Ini 2020, Sudah Saatnya Kamu Beralih Nonton Anime Legal di YouTube

October 30, 2020 12:25 pm
Ini 2020, Sudah Saatnya Kamu Beralih Nonton Anime Legal di YouTube

Kalau kamu ngomong ke saya, apakah ada alternatif nonton anime yang legal dan mudah di Indonesia tahun lalu, jawaban saya tentu cuma Ponimu Indonesia. Karena saat itu mungkin hanya Ponimu saja perusahaan yang cukup berani untuk menawarkan anime legal secara gratis. Sayangnya di awal tahun 2020 ini Ponimu harus menghentikan kegiatannya streaming-nya dan Indonesia kehilangan salah satu start up simulcast pertamanya.

Di tahun 2020, ada sesuatu yang menarik, nama Muse Indonesia mulai muncul ke permukaan dan mulai saat ini berarti Indonesia punya alternatif untuk menonton anime legal yang mudah untuk dijangkau. Tapi percaya nggak percaya, sebenarnya sudah banyak alternatif nonton anime legal di Indonesia sebelum adanya Muse Indonesia lho. Beberapa mungkin sudah kamu ketahui, tapi beberapa memang masih terbilang sangat baru. Sudahkah kamu tahu semuanya? Berikut ini adalah channel-channelnya.

Muse Indonesia

Nama Muse Indonesia saat ini memang sedang jadi perbincangan di antara para otaku karena memang library-nya yang banyak dan tersedia dengan mudah di kanal resminya di Youtube. Mereka juga menyediakan layanan simulcast untuk seri-seri yang sedang berlangsung, membuat kamu tidak perlu takut ketinggalan anime terbaru yang sedang tayang. Anime-anime yang dimuat oleh Muse Indonesia saat ini di library-nya antara lain adalah:

  • Hyouka
  • Shinchou Yuusha
  • Gochiusa
  • Wandering Witch
  • Burn The Witch
  • Lapsi Re: LiGHTs
  • dan masih banyak lagi

Muse menjadi salah satu pilihan tempat menonton yang paling tepat karena library-nya yang banyak dan terjemahannya pun dilakukan dengan baik oleh para profesional yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Gundaminfo

Sebagai penggemar Gundam, sepertinya haram kalau kamu tidak tahu keberadaan situs streaming yang satu ini. Gundaminfo merupakan sebuah kanal resmi milik Sunrise yang menampilkan anime-anime Gundam secara gratis dan bisa ditonton kapan saja. Beberapa anime-nya bisa ditonton kapanpun seperti Gundam Build Fighters, namun beberapa seri lain diberlakukan rotasi sehingga setiap beberapa bulan akan diganti. Saat ini Gundaminfo sedang menampilkan Gundam Wing, sebelum ini G Gundam sempat ditayangkan di kanal tersebut.

Gundaminfo juga menayangkan anime-anime-nya dalam berbagai bahasa dan terjemahan, tidak hanya terjemahan dalam bahasa Inggris atau Mandarin saja yang paling umum, namun hampir semua bahasa di Asia Tenggara disediakan terjemahannya oleh GundamInfo. Bahkan bila kamu tertarik, Gundaminfo juga menyediakan tayangan Gundam Build Fighters dalam dubbing bahasa Indonesia. Kapan lagi kamu bisa menonton Sei dan Reiji dalam bahasa Ibu Pertiwi?

Ani-One

Jurnal Otaku pernah memperkenalkan Ani-One sebelum ini, bila Muse Asia dimiliki oleh Muse Communication Taiwan, maka Ani-One adalah kanal yang dimiliki oleh Medialink, salah satu penyedia lisensi anime di Asia Tenggara. Kanal Ani-One juga tidak mau kalah dengan Muse Asia, mereka berani menampilkan simulcast selain anime-anime yang ada di library-nya. Salah satu seri yang membuat saya tertarik untuk menonton adalah Yashahime, lanjutan dari serial legendaris Inuyasha.

Salah satu keunikan dari Ani-one adalah mereka menggunakan subtitel closed caption, yang berarti kamu bisa meniadakan subtitelnya dan menontonnya tanpa subtitel. Tapi, ada juga anime-anime lama dari mereka yang mempunyai subtitel di videonya, namun subtitel closed caption bisa ditampilkan di atas subtitel lamanya. Ani-One juga menerima subtitel hasil sumbangan para penggemar.

Anilog

Sempat menjadi sebuah keramaian tersendiri, Anilog dianggap sebagai salah satu jawaban dari para pegiat industri anime dalam melawan bajakan. Anilog merupakan gabungan dari Toei Animation, Kodansha, dan banyak pelaku industri ini lainnya yang membuat channel YouTube. Tujuan dari Anilog adalah memiliki 30 perusahaan anime yang bergabung dalam 1 kanal dan mengunggah lebih dari 3.000 judul anime sebelum tahun 2022. Bila itu terjadi, maka kamu bisa mendapat akses gratis ke ribuan anime legal tanpa harus susah-susah sama sekali.

Saat ini ada beberapa kanal YouTube yang berjudul Anilog, ada kanal yang juga tertulis sebagai global channel dari AniLog dan juga ada satu kanal yang menayangkan anime Baki the Grappler. Namun untuk saat ini, kanal utama dari Anilog baru menampilkan 17 anime dengan total lebih dari ratusan episode. Namun karena AniLog memiliki kanal global tersendiri, untuk menonton konten dalam kanal AniLog diperlukan koneksi dengan menggunakan VPN.

2020 mungkin bukan tahun yang menyenangkan bagi kita semua, banyak kesulitan yang kita alami dan kamu tidak sendiri. Tapi mungkin tidak semuanya buruk dengan 2020, saya melihat tahun ini sebagai tahun di mana banyak pelaku industri ini mulai sadar kalau mereka bisa menyebarkan produknya lewat media yang lebih bersahabat kepada sobat-sobat rakjel. Daripada produknya dibajak, mending revenue-nya diambil sendiri lewat YouTube. Kita sudah mulai bisa melihat perubahan ini tidak terjadi hanya kepada anime saja, tapi juga industri musik yang mulai membuka pintunya kepada dunia. Beberapa manga pun kini bisa dinikmati secara online dengan legal.

Apa lagi yang bisa dinikmati secara legal? Tentu saja sponsor artikel kali ini yaitu Harlequin Comics!

Mau mencoba baca komik romantis yang punya rasa-rasa manis dan pahit, tapi juga legal dan murah? Yuk cobain baca di romancecomics.com, situs ini membawakan komik-komik romantsi dari penulis-penulis best seller Harlequin Novels dan diadaptasi oleh mangaka Jepang menjadi seri shoujo. Ada ribuan komik berbahasa Indonesia dan puluhan ribu komik lain dalam berbagai bahasa. Selalu ada komik baru setiap harinya, jadi kamu tidak perlu takut untuk kehabisan bahan bacaan.