Belajar Bersama Mangaka Profesional Lewat Kelas Online Gratis, di Manga Barcelona!

October 30, 2020 5:58 pm
Belajar Bersama Mangaka Profesional Lewat Kelas Online Gratis, di Manga Barcelona!

Mau belajar membuat manga secara langsung dengan mangaka profesional tapi belum tahu harus berguru ke mana? Ingin mencari kelas online tapi bingung kelas mana yang benar-benar bagus? Ada kesempatan emas bagi kamu yang ingin belajar langsung dari mangaka profesional lewat acara Manga Barcelona yang digelar online di akhir minggu ini!

Japan Media Arts Festival Promotion baru saja mengumumkan kalau mereka akan berpartisipasi dalam acara tahunan “Manga Barcelona” yang akan digelar online mulai tanggal 30 Oktober (Jumat). Pada tanggal 29 Oktober ini juga sudah dibuka sebuah situs resmi, “Manga, diversidad e inclusión” (Manga, diversity and inclusion). Manga Barcelona adalah event manga festival terbesar di Spanyol setiap tahunnya, dan tahun ini digelar sebuah acara online yang spesial karena “Limited Edition”.

Acara ini akan mendatangkan peneliti manga dan penerjemah Marc Bernabe yang juga adalah direktur proyek dalam kesempatan kali ini. Acara ini akan membawakan pameran spesial dari Tsurutani Kaori yang berjudul “Metamorphose no engawa” (BL Metamorphose) yang juga adalah pemenang dari penghargaan New Face Award ke 22 dari Japan Media Arts Festival. Sebuah sesi tanya jawab juga akan digelar bersamaan dengan sebuah sesi live drawing bersama mangaka lain yang karyanya dipamerkan dalam acara kali ini.

Apa saja sih acara yang akan dibawakan dalam acara kali ini?

1. Online Exhibition

Pameran spesial dari BL Metamorphosis dari Tsurutani Kaori akan ditampilkan, mulai dari gambar orisinal yang dibuat khusus untuk pameran ini, begitu pula dengan video pembuatannya. Selain itu sketsa karakter, layout kasar, dan lebih banyak lagi material akan ditampilkan dalam kesempatan kali ini.

Berikut ini adalah judul-judul yang akan ditampilkan dalam Manga Barcelona:

  • “BL Metamorphosis” by TSURUTANI Kaori. Published by KADOKAWA. (Manga Division New Face Award, 22nd Japan Media Arts Festival)
  • ” Robo sapiensu zenshi (Prehistory of Robo Sapiens)” by SHIMADA Toranosuke. Published by Kodansha Ltd. (Manga Division Grand Prize, 23rd Japan Media Arts Festival)
  • ” Kenkou de bunkateki na saiteigendo no seikatsu (Maintain the Minimum Standards of Wholesome and Cultured Living)” by KASHIWAGI Haruko. Published by Shogakukan Inc. (Manga Division Jury Selection, 23rd Japan Media Arts Festival)
  • ” Bredo garu – Kataashi no ranna (Blade Girl – One-Legged Runner)” by SHIGEMATSU Narumi. Published by Kodansha Ltd. (Manga Division Jury Selection, 23rd Japan Media Arts Festival)
  • ” Shimanami Tasogare (Our Dreams at Dusk: Shimanami Tasogare)” by KAMATANI Yuhki. Published by Shogakukan Inc. (Manga Division Jury Selection, 22nd Japan Media Arts Festival)
  • ” Otouto no otto (My Brother’s Husband)” by TAGAME Gengoroh. Published by Futabasha. (Manga Division Excellence Award, 19th Japan Media Arts Festival)

2. Online Event

Akan digelar sebuah perbincangan bersama mangaka terkenal yaitu Tsurutani Kaori dan Tagame Gengoroh, mangaka BL terkenal di mana keduanya akan memberikan insight-insight lebih dalam dan perspektif kreatif yang digunakan saat membuat manga.

  • 30 Oktober (Jumat)
    • Sebuah wawancara dengan Tsurutani Kaori pada pukul 6PM – 6:17PM WIB: Wawancara bersama sang pengarang dari BL Metamorphosis yang juga sudah dikabarkan akan terbit di Spanyol. Dalam wawancara ini, beliau akn ditanyakan mengenai inspirasi untuk manga-nya yang sangat menyejukkan hati. Walaupun ini adalah debut manga-nya, tapi karya tersebut sudah berhasil memenangkan banyak penghargaan.
  • 31 Oktober (Sabtu)
    • Masterclass bersama Tsurutani Kaori (Live Drawing dan sesi tanya jawab) 6PM – 7PM WIB: Sebuah tayangan langsung Tsurutani Kaori dalam menggambar dan berbicara lebih dalam mengenai karyanya, pengaruhnya, keadaan industri manga saat ini, dan masih banyak lagi.
  • 1 November (Minggu)
    • Sesi tanya jawab bersama Tagame Gengoroh 6PM-7PM WIB: Sebuah sesi tanya jawab bersama Tagame Gengoroh, mangaka yang sangat populer di seluruh dunia akan karyanya, dan dia akan menjawab berbagai pertanyaan yang dilemparkan dari pembacanya di Spanyol.

Dalam event online tersebut, semuanya akan dimoderasi oleh Marc Bernabe yang juga akan bertindak sebagai penerjemah dalam 2 bahasa, yaitu Jepang dan Spanyol.

Acara ini didukung oleh Japan Media Arts Festival (Didukung juga oleh Agensi Budaya Pemerintahan Jepang).

●Special Website by the Manga Division of the Japan Media Arts Festival Overseas Promotion
“Manga, diversidad e inclusión” (English and Spanish)
English: https://jmaf-promote.jp/global/en/manga/
Spanish: https://jmaf-promote.jp/global/es/manga/

●Official Website for Manga Barcelona (Spanish and Catalan)
https://www.mangaondemand.es/

●Official Website for the Japan Media Arts Festival Overseas Promotion (Japanese and English)
https://jmaf-promote.jp/