmu Perwibuan” yang menitikberatkan pada aspek interaksi sosial masyarakat peminat/pegiat/aktivis Jejepangan. Terlihat halu? Bukan urusan Anda. Makanya ada mega quote tersaji ketika kamu pertama kali berkunjung di situs resminya yang disimpulkan dengan satu hashtag: #NyatakanHalumu.

Prof. Haru memiliki banyak spesifikasi yang dijabarkannya secara detail. Debutnya saja sudah menjadi curriculum vitae untuk dirinya. Pertama-tama yang harus digaris bawahi adalah tinggi Prof. Haru adalah 153 cm. Kemudian kita bisa melihat info selanjutnya, yaitu prof. harus memiliki massa tubuh sebesar 48 kg, tipe darah O, lahir 25 Januari dan kini berumur 25 tahun. Masih banyak lagi spesifikasinya dari Prof. Haru, jadi karena saya malas ketiknya satu per satu jadi kalian bisa melihat langsung sendiri pada gambar dibawah berikut.

Harunozuka

Sebelum kita masuk ke poin berikut, masih ada satu hal lagi yang wajib kalian tahu. Jadi pas awal debutnya, Prof. Haru ini hanya bermodal hanya gambar saja. Yep, ini bukan live 2D apalagi 3D seperti VTuber yang terkenal pada umumnya. Jadi perlu kamu ketahui, kalau VTuber itu ga wajib berwujud tertentu dan ini telah dibuktikan oleh Prof. Haru yang merintis dari bawah dengan bermodal gambar saja. Nah, kalau sekarang sih Prof. Haru sudah graduate pada 22 September kemarin, graduate dari giftuber menjadi sosok live 2D yang debutnya 28 September 2020. Jadi kenapa saya perlu mention ini disini? Ini modal biar kamu bisa lebih paham sama para comrade-nya Prof. Haru.

Introducing Haru’s Comrade

Tadi saya bilang, kalau Prof. Haru ini tidak sendiri. Nama channelnya sendiri aja Prof. Harunozuka & Comrade, jadi pasti orangnya ga cuma satu doang. Prof. Harunozuka meluncurkan circle ini secara resmi pada tanggal 1 Agustus 2020. Di dalamnya sudah ada logo yang dibuat oleh BangJack dan 8 sosok virtual di dalamnya. Ga usah ba-bi-bu lagi, ini dia 7 orang selain Prof. Haru yang tergabung dalam circle ini.

1. Orchis, Son of G’Kang

Orchis merupakan putra dari salah satu pemimpin Orc terkuat, yaitu G’Kang (baca: ji-kang) dengan gugurnya pemimpin besar, seluruh bangsa Orc yang tersisa melakukan ritual terlarang, yaitu Time Gate Ritual. Ritual tersebut mengakibatkan ia tiba di zaman manusia sekarang dan bertemu Prof. Harunozuka secara tidak sengaja.

Orchis saat ini bekerja sebagai Entertaiment in Chief di Prof. Harunozuka & Comrade. Orchis kini memiliki nama lengkap Dr.rer.weeb Orchis. Orchis sangatlah cocok buat kamu yang demen dengan sambel ijo, ehe.

2. Aruto Chrysantheia

Mahasiswa sopan nan santuy yang bekerja sebagai study in chief di Prof. Harunozuka & Comrade. Terkenal dengan obrolan kopinya. Mottonya: “Karena sesungguhnya pertikaian itu bukan bersumber dari perbedaan pemikiran, melainkan kurang ngopi aja.”

3. Kamerad Lala

Iblis yang berasal dari oninokuni, buronan dan pelarian kelas naga. Memiliki banyak samaran seperti Fajar Trimus dan Kurokawa Higashi. Bekerja sebagai orator, agitprop partai revolusioner Oninokuni dan tentunya study in chief di Prof. Harunozuka & Comrade. Tidak heran iblis yang memiliki gelar S.pd., M,Hum. ini memiliki konten bahasan politik dan hukum.

4. Magma Rose

Seorang manusia yang di jadikan percobaan hidup oleh Dr. Werner dahulu kala. Setelah Dr. Werner tiada, dia melanjutkan mengurus dan menjaga laboratorium milik Dr. Werner yang kemudian di datangi oleh Prof. Harunozuka dan berakhir dengan Magma mengikuti Prof. Harunozuka. Magma berkawan akrab dengan Orchis sehingga kurang lebih kontennya sama mulai dari bahas jejepangan, cosplay dan caster eSports.

5. Bunga (Littleflower)

Friend of everyone, Bunga seorang -gender sesuai dengan apa yang kamu lihat dan dengar- menjabat sebagai Head Public Relationship dari Prof. Harunozuka & Comrade. Bunga memiliki channelnya sendiri yang cukup ramai dengan lebah simp yang terpikat dengan keramahannya. Kamu bisa memanggil Bunga dengan sebutan Littleflower atau Flow.

6. Kaname Phantasma

Hibrid manusia-kucing yang bekerja sebagai ICT Prof. Harunozuka & Comrade. Sosok yang biasa dipanggil Kanapan ini sudah mempelajari banyak bahasa pemrograman, jadi jangan heran website Haru & Comrade bisa cantik memukau. Dirinya sering live streaming membahas hal random dan gemar merecoki streaming comrade lainnya.

7. Kilan (Angwy)

Mama yang menciptakan Prof. Harunozuka. Bisa disogok dengan iming-iming M*cD. Kenapa namanya Angwy? Because she’s hangwy.

Ditambah sosok BangJack yang membuat logo Prof. Harunozuka & Comrade, jadi total ada 9 makhluk secara keseluruhan. Well, itu tadi para penghuni circle Prof. Harunozuka & Comrade. Jadi sebenarnya apa yang mereka tawarkan dengan beramai-ramai seperti ini?

Konten yang ditawarkan

Dengan adanya karakter bermacam-macam, pastinya konten dihadirkan begitu banyak, bukan? YES. Baru dari Prof. Haru saja sudah berentet hashtagnya, apalagi ditambah comradenya. Namun ada satu hal yang menjadi main light dari Prof. Harunozuka & Comrade yaitu kajiannya terhadap budaya J-POP, K-POP dan semacamnya.

Mulai dari membahas soal dunia VTuber Indonesia dan luar negeri secara mendetail, mengadakan weebinar, diskursus japanofilia, podcast, rebo nyunda, owalah banyak euy. Itu baru konten dari Prof. Haru loh, belum yang dari comrade lain. Dan konten yang paling menarik mata saya adalah sensus #MendataVTuberID yang diadakan tiap pekan (i-ini bukan karena aku terdaftar dalam databasenya kok, hmph!). Database yang dikumpulkan cukup terdata dengan baik, jadi kalau kalian ingin tahu siapa saja VTuber Indie di Indonesia bisa melihat database dari Prof. Haru & Comrade.

Weebinar Prof. Haru bahkan sampai collab dengan event kampus

Mungkin cukup sekian untuk virtual journal kali ini. Buat kalian yang masih penasaran dan tertarik dengan Prof. Harunozuka & Comrade bisa berkunjung ke channel mereka dan berlangganan menjadi HaruDaks. Kan sayang, kita punya VTuber dengan konsep unik seperti ini tapi masih underrated dibawah 1000 subscribers saat artikel ini dibuat. Prof. Haru juga memiliki link lengkap termasuk website super keren yang bisa kamu ikuti di link dibawah ini.

Prof. Harunozuka & Comrade Links

Youtube: https://youtube.com/harunozuka

Website: https://harunozuka.id/

Facebook: https://fb.me/harunozuka

Twitch: https://twitch.tv/harunozuka

Instagram: https://instagram.com/harunozuka

Twitter: https://twitter.com/harunozuka

Anchor: https://anchor.fm/harunozuka

Spotify: https://spoti.fi/2IWTRkv

Discord: https://discord.gg/TsMnR5r

Question: https://marshmallow-qa.com/harunozuka