Jual DVD Bajakan Kimetsu no Yaiba, Pria di Fukuoka: “Saya Kira Produk Asli”

October 29, 2020 12:14 pm
Jual DVD Bajakan Kimetsu no Yaiba, Pria di Fukuoka: “Saya Kira Produk Asli”

Seorang pekerja kantoran berinisial KH di Prefektur Fukuoka pada hari Selasa kemarin lusa (27/10) diamankan kepolisian setempat akibat dari pelanggaran hukum hak cipta. Pria berusia 40 tahun ini diduga menjual DVD bajakan adaptasi anime televisi dari mangaKimetsu no Yaiba” di sebuah retail daring.

Menurut penuturan terduga pelaku, ia baru menjual dua DVD serial anime Kimetsu no Yaiba” ke dua orang perempuan yang tinggal di Prefektur Ibaraki. Dalam laman penjualan yang kini sudah dihapus, DVD tersebut dideskripsikan dengan kalimat “Versi Luar Negeri” dan “Tanpa Iklan” di dalamnya. Harga yang dipatok juga lebih rendah dari harga regulernya.

Kimetsu no Yaiba

© NHK

Pihak kepolisian memastikan bahwa DVD bajakan ini dibeli terduga pelaku dari Malaysia. Sekitar 600 keping DVD langsung diamankan pada akhir bulan September. Polisi juga memeriksa deposit milik KH yang berisi sekitar 11,5 juta yen pada bulan April lalu. Atas kecurigaan uang tersebut berasal dari aksi kriminalnya, polisi kini masih menginvestigasi lebih lanjut. KH menyatakan, “Saya pikir itu (jenis) DVD yang buruk, tetapi saya mengira itu adalah produk asli dan kemudian saya menjualnya”.

Baca juga: Hukum Hak Cipta Manga yang Lebih Ketat Akan Diimplementasi pada 2021

Koyoharu Gotouge merilis manga “Kimetsu no Yaiba” di majalah Weekly Shonen Jump pada Februari 2016 dan berakhir pada 18 Mei 2020. Shueisha telah menerbitkan volume ke-20 pada 13 Mei lalu, sementara volume ke-21nya akan terbit pada 3 Juli 2020. Sebuah manga dan dua novel cerita sampingan juga sudah dirilis. Manga Kimetsu no Yaiba: Tomioka Giyuu Gaiden” tampil dalam dua bab di majalah Weekly Shounen Jump pada 1 April dan 8 April 2019. Kemudian, novel “Kimetsu no Yaiba: Shiawase no Hana” telah diterbitkan pada 4 Februari 2019, dan novel “Kimetsu no Yaiba: Kataha no Chou” terbit pada 4 Oktober 2019.

Adaptasi anime telah ditayangkan pada April 2019 hingga September 2019 dengan jumlah 26 episode. Studio Ufotable menjadi penggarap animasinya. Sebuah sekuel berjudul “Kimetsu no Yaiba Movie: Mugen Ressha-hen” juga sudah tayang pada 16 Oktober 2020 di bioskop di Jepang. Film ini juga akan hadir di Indonesia via ODEX.

Sumber: NHK